Monday 21 January 2013

perjalanan ke cologne

pagi harinya kita siap2 ke cologne. jadwalnya agak bersahabat, sekitar jam 7.30, jadi nggak terlalu pagi. semuanya terlihat baik2 saja. kita rencana pulang pergi nggak nginep di sana. jalan ke amsterdam centraal sambil kedinginan.
setelah nunggu di peron sesuai jadwal, ternyata ada perubahan tempat. hari ini ICE berangkatnya dari utrech. hadehhhh...konon harus naik dulu kereta biasa ke utrech, baru abis itu naik ICE. duhh nyebelin amat sehh.. udah gitu pengumumannya nggak jelas, untung aja kita sempet nanya2 petugas..
akhirnya kita loncat ke kereta biasa ke utrech. mayan lama juga perjalanannya, sambil bertanya2 gimana ini kalo sampe utrech ternyata ketinggalan ICEnya. mana cowok di depanku bilang kalo kereta ini agak lama karena berhenti2 di tiap stasiun, so dia saranin ganti kereta di next stasiun. sempet bimbang, tapi akhirnya kita tetep lanjut pake kereta ini. lha gimana, kan udah sesuai saran petugas yang tadi ditanya. ntar nyasar trus gimana coba? mana ICE mahal juga..
tiba di utrech, celingukan akhirnya nyampe ke peron tempat ICE bercokol. berangkatlah si ICE ke jerman. ehhh baru aja sejam jalan tiba2 keretanya berhenti. petugasnya bilang kalo terjadi gangguan, tidak ada pasokan listrik di perbatasan jeram. welehhh...
sempet sejam terkatung2 di kereta. dikasih kopi pait gratis. penumpang udah pada resah, apalagi yang emang niat harus on time karena mau next destination misal naik pesawat atau ada rencana lainnya. alhasil berhubung tetep gak ada pasokan listrik, kita dioper naik bus di salah satu stasiun. kereta jalan ke stasiun terdekat untuk nge-drop kita naik bus. para penumpang udah pada kebingungan sambil menyeret2 koper. untung aja kita cuma bawa tas cangklong. kesian juga yang udah ditungguin pesawat ato rencana lainnya, jadi berantakan semua.
kita naik bus sekitar 1.5 jam. turun di stasiun di jerman, reisezentrum. nyari2 kereta lagi yang ke arah koln. setelah dicari2 ternyata keretanya harus nyari yang ke arah stuttgard, melewati dusseldorf. yasud kita naik, berdiri karena nggak ada nomernya. melewati kota2 kecil sampai akhirnya tiba di koln. duhh moga2 nggak ada apa2 lagi deh abis ini..

di stasiun koln ternyata lebih bagus dari amsterdam centraal. banyak resto2, lebih bersih dan teratur. lebih secure juga. rencana kita jalan ke dome katedral, trus museum roman-jerman, museum ludwig dan beberapa tempat lainnya. tapi petanya nggak gitu jelas euy, beda sama di perancis. mana kita nggak ngerti bahasa jerman pula.
tapi begitu keluar dari stasiun, kita langsung terpana. di sebelah kiri terpampang dengan indahnya dome katredal. gede buanget, gothic dan bagus banget. entah gimana dulu ngebangunnya di jaman abad keberapa. di seputaran dome katredal ternyata banyak tempat yang layak dikunjungi, jadi menghemat banget waktunya. museum roman-jerman, museum ludwig, pertokoan dengan harga yang lumayan (tapi kita nggak niat beli), trus duduk2 sambil makan roti sebatang. hawanya juga bersahabat. ada jejeran toko suvenir juga nggak jauh dari situ. pengunjung di koln banyak yang disable people, kelihatannya sekalian berdoa untuk kesembuhan di katedral.




jam 3 kita balik ke stasiun. sambil was2 jangan2 nanti dilempar2 lagi nih kereta dan bus, dioper2 kayak tadi, mana malem lagi.. tapi ternyata kereta ICE sudah parkir dengan manisnya. alhamdulillah.. perjalanan terakhir soalnya, besok pagi kita ke schipol untuk balik ke jakarta..

No comments:

Post a Comment