Thursday 17 January 2013

durex tersayang...

bagi emak2 seperti diriku yang sama sekali bukan ibu teladan dan bukan pula ibu yang telaten mengurus anak dengan baik dan benar, maka buatku punya anak untuk kesekian kalinya adalah hal yang tidak terpikirkan buatku hingga saat ini…
sebetulnya aku nggak nyangka sekaligus bersyukur banget bisa langsung hamil begitu menikah..karena seperti yang pernah kuceritakan di bagian hormon oh hormon, aku sempat bermasalah dengan menstruasi dan gangguan hormon nggak jelas pada waktu aku masih gadis n baru mulai kerja, waktu itu aku bisa mens berminggu2 tanpa henti, trus kadang mens 1-2 hari, lalu berhenti dan kemudian mens lagi beberapa hari lagi, berhenti lagi, lanjut lagi dst..pokoknya bikin takut..
untungnya aku segera berobat ke obgyn di RSB Asih, dengan dr Musa Subiantoro. aku dikasih obat2an untuk menormalkan hormon, diminum tiap hari sampai beberapa bulan, sampai akhirnya siklusku teratur lagi. lalu nggak lama kemudian aku menikah dan alhamdulillah langsung hamil..bahkan waktu anak pertama baru 16 bulan, aku udah hamil lagi anak kedua..
nah kembali ke topik kontrasepsi..sampai sekarang aku masih bingung karena belum nemu yang sreg di hati..
selama bertahun2 kita pake sarung durex warna merah (sekarang jadi biru), menjadi satu2nya mitra bermain cinta kita berdua selama bertahun2 ..kira2nya lebih dari sepuluh tahunlah, hampir sama dengan usia pernikahan kita hehehe…
perkenalan dengan kondom durex dimulai dengan terpaksa di bawah ancaman dokter obgyn kami, soalnya waktu usia kehamilan memasuki 6 bulan, tiba2 keluar darah segar waktu aku lagi di kantor..sorenya kita langsung ke dokter dan kata dokternya mungkin salah satunya karena kecapekan dan karena berhubungan.  Oleh dokter kami divonis untuk tidak ML dulu sampe babynya lahir or harus pake kondom selama berhubungan…jelaslah kami pilih opsi kedua hehehehe….
saking tergantungnya sama durex ini, pernah sekali kita nggak pake karena kondisi liburan panjang waktu di jogja, udah kemaleman dan males nyari apotik, akhirnya kita nekat nggak pake dengan alasan “mestinya lagi nggak subur, soalnya baru 2-3 hari selesai mens”…eh sekali aja nggak pake ternyata aku langsung hamil anak kedua, padahal anak pertamaku baru 16 bulan…haduhhhh..
nah, setelah bertahun2 itu, akhirnya aku coba deh pake pil KB..ceritanya saat umur 30an aku mulai berjerawat (padahal dulu nggak pernah hiks..) dan baca konon minum pil KB di*n* selain untuk KB juga bisa mengatur hormon yang menghasilkan minyak, jadinya jerawat bisa dihambat perkembangannya..
pertamanya sih nggak ada keluhan, memang minyak berkurang drastis dan jerawat membaik…tapi lama2 kok aku jadi depresi ya? mual2 terus, pusing, bad mood, nggak kepingin ML sama sekali..kasian banget suamiku soalnya aku yang biasanya hepi2 aja klo diajak, sekarang jadi nggak minat sama sekali dan depresi berat..belum lagi karena mual2 dan pusing2 itu aku jadi nggak enak makan dan akibatnya berat badanku turun drastis, padahal aku sendiri cenderung kurus…hiks
dan keluhan itu terus berlanjut, bahkan makin parah dengan kondisi berdebar2 nggak karuan, badan panas dingin, gemetar dan berbagai kondisi nggak enak bodi yang susah dijelaskan di sini..pokoknya betul2 pengen mati rasanya..gila ya? bahkan sempat terlintas suicidal thinking..bahwa sedemikian nggak karuannya  badan dan perasaanku ini, sampe kepikiran bahwa mungkin mati jauh lebih enak rasanya…Naudzubillah, untung aku masih bisa berpikir waras dan cepet2 sholat mohon ampun….
ternyata setelah aku browsing, tuh pil hormonal emang efeknya cukup menyeramkan di luar negeri buat yang nggak cucok, termasuk salah satunya depresi berat sampai menjurus suicidal thinking..hiiii ngeri ah..
payahnya sebelum minum pil KB itu aku lupa nggak cerita ke ibuku. Nah pas aku lagi sakit2an terus itu, aku sempet telpon ke ibuku dan cerita tentang kondisiku..ibuku langsung ngomelin aku kenapa dulu nggak tanya dulu ke dia, soalnya ibuku juga mengalami hal yang sama persis denganku, dan ibu-anak mestinya nggak beda2 jauh kondisinya..
ibuku wanti2 agar aku nggak nyobain kontrasepsi hormonal soalnya untuk pil dan suntik dia pernah coba dan badan jadi nggak karuan rasanya..untuk yang suntik juga temen kantorku pernah pingsan karena nggak cocok dan flek terus2an sampai efek suntik 3 bulannya ilang..ihh gimana tuh?
akhirnya balik lagi ke durex tersayang…sebetulnya suamiku sih hepi2 aja, tapi kadang pengen juga sih bebas ML tanpa mesti pasang si durex ini.. :-p
nah kemarin kepikiran lagi pas browsing2 kok kayaknya pake spiral enak juga, nggak usah mikir selama 5 tahun..trus aku mulai cari info lebih lanjut ke temen2 dan kakak2ku..
ternyata serem juga euy…jadi inget dulu temen kantorku yg dulu pernah tali spiralnya keluar pas pipis dan akhirnya lepas..trus temen kantorku yang berikutnya tetep hamil padahal spiralnya masih terpasang..dan satu lagi kakak yang diatasku bilang setelah pasang spiral perutnya selalu sakit dan ngilu, berlangsung 6 bulan sampe akhirnya nggak kuat dan dilepas juga..
aduhhh…gimana dongg?? sementara balik lagi deh ke terman tersayang kita berdua…durex warna merah/biru hehehe… )

No comments:

Post a Comment