Thursday 17 January 2013

the alpha wife, the breadwinner...

habis baca novelnya Ollie, judulnya alpha wife….hmm ternyata memang alpha wife alias breadwinner ini fenomena dimana2, malah sudah terjadi sejak lama di lingkungan terdekatku..
konon akibat terbukanya kesempatan bagi perempuan untuk punya karir lebih tinggi dari pria, bahkan di negara2 Eropa, para pria bisa menjadi a stay-at-home-dad lho, alias tinggal di rumah untuk mengurus rumah tangga, sedangkan istrinya bekerja di kantor. Breadwinner, alias pencari nafkah utamanya adalah sang istri. Fenomena ini mulai populer dengan istilah Alpha Female, Beta Male..
lalu di negeri kita, pelan-pelan kenyataan ini mulai bisa diterima oleh masyarakat, dimana wanita memiliki jabatan lebih tinggi dari pria..dan sang istripun memiliki jabatan dan penghasilan yang lebih tinggi dari suaminya..
rasanya aku punya banyak sekali rekan kerja yang menjadi breadwinner di keluarganya….  diantaranya eks direktur di tempat kerjaku terdahulu seorang perempuan, dimana suaminya cuma punya usaha kecil2an, sejumlah pejabat perempuan di tempat kerjaku juga begitu…… dan kupikir2 ternyata di keluarga besarku sendiri juga begitu, kaum perempuannya hampir semuanya jadi breadwinner, tapi toh tetap menempatkan diri sebagai istri yang baik, menghormati suami dan suami tetap menjadi kepala keluarga..
rasanya sih fine2 aja ya, toh rejeki bisa berasal dari mana saja kan? barangkali memang rejeki lebih lancar mengalir dari pihak istri, jadi kenapa mesti dimasalahkan..toh semuanya untuk kepentingan rumah tangga..
tapi tentunya dengan catatan kedua belah pihak saling mendukung dan saling menghormati, tau hak dan kewajibannya masing-masing, tidak saling mengungkit dan memang menempatkan kondisi bahwa kerja adalah bagian dari ibadah untuk membantu keluarga…

No comments:

Post a Comment