Wednesday 23 January 2013

all about japan...

dari jalan2 ke jepang kemarin, banyak hal yang bisa jadi catatan:
1. jalan sendiri ke jepang itu gampang dan aman banget, asal udah well prepared. masalah bahasa nggak jadi kendala, karena petunjuk dan arah2 dalam bahasa inggris cukup jelas.
2. beli tiket JR pass lumayan menghemat biaya transport kalo pergi 5-7 hari. tiketnya udah termasuk shinkansen dan semua jurusan yang ada kereta JRnya. tapi kalo cuma berkunjung ke 1-2 tempat sih mending beli ketengan.
3. jangan segan bertanya. orang jepang itu punya tata krama yang bagus, mereka dengan senang hati akan bantu menjelaskan tentang arah, apalagi buat orang asing yang celingukan. dari pengalamanku sendiri, lebih enak tanya ke ibu2 atau mbak2 di sana karena mereka ramah dan nggak segan2 mengantar kalo memang searah dan kita keliatan sangat desperate karena nggak tau arah.
4. jepang itu aman banget. bener2 trauma dengan ransel dicuri di amsterdam, paspor dan surat2 ilang. pokoknya safe banget di jepang ini, bahkan malem2 jalanpun aman.
5. bersih banget. sampe aku dan vita ketawa ngikik ngeliat ada petugas cari2 sampah pake pinset saking nggak ada secuilpun sampah.
6. toilet2 di jepang itu sangat bersahabat buatku. pertama karena gratis, sedangkan di eropa kudu bayar. kedua bersih. ketiga lengkap dengan wastafel dan kacanya yang berderet2. sangat bersahabat buat yang mukanya bermasalah harus sering2 cuci muka untuk mencegah jerawat hehe.. di setiap stasiun, toiletnya kinclong bersihnya dan lengkap dengan wastafel dan kacanya.
7. makanan jepang itu enak2 banget. pokoknya gada yang nggak enak deh di sana. favoritku adalah udon, inari, takoyaki. trus makanan kecilnya juga enak2 dan lucu2. termasuk pocky dan kitkat aneka rasa. sampe sekarang aku masih ngiler sama makanan jepang disana. pokoknya sejak jalan kesana, aku jadi japanese food lover deh...
8. hotel di jepang itu kecil2 tapi semuanya bersih rapih dan toiletnya kinclong. biarpun hotel kelas losmen tetep aja bersih rapih dengan toilet yang super bersih. beda banget sama negara2 eropa yang hotel kelas menengah ke bawahnya kebanyakan jorok.
9. udara di jepang tuh bersih banget, terutama pas kemarin di kyoto-shinosaka-nara. mukaku yang super rewel ini bisa tiba2 jinak selama di sana, bruntusan ilang, nggak berminyak samsek sampe malam, pokoknya mulus banget. padahal biasanya siang2 udah kayak kilang minyak harus buruan cuci muka. aku sampe takjub ngeliat muka bisa bersih banget.
tadinya udah senengg aja duh moga2 bertahan nih kondisi kayak gini. tapi ternyata..begitu mendarat di jakarta, langsung deh babak belur lagi mukaku huhuhu...
intinya, aku masih tetep pengen suatu saat bisa balik ke sana, padahal biasanya kalo udah pernah ke suatu tempat aku males untuk datang lagi - kecuali tugas kantor gratisan tentunya hehe...
kira2 itulah pengalaman selama jalan ke jepang. memang rada mahal sih biaya hidup di sana. tapi yang jelas aku dan vita termasuk hemat kalo melakukan perjalanan. salah satu caranya adalah dengan menghemat makan. kalo pagi sarapan di kamar aja kayak mie gelas or sejenisnya, trus makan siang bisa ditunda sorean biar bareng makan malem hehehe...minum cukup bawa botol diisi tap water, trus minum panas bikin di kamar pake pemanas air..  ini pelit apa irit ya hehe...
mudah2an suatu saat bisa dapet kesempatan kesana lagi. kalopun enggak, aku bersyukur banget pernah bisa singgah di negeri yang bersih, rapi, aman dan penuh dengan budaya ini...

No comments:

Post a Comment