Tuesday 22 January 2013

menyusuri nara...

hari ke3 jalan ke nara. setelah sarapan simpel (maksudnya mie di dalam gelas hehe), nyeduh teh hijau dari penginapan, kita pun siap untuk pergi ke stasiun menuju nara.
nara ini kota kecil yang sarat dengan peninggalan budaya. mirip2 kyoto tapi lebih kecil. turun dari stasiun kita sempet bingung. ada jasa free tour yang melambai2kan bendera, jadi nanti tinggal ngikutin aja trus kasih tip.
tapi kayaknya bakal kelamaan klo nungguin free tour ini. akhirnya kita pergi ke tourist center di stasiun, minta peta tempat2 yang bisa dikunjungi.
berbekal peta tadi, kita jalan keluar dari stasiun. tumben banget hawanya cukup hangat, setelah hari2 sebelumnya duingin dan berangin. kalo di peta sih keliatannya deket ke kuil terdekat, tapi kalo udah dilakoni wuihh ternyata mayan juga hehe..
yang pertama adalah kofukuji temple. sambil jalan ternyata di kiri kanan ada toko2 suvenir. seperti  biasa nggak kuat liat pernak-pernik akhirnya mampir. nggak begitu jauh ternyata udah sampe ke kofukuji.

di situ berjejer kofukuji temple pagoda dan tokondo. yang satu kayak menara tinggi banget, yang satu lagi kuil menyamping. kuil2 di jepang rata2 simpel dan minimalis, nggak yang merah2 meriah gitu deh.
setelah puas liat2, kita lanjut ke todaiji. sambil katanya ke arah todaiji ini akan melewat isuen garden. berbekal peta, kita jalan kaki menyusuri kota nara yang tenang ini. suasananya nyaman dan tradisional. sepintas mengingatkan pada kota budaya jogja.
rada jauh juga sih jalannya. kita pengen ke isuen garden tapi nyasar2. sampai akhirnya dianterin sama ibu2 setengah baya yang baik banget. yang kayaknya seneng banget setelah tau kita dari indonesia. apa karena dulu dijajah jepang ya? hadehh..
sampe di isuen garden kita cuma liat2 depannya doang. ongkos masuknya rada mahal euy, sayang juga kalo cuma liat taman. lagian perjalanan masih panjang, musti ngirit hehe.. yasud cuma poto2 ajah di seputar taman trus kita lanjutken perjalanan..
jalan lumayan jauh dan sampailah ke todaiji temple. kayaknya ini yang ngetop di nara deh. paling gede gitu. istirahat sejenak, duduk2 sambil menikmati suasana. rada rame sih, lumayan banyak anak2 sekolah jepang lagi pada berkunjung.
sepanjang kita jalan, temple2 bersejarah ini selalu banyak dikunjungi anak2 sekolah jepang, kalo nggak pake seragam ya pake baju kimono or baju cowo tradisionalnya. padahal anak sekolahnya udah yang gede2gitu, kayaknya sih esema beda banget di indonesia ya, anak2 sekolah berkunjungnya ke mall..

keluar dari todaiji nanya2 arah pulang ke stasiun. bisa naik bus ternyata. moga2 nggak pake kesasar ya. dan benar ternyata turun di depan stasiun persis. karena masih jam 3an, kita berdua mampir ke tempat makan di semacam pasar di situ. lagi2 pesen udon.
dan baru kali ini kalo makan masukin koin buat bayar dulu di mesin koin, pencet menu yang kita pilih, trus keluar kertas pesanan. kasih deh kertas pesanan ke yang jual dan baru diladenin.
udonnya juga enak, tapi lebih yummy yang di stasiun shinsosaka. di jepun tuh udon toppingnya macem2, bisa semacam tahu, udang tepung, semacam bakwan dll. nggak tau deh namanya, yang jelas enak semua hehe..
abis makan kita balik ke stasiun. berhubung masih rada sore, kita memutuskan untuk jalan2 di seputar osaka. stasiun osaka tuh gede banget dan bikin bingung soalnya banyak track dan jurusan, udah gitu nyambung2 ke berbagai mall. alhasil aku dan vita puyeng sendiri. nyangkut ke mall dan bingung gimana cara keluarnya hehe..