Thursday 17 January 2013

gaji oh gaji..

lagi heboh presiden yang terhormat mengeluhkan tentang gajinya..
kalo baca sih gaji beliaw itu 60jeti sekian, tapi ada dana taktis 2milyar buat keperluan ini itu beliaw..
walahh..lha klo presiden aja ngeluh, gimana kita2 ya yang cuma manusia biasa hiks..tapi emang perihal gaji or penghasilan emang nggak pernah abis dibahas.
aku sampe bosen ngurusin gaji2 seluruh manusia di sejumlah perusahaan, dimana pada akhirnya sama ajah : nggak akan pernah ada puasnya..
aku cuma bisa menyimpulkan bahwa makin tinggi posisi, makin makin maruklah mereka..
apalagi yang namanya top management. dipilih oleh rapat umum pemegang saham untuk jangka waktu 5 tahunan, yeah wajar juga kalo memikirkan gimana dalam tempo yang sesingkat2nya ini berhasil mengumpulkan harta karun semaksimal mungkin.. (yahh nggak semua sihh, tapi mostly hehe..)
tapi semuanya tentu dengan cara yang bersih dan comply, gimana caranya tetap memenuhi kaidah good corporate governance (maksa pokoknya)..so kalo ada audit or whateverlah, justifikasinya jelas dan aman.. salah satunya dengan menggunakan jasa konsultan, salary survey untuk mendukung bukti2 bahwa posisi salary mereka berada di bawah P sekian bla bla bla, intinya sangat tidak kompetitif terhadap market di industri sejenis. padahal posisi yang dibenchmark nggak jelas apa setara bobotnya apa enggak, plus besaran perusahaannya apa iya comparable huhu..
yeah memang untuk perusahaan terbuka n institusi yang konon menerapkan GCG ini harus punya komite remunerasi yang maksudnya mulia, agar dalam menetapkan gaji manajemen tidak seenak udel karena bisa merugikan pemegang saham. tapi gimana ya. bosen ah, aku juga tau gimana si komite remunerasi ini kan juga dibayar oleh siapa..alhasil sama ajah, maju tak gentar membela yang mbayar hehehe..
belum lagi demi menghindari gejolak pegawai kalo tau gaji manajemen dinaikkan, maka segeralah dinaikkan juga gaji pegawai, sedikiiit aja..yang penting kan semua naik, atas dan bawah..perkara mereka yang ada di atas kenaikannya bisa 40 persen n karyawan kenaikannya cuma 5-10 persen ya itu namanya nasebbb hehe.. belum lagi urusan bonus2, tantiem dll..pusing ahh
tapi udahlah jangan mikir ruwet2. apalagi namanya gaji emang cocok banget sama teorinya herzberg : gaji itu dissatisfier factor. percuma ngarepin gaji naik akan meningkatkan motivasi karyawan karena gaji adalah dissatisfier factor. naik gaji palingan hepi sampe 2 minggu ke depan, abis itu tetap aja merasa kurang gajinya..iya kan? mendingan nyari faktor2 lain yang bisa meningkatkan kepuasan dan motivasi karyawan, misal kasih pujian or apresiasi, tanggung jawab lebih, suasana kerja yang kondusif dll.. dll..
balik ke gaji. akupun sama aja. yang kerja udah suami istri dan rasanya bukan buruh2 amat. tapi ya kalo dirasa kurang ya kurang, kalo dirasa cukup ya kurang hehehe… standar hidup pasti naik seiring dengan kenaikan penghasilan dan posisi kita. misal tentang mobil. yang penting bisa dipake buat antar sampe ke tempat tujuan, adem nggak kena panas hujan. tapi kenapa untuk level direktur misalnya, pasti akan ngamuk kalo dikasih jatah mobil suzuki carry misalnya hehe.. yeah minimal harrier, camry, alphard..
perihal gaji ini aku belajar juga dari mba selly sohib kantorku yang lama. tiap ada kenaikan gaji, selisih kenaikan ini langsung dijadikan potongan tabungan yang otomatis dipotong bank tiap bulan, jadi dia tetap hidup dengan standar hidup yang lama. aku juga coba gitu, tapi suka nggak konsisten hehe..godaan oh godaan hiks..
tapi matematika Tuhan memang tidak ada yang bisa menandingi. kalo para boss tadi slalu merasa gajinya kurang gede dan berusaha mengeruk lebih banyak lagi, maka orang2 sederhana kenapa bisa survive. ibu2 yang ditinggal suami meninggal dan membesarkan anak2nya hingga lulus kuliah dan kerja, padahal cuma dari usaha cicilan baju atau menerima order jahitan. atau buruh2 dengan penghasilan di bawah UMR, atau mbak yang cuci sterika bersih2 di rumah ibuku, gaji cuma sekian, suami sakit nggak bisa kerja, anaknya 3, tapi tetap bisa hidup. malah supir bus malam bisa punya 2 istri dan selusin anak, baik2 aja hehe..mungkin ini yang namanya matematika Tuhan.
yahh skali lagi namanya juga manusia. nggak ada puasnya. presiden aja bisa ngeluh, gimana yang rakyat kecil coba?
ah aku jadi inget tulisan salah satu pengamat di kompas yang judulnya: Dicari, Presiden Tanpa Gaji.. hehehe..ada yang mau???

No comments:

Post a Comment