Monday 21 January 2013

perjalanan antwerpen-brussel

semula kita berencana naik thalys ke paris trus mampir ke brussel. tapi gara2 kejadian ransel beserta isinya hilang itu, akhirnya kita putuskan seharian ke brussel aja ikut tur. harganya sekitar 37eur, naik bus pp dengan tujuan antwerpen dan brussel. kebetulan juga tiket thalys ke paris baru ada hari rabu karena yang selasa penuh. jadilah selasa itu kita seharian jalan ke antwerpen dan brussel.
ceritanya ikut tur sehari naik bus bareng wisatawan dari berbagai negara. banyak yang dari itali kayaknya. busnya gede, kita ngumpul di depan tour and ticket di deket amsterdam centraal. perjalanan ke antwerpen sekitar 1.5 s.d 2 jam.
pemandangannya ya biasa ajalah. padang2 rumput pake sapi2. gak tau kenapa belanda ini banyak banget padang rumput sama sapi. bagaimanapun pemandangan desa2 hijau di negeri kita jauh lebih indah dan eksotis.. *efek kecopetan di negeri orang huhuhu..
antwerpen lebih terlihat sebagai kota perdagangan, tapi banyak juga bangunan2 bersejarah. kita berhenti di Grote Markt dan Town Hall. numpang makan kebab (lagiiii) di salah satu kedai kecil. setelah puas keliling2, lantas lanjut naik bus lagi ke brussel.


di brussel turun di deket Grand Place. wuih keren banget pokoknya karya masa lalu itu. bangunan2 berarsitektur kuno dari abat 17-18 seperti Brussels Tapestries, Maison du Roi. trus ada patung everald serclaes yang disepuh emas, yang konon kalo dielus bisa bikin hoki. ya maksudnya hoki karena bisa jauh2 datang buat ngelus2 itu patung hehe..
nggak jauh dari situ juga ada patung Manneken Pis. ini patung simbolnya Brussel, kirain gede dan megah gitu, ehh.. ternyata cuma patung anak laki2 lagi pipis, kecil banget lagi hihihi...
bangunan2 kuno yang cantik dan gothic ini mengelilingi semacam pelataran atau alun2. trus lanjut ke jalanan kecil yang kiri kanannya dipenuhi dengan toko2 suvenir, kerajinan semacam bordir setempat, kedai kopi dan kedai ice cream waffel. keliatannya menggiurkan banget. tapi berhubung lagi dingin2nya hawa rasanya mendingan nggak makan es deh *padahal karena mahal hehe..
pas kebetulan waktu itu di alun2 itu berkumpul banyak banget pendukung sepakbola dari skotland. wuihh ramenya minta ampun. pria2 skotland pake rok kotak2 dan topi unik di kepala, trus bawa minuman buat penghangat. tapi ramah2 lho, ini fotonya hehe..



setelah lelah jalan kaki kesana kemari menyusuri jalan2 sepanjang gedung dan museum, akhirnya balik ke bus udah sore banget. nyampe amsterdam udah jam 8.30 malem. turun dari bus langsung disambut dengan guyuran hujan amsterdam yang berangin kencang. gemeteran sambil lari2 menuju tulip inn. duhhh cuaca kok nggak bersahabat gini yaa...

No comments:

Post a Comment