Thursday 17 January 2013

bagaimanapun piknik itu mahal...

negeri ini indah sekali. banyak interesting and exotic places. mulai dari sabang sampe merauke. rasanya nggak ada negeri lain yang punya sedemikian bervariasinya budaya, suku, tradisi, danau, hutan, gunung, laut selain negeri ini. tapi kenapa pergi ke tempat2 indah itu jauuuuuuuhhh lebih mahal daripada pergi ke luar negeri?
hiks..aku mau membawa anak2ku pergi ke bromo dan madura aja biayanya berlipat2 ketimbang pergi ke singapur n KL. apalagi mau ke lombok. apalagi mau ke tana toraja. apalagi mau ke bunaken, pulau nias, wakatobi, raja ampat. huhuhuhu….
ya bisa aja pergi bawa mobil ke madura dan bromo yang makan waktu berhari2 dan irit, tapi cutiku kan setahun cuma 12 hari. dapet apa cobaaa… bisa2 cuti ludes dalam sekejap padahal setahun bisa macem2 keperluan nggak cuma buat urusan liburan. satu2nya waktu adalah di hari2 kejepit dimana cuti nggak terganggu dan sekolah anak2 juga nggak terganggu..
sebetulnya mostly aku udah pernah berkunjung ke tempat2 itu, secara masa kecilku ngikut ortu tugas pindah2 dari pulau ke pulau. hampir seluruh kalimantan udah pernah kusambangi, berhubung aku lahir di banjarmasin, esdeku di 3 tempat : semarang, pontianak dan lampung. jaman esema aku pernah sebentar tinggal di makassar sebelum ortu pensiun. urusan kantor membawaku mulai dari medan, palembang, batam, padang, pekanbaru, seluruh pulau jawa, banjarmasin, pontianak, balikpapan, samarinda, bali, makassar dan berbagai kota lainnya.
pas kapan itu aku tugas ke makassar, suamiku nyusul sesudah tugasku kelar dan kita berdua ala backpacker pergi ke tana toraja. pengalaman yang seru. malem2 ke terminal naik bus 12 jam ke tana toraja. trus istirahat mandi2 di losmen gak jelas, trus jalan nyewa angkot, dianterin supir angkot menyusuri objek sejarah, rumah2 tongkonan, perbukitan tempat para arwah bersemayam dengan patung2 boneka kayu, gua dengan tulang2 yang horor, naik2 ke puncak gunung, nyasar naik turun bukit dan gunung hehe..
aku pengen sekali membawa anak2ku mengunjungi berbagai tempat di negeri ini. pengen ngajakin mereka liat tanah kelahiranku di banjarmasin, mengenang masa kecilku di pontianak, semarang, lampung. tapi apa boleh buat. semuanya mahalllll.
seperti libur panjang long wiken besok ini. browsing tentang biaya pergi ke berbagai tempat itu ternyata akhirnya lebih murah pergi ke singapur, HK, KL, bangkok ketimbang ke lombok, bromo, bunaken. even sekedar ke pulau umang aja udah gila2an. nggak ngerti deh apa yang salah.
aku sendiri udah janji sama fikri, kalo dia keterima di labschool akan diajak jalan2 ke bromo dan madura. alhamdulillah dia diterima. walhasil kemarin selesai semua urusan beli tiket ke surabaya, sewa kendaraan dll. beneran lebih mahal kemana2 dibandingkan ke singapur or KL.
jadi..mari kita tingkatkan pariwisata dalam negeri dengan memikirkan gimana caranya biaya kesana bisa kompetitif dibandingkan dengan pergi keluar negeri….

No comments:

Post a Comment