Wednesday 13 March 2013

antara aku dan hormonku

sebetulnya aku nggak kepengen menyalahkan pengobatan dokter kulit yang udah pernah kulakukan. tapi memang jerawat yang gak beres2 ini membuatku berpikir tentang hormon karena usiaku yang sudah mendekati 39 ini mestinya udah gak musim lagi jerawatan.

yahh salahkan aja hormonku. kebetulan memang berdasar tes kadar LH ku hampir 2x lipat dari FSH, makanya mens-ku gak pernah beres, cuma flek2 aja tiap mens. konon itulah pcos, polycystics ovarium syndrome alias telur2 nggak pada mateng dan karenanya ngga luruh jadi mens. yahh kebayang aja tiap bulan menderita PMS tapi begitu mens cuma flek2 doang, bodi jelas nggak enak banget rasanya.

kalo ngomongin mens memang dari jaman gadis aku slalu bermasalah. waktu esempe esema saking sakitnya sampe harus nenggak baralgin n digotong ke UKS, waktu kuliah malah pingsan di tempat les. giliran mulai ikut pendidikan pas awal kerja, siklus mulai kacau balau. flek2 di antara jadwal mens, trus mens beberapa hari berhenti abis itu mens lagi, pernah 20hari mens gak kelar2 sampe lemes..

jelas aja aku galau. ntar kalo ga bisa punya anak bisa2 disalahin. alhasil pas pacaran sama mr.hubby aku mulai berobat ke dokter. waktu itu malu juga wong belum married kok udah langganan ke obgin. ke dr musa di rsb asih. dikasih obat2 buat normalin siklus. aku lupa apa aja yang jelas ada yang harus diminum di tanggal2 tertentu sesuai jadwal.

alhamdulillah sebelum married mens udah lancar. alhasil begitu married langsug tokcer. aku inget abis resepsi kan kita honeymoon 2 hari di hotel, abis itu aku mens seminggu dan sesudahnya aku langsung hamil. mungkin saking benernya hormon waktu itu, fikri anak pertamanya baru 16 bulan aku udah hamil lagi, lahirlah selma.

sampe kemudian bertahun2 lancar, tau2 masuk usia 34 mulailah kacau. mens mulai nggak teratur n dikit. PMS menjadi, muka berminyak banget, jerawat nggak sembuh2 padahal udah coba segala dokter n skin clinic.

barangkali karena stress kerjaan juga, setelah comfort zone 12 th kerja di bank, aku pindah, sempet sakit, pindah kerja lagi, dan terakhir pindah di sini load kerjaan bejibun makin stres. terakhir karena mens cuma flek doang akhirnya ke obgin, disuruh tes hormon dan begitulah hasilnya, pcos. tanda dari pcos karena androgen tinggi maka muka jadi oily, jerawatan n berbulu.

berhubung aku nggak berencana punya anak lagi, maka dokter ngga saranin minum obat pengatur hormon, takutnya malah kenapa2. hormon juga bisa kacau kalau stress dan mempengaruhi bagian otak yang mengurus hormon. tapi gimana dong, namanya juga stres, stres kerjaan yang utama sama stres ngurusin jerawat hehe..

aku coba browse untuk ngurangin androgen ini bisa minum spearmint tea sama vitex herbal. udah coba minum beberapa hari, tapi kayaknya belum ada tanda2 perbaikan. mungkin harus sabar2 aja. yahh mudah2an ke depan2nya nggak kenapa2...



4 comments:

  1. Hi, aku udah baca ceritamu... aku juga kenal beberapa temen sama iparku yang kena pcos. Gejalanya ya seperti itu, tapiiiii.... gak satupun dari mereka udah punya anak meski berobat udah lama banget...

    hormonal imbalance itu emang ada yg ringan-berat. Biasanya klo berat ada penyakit yg mendasari ketidakseimbangan tsb... Emang harus sebisa mungkin hidarin stress... dan satu lagi: olahraga.

    Klo aku juga pernah jadi hiperandrogenik tapi ringan dan gada penyakit lain, emang hormonnya aja kacau... ini itu udah dijaga, akhirnya yg kurang cuma satu: olahraga. Setelah setahun rutin olah raga... yg namanya gejala hiperandrogen udah gada... muka gak jerawatan lagi, less oily, mens lancar...

    oiya, sama selama setahun itu aku berhenti makan ayam negeri dan daging sapi... pokoknya hewan yang kira2 disuntik zat hormonal.

    itu sharingku aja... mudah2 sedikit menbantumu yaa...

    btw, im ur new friend... ^^

    ReplyDelete
  2. Hi momma kei..salam kenal juga ya :)

    Iya nih lagi berjuang membetulkan hormon tapi pengennya nggak pake obat2 hormon, pil KB n sejenisnya.

    sadar betul kalo mostly karena stress, kebetulan memang 3th terakhir ini pressurenya bikin frustrasi..

    kurang olahraga mungkin juga ya.. tapi udh 6th ini seminggu sekali aku pasti latihan nari jawa 2-3 jam di hari sabtu siang, mayan pegel n keringetan sih hehe..

    mungkin harus nyari olahraga yang keras kali ya.. yang jelas karena tiap hari berangkat jam 6 pagi n sampe rumah jam 8.30 malem maka sabtu minggu pengennya cuma terkapar bales dendam tidoorrr hehehe...

    makanan sebetulnya udah cukup dijaga gara2 parno sama jerawat, malah cenderung kuyuss. aku tuh jadi takut makan ini itu gara2 dulu pernah diancam dr titi moertolo kalo nggak boleh makan yang ada di daftar kertas dia n itu tuh puanjangg banget, hadehhhh....

    aku nggak tau dulu sebelum married udah pcos belum, yg jelas mens sebelum married itu lebih kacau dari sekarang, sering banget flek2 coklat hitam dan banyak di antara mens. makanya bisa punya 2 anak tuh anugrah banget, nggak nyangka.

    kalo yg sekarang sih udah pasti pcos, mungkin udh bertahun2 juga soalnya kacau mensnya n sejak beberapa tahun terakhir ini nggak pake pengaman apapun nggak hamil juga..

    Oiya aku udh follow blognya yaa...senang bisa dapet teman di sini :)




    ReplyDelete
  3. Iya, aku udah baca beberapa ceritamu ke belakang... betul2 seru dan tulisanmu enak2 dibacanya... Yang dijutekin sama dr titi moertolo aku juga udah baca... haha masa sampai gak boleh makan tomat sih?? jadi lucu...

    Tapi susah juga ya say... biasanya kan benerin hormon harus sama hormon lagi, tapi aku baca2 ceritamu kamu gak cocok sama pil kb...

    Syukurlah sudah dihadiahi 2 anak, kamu betul2 beruntung... Klo temen2 ku sangat susah mau punya anak karena pcosnya emang udah dari muda sebelum mereka pada merit...

    Btw, tks udah follow blog ku... salam ya buat Selma yg pinter & lucu ^^

    ReplyDelete
  4. haha..emang jutek sih, sampe sekarang tuh aku makan tomat jadi takut sendiri hadehhh... kapan2 boleh tuh kesana pasti dikasih selembar kertas pantangan yang buanyakkk benerrr sampe refleks menyimpulkan bolehnya cuma makan tahu tempe hehehe...

    iya aku baca2 kalo pcos suka susah punya anak, tapi banyak juga kok yang trus treatment bisa hamil..

    aku berempati banget sama calon2 ibu yang punya pcos soalnya aku sendiri dulu ngerasain gimana galaunya urusan reproduksi bermasalah sebelum married n sekarang terulang lagi..

    blog momma kei mah asik2 ajah ngebahas make up n beauty stuffs ya, ngga kayak blog ini yang isinya curhatan gak jelas hahaha...

    ReplyDelete