Tuesday 22 January 2013

menyusuri kyoto..

hari ke2 di jepang. abis mandi dan sarapan mie gelas (ngiritnya teteuppp hehe) kita langsung siap2 jalan ke kyoto. keluar hotel diserbu hawa super dingin, merapatkan jaket, ditambah sedikit gerimis, menyeberang jalan dan masuk ke stasiun shinosaka.
kita langsung ke jalur JR naik kereta ke kyoto. kemarin kebetulan udah beli reserved seat dari JR pass ini.
perjalanan sekitar sejam kurang. nggak terlalu lama kok. masih lebih lama sudirman-bintaro kalo pulang kantor macet hehe..

sampai di stasiun kyoto, berdasarkan contekan yang udah kita buat, kita langsung naik bus menuju tujuan pertama, kuil kinkakuji. barulah terasa bedanya kalo di bus, soalnya udah gada contekan bahasa inggrisnya. semua tulisan di dalam bus pake bahasa jawa kuno. glek. tinggal tebak2 buah manggis deh, sebetulnya udah di halte mana sekarang ini.
akhirnya nanya2 ke ibu2 di sebelah. si ibu2 terlihat ingin sekali bantu, menggebu2 memberi penjelasan tapi sayangnya pake bahasa jepun dan nggak ngerti inggris. beberapa penumpang lainnya ikut bantuin tapi juga pake bahasa jepang. walhasil kita menebak2 saja. pokoknya sebutkan kinkakuji. berdasarkan tebak2an penjelasan tadi, bisa diambil kesimpulan kalo kita ini udah kelewatan beberapa halte. nah lo.
alhasil kita turun trus nyebrang. kayaknya salah deh tadi naiknya mustinya di seberangnya. haduh. trus nanya2 lagi. kali ini makin bingung soalnya ditanya mau ke kinkakuji atau ginkakuji. hadehhh.. alhasil nunjukin foto di BB dan si ibu2 ini manggut2 trus kasih arah naik bus sebaliknya.
kita trus naik bus. lagi2 di dalamnya semua petunjuk computerized pake huruf jawa semua. tapi titik terang terlihat ketika bus berhenti di suatu halte yang keliatannya rame banget bus2 pariwisata. kita nekat aja turun dan ngikutin rombongan wisatawan yang lagi nyebrang. terserahlah bukan kinkakuji juga ga papa, yang penting sampe di salah satu tujuan wisata hehe...
tapi alhamdulillah ternyata bener kinkakuji, salah satu kuil terbesar di kyoto. kyoto ini kota yang punya banyak banget kuil dan nggak akan selesai kunjungannya dalam 1-2 hari. masuk ke kuil musti bayar. waktu itu pas banyak pelajar pake kimono dan baju jepang cowok lagi kunjungan. emang ternyata bagus banget. kuilnya dari emas di tepi semacam danau gitu deh. keliling dan poto2.

keluar kuil mulai bingung lagi. Akhirnya setelah tanya2 petugas, kita naik bus balik ke stasiun. ternyata emang betul kita salah naik bus tadi, arahnya berkebalikan dari stasiun. pantes aja gak nyampe2 hehe..
dari stasiun kita naik JR ke inari. nahh yang ini enak banget, soalnya begitu keluar stasiun langsung nyebrang dan terpampang indahnya kuil fushimi inari. haiyyaa mari poto2 lagi.

selain kuilnya yang bagus juga ada tempat semacam lorong yang kiri kanannya semacam bambu2 merah melingkar2.

setelah dari inari, kita balik ke stasiun dan memulai perjalanan ke kuil kiyumizudera. Konon ini adalah kuil paling gede dan keren di Kyoto, letaknya di atas bukit. aku lupa naiknya gimana, kayaknya naik JR trus turun di salah satu stasiun terdekat, trus nyambung bus dan turun di halte terdekat kiyumizudera.
lumayan gempor juga soalnya kudu menyusuri jalan naik ke puncak bukit. lumayan jauh ditambah hujan gerimis. di kanan kiri jalan adalah toko2 kecil souvenir yang cantik2 dan bikin ngiler soalnya aku memang suka pernak-pernik.

ngos2an mendaki sampai ke atas, dan terpampanglah kuil kiyumizudera yang indah itu. betul2 di puncak bukit, sejauh mata memandang adalah pemandangan kota Kyoto.

setelah puas melihat dan berkeliling kuil, kitapun turun. udah jam 5 sore aja dan kita belum makan siang samsek. tapi masih ada sekotak pocky yang dibeli di 7eleven semalem, lumayanlah buat mengganjal perut. aku dan vita memutuskan untuk lanjut jalan ke Gion, penasaran liat kayak apa sih tempat hiburan jaman dulu yang ngetop dengan geisha-nya.
turun dari bus di Gion tapi bingung di sebelah mana tempat hiburan itu. menyusur beberapa ruas jalan kecil tapi nggak nemu yang namanya geisha hehe.. mungkin masih belum terlalu malam kali ya. setelah menjelajah daerah Gion, kita balik ke jalan utama, nyeberang dan naik bus balik ke stasiun.
kita kembali naik JR ke shinosaka menjelang jam 7 malam. cape banget euy jalan seharian naik turun kereta, bus dan jalan kaki. sampe shinosaka mampir beli makanan buat dimakan. laper berat soalnya nggak sempet makan siang.
menjelajah Kyoto memang nggak cukup cuma sehari. tapi setidaknya beberapa tempat tadi udah lumayan mewakili kota sejarah dan tradisi yang cantik ini…

1. wah sayang gak ada potonya

2. ini lagi belajaran upload poto dulu hehe..moga2 enteng uploadnya :)