Monday 21 January 2013

perjalanan amsterdam-den haag

menyusuri lagi ingatan tentang perjalanan kemarin ke eropa..
walaupun bukan perjalanan yang manis dengan adanya kehilangan rasel yang berisi paspor, tiket, kamera, tab, uang dll, tapi setidaknya banyak pengalaman yang diperoleh..
menurutku amsterdam bukan kota yang nyaman buat disinggahi. kejahatan tinggi, konon katanya lebih parah dari pasar senen. bahkan polisi di sanapun mengakui. memang sih sepanjang jalan di amsterdam centraal berasa banget nggak amannya. sempat liat ada tas dan traveling bag tergeletak udah kosong di sekitar beurstraat, mestinya bekas dicuri orang. banyak orang berkulit gelap, trus di belakang beurstraat itu semacam distrik dunia malam. malah waktu mau beli cup mie di minimart, ternyata dijual juga di situ cannabies cookies alias biskuit ganja, plus alat2 untuk menghisap ganja. belum lagi deretan sex shops. hadeuhhhhh...
petunjuk2 arah untuk pergi ke tempat2 tujuan di sana juga kurang jelas. jadi di amsterdam centraal nggak keliatan petunjuk misal kalo ke museum tussaud lewat mana dst. jadi kalo sampe amsterdam, lebih baik langsung jalan ke marken dan volendam, bisa ikut one day tur, harganya masih reasonable. jangan lupa ke tempat kincir angin dan pembuatan keju. masih pedesaan jadi masih bagus pemandangannya, lanjut ke marken dan volendam untuk melihat desa dermaga, semacam pelabuhan. rumah2nya masih asli, didominasi warna hijau. baguslah, rapih. amsterdamnya dilewatin aja deh.

kemarin kita terpaksa ke den haag gara2 ngurus paspor yang ilang. kotanya bersih dan rapi, beda banget sama amsterdam. ada jalan besar yang namanya javastreet. yang heran biarpun ibukota pemerintahan, tapi den haag ini sepi bener ya, padahal hari senin. aktifitasnya sepi2 aja, nggak kayak kota yang gede, apalagi ibukota. kita jalan kaki dari embassy ke den haag centraal, menyusuri jalanan yang panjaaaang..sekitar 40 menit jalan kaki. cape tapi berhubung sepi dan sejuk jadinya nggak masalah. akhirnya sampe juga ke stasiun den haag centraal, naik kereta balik ke amsterdam. mampir ke lost and found di stasiun, tapi seperti udah diduga, nggak ada kabar..


berhubung paspor sementara udah jadi, rada legaan rasanya. kelihatannya bisa lanjut deh walopun rencana berantakan. kita beli tiket bus tour ke antwerpen-brussel, trus di stasiun kita cari tiket kereta thalys ke paris dan kereta ICE ke cologne. moga2 besok rencana berjalan lancar..






No comments:

Post a Comment