Monday 21 January 2013

perjalanan ke paris

melanjutkan catatan perjalanan di negeri lain.. basecamp kita di amsterdam tepatnya di tulip inn. setelah urusan surat perjalanan laksana paspor sebagai pengganti sementara paspor yang diembat orang, akhirnya kita bikin ulang rencana jalan ini.
pergi ke paris naik thalys. lumayan juga mahal harganya biarpun cuma kereta. ambil yang kelas 2. dapat yang termurah yang paling pagi jam 6.16. malem itu juga kita beli sekalian tiket ICE ke cologne jerman untuk hari jumat.
setelah dapet tiket kita langsung pesen hotel dari booking.com. dapet hotel canal di daerah secretan avenue, sekitar 1 stasiun setelah gare du nord. malemnya packing dulu. kita pergi cuma bawa tas cangklong yang isinya baju ganti buat nginep sehari.
alhasil jam 4 pagi udah bangun. mandi sambil kedinginan, check out dan nitipin koper ke concierge di tulip inn. trus langsung jalan ke amsterdam centraal. hawa super dingin menyeruak begitu kita keluar dari pintu hotel. huadehhhh brrrrr...dinginnya poll, ditambah guyuran hujan. emang selama di amsterdam cuacanya nggak pernah cerah. tiap hari hujan deres, angin kencang, dingin menusuk tulang. suram pokoknya.
sebagai catatan, kalo jalan di belanda agar beli payung besar yang kuat, soalnya kita pengalaman musti 4 kali beli payung gara2 payungnya rusak berat nggak kuat kena angin kencang. mana harganya mayan juga, 5 euro. nyesek banget kan. mending beli 1 tapi yang gede dan super kuat.
kita jalan menyusuri jalanan ke arah amsterdam centraal di tengah hujan deras dan angin kencang serta hawa yang super dingin dan gelap gulita. di sana tuh jam 8 pagi aja masih gelap pas bulan september.

tiap kali kita masuk amsterdam centraal, kita sempatkan mampir ke lost and found untuk ngecek barangkali ransel kita yang dicolong orang itu bisa ketemu. setidaknya paspornya aja deh. yang lain udah diikhlaskan. tapi ya emang nggak akan pernah balik sih hiks..
perjalanan ke paris makan waktu 2.5 jam. kereta berhenti di gare du nord. begitu keluar celingukan kiri kanan sambil bingung, kita mesti kemana hehe.. untungnya aku mayan ngerti bahasa perancis. dari tempat peron thalys, kita turun ke loket pembelian tiket kereta. beli tiket one day pass, alias tiket seharian kereta di dalam paris. sambil nanya kalo ke eiffel lewat mana.
sempet was2 juga konon orang perancis nggak mau jawab kalo pake bahasa inggris. tapi ternyata nggak juga tuh. petugasnya mau jelasin kok. alhasil kita naik kereta ke eiffel. kereta di paris memang bikin puyeng karena tumpuk2, ada RER, metro dll. dalam satu stasiun bisa bertingkat2 jalur keretanya. tapi semua petunjuknya jelas, petanya terpampang jelas di setiap stasiun.
cuma ya gitu, memang paris ini nggak seindah yang dibayangkan. banyak kaum imigram, orang berkulit hitam, cukup banyak gelandangan, pengemis di stasiun-stasiun, coretan2 di stasiun, bahkan bau pesing dan kotoran di stasiun. ada perasaan nggak secure gitu. apa mungkin karena pengalaman ransel diambil orang di amsterdam ya.
tapi so far fine2 aja sih. kelihatannya pemerintah tau betul tempat2 mana yang akan dikunjungi wisatawan dan itu semua diakomodir lewat petunjuk2 arah di stasiun. di peta stasiun terlihat spot2 mana dan begitu turun kereta juga ada petunjuk keluar ke arah mana untuk pergi ke objek kunjungan, misal ke sacre coeur, notre dame, musee du louvre, musee d’orsey dll.
alhasil hari pertama aja dengan naik kereta kita bisa lengkap menyambangi eiffel (nggak pake naik ke atas, mahal n antri), lanjut ke l’arc de triomphe dan champ elyssee, lanjut kereta lagi ke notre dame dalam guyuran hujan, lanjut lagi ke jardin de luxembourg, dan terakhir ke musee du louvre.


aku sudah memperhitungkan kalo musee du louvre ini harus terakhir dikunjungi di akhir hari, soalnya harus masuk ke museum untuk lihat2 lukisan, termasuk monalisa, antrinya puanjang dan museumnya juga gede banget, jadi pasti makan waktu.





sekitar jam 7 malem kelar dan kita naik kereta balik ke gare du nord. celingukan lagi, puyeng di stasiun terbesar yang complicated banget jalur dan pintu2 dan arah2nya. akhirnya bisa lanjut ke secretan avenue naik kereta, trus jalan kaki sambil nyari2 hotel yang udah di-booking.
kita udah pasrah kalo hotelnya jelek. tapi ternyata lumayan juga. kecil tapi bersih dan habis renov. kamar mandinya kinclong. nggak sempet menikmati langsung terkapar kecapekan. makan malampun sampe nggak sempet. abis mandi langsung bablas terkapar sampe pagi..
besoknya tinggal beberapa spot lagi yang harus dikunjungi. kita balik ke gare du nord, trus naik kereta ke arah sacre-coeur musee d’orsey. sempet nyasar stasiunnya kelewatan yang di sacre-coeur, turun trus coba jalan. pintu keluar stasiunnya musti mendaki tinggi bangetttt dan nggak nyampe2 saking panjangnya, sampe gempor. gile bener, kebayang kalo bawa koper trus gimana tuh.
karena salah stasiun dan nggak ketemu juga si sacre-coeur ini, akhirnya kita berhenti ke toko kue sebentar buat sarapan. belum sempet sarapan euy. kopinya cuma ada kopi hitam yang espresso kentel. trus beli semacam lasagna, keliatannya enak dan kita laper berat. tapi abis itu sempet curiga, duhh tadi itu daging sapi, ayam atau apa ya? moga2 bukan yang haram.. huaaaa *pasrah deh
kita balik ke stasiun dan nyari kereta yang arah sacre-coeur. ketemu juga, petunjuknya jelas. sepanjang jalan banyak toko suvenir dan kita mampir bentar buat beli beberapa pernik oleh2. abis itu lanjut jalan ke objeknya. banyak banget orang item euy. bergerombol, maksa2 beli semacam gelang, bahkan ada yang menggelar dagangan di emperan depan kompleks sacre coeur. duhh serem banget sih, mana badannya gede2 banget dan item banget.

kita nggak lama2 karena nggak merasa secure, akhirnya abis poto2 balik lagi ke stasiun, lanjut ke musee d’orsey. mengingat waktu mepet, di musee d’orsey nggak sempet masuk, so lihat2 aja sambil jalan. di sekelilingnya ada toko2 kecil, tapi mahal2. udah hampir jam 1 kita buru2 naik kereta balik ke gare du nord.
di gare du nord masih ada waktu sebelum thalys berangkat jam 3. kita makan kebab dulu di deket2 situ. urusan makan kita berdua praktis banget. berhubung perut asia, alhasil cukup pesen 1 dan dimakan bareng. biasanya aku makan cuma ¼ bagian, sisanya suami yang abisin, untuk semua jenis makanan hehehe...
air minum pun tiap pagi aku bikin dari pemanas air di hotel trus dituang ke botol, jadi nggak perlu beli minum hehe.. kita paling sering makan di kedai kebab, soalnya selain halal juga kita gak selera makan western, di samping nggak selera juga sama harganya hehehe...
jam 3 kita balik ke amsterdam pake thalys. dari pengalaman sih paris lebih hangat hawanya dibanding amsterdam. hujan2nya masih bersahabat, anginnya nggak bikin terbang. payungpun awet. sekitar jam 6 sore tiba di amsterdam, langsung disambut dengan guyuran hujan lebat, angin kencang dan hawa yang menusuk, brrrr...dinginnya gak kira2..
kita lanjut ke tulip inn, siap2 buat berangkat ke cologne besok pagi..

No comments:

Post a Comment