Thursday 17 January 2013

menabung vs menikmati hidup

lagi mikir-mikir.
cape2 kerja ngumpulin duit buat makan sama buat menghidupi anak2 dan rumah tangga. setengah mati nabung dapetnya nggak seberapa. nggak sebanding sama inflasi dan nilai uang yang turun terus.
pengen banget beli rumah yang rada deketan ke tengah kota, sampe nenek2pun nabungnya nggak akan kebeli. apalagi beli rumah buat sekedar investasi. lha wong rumah seuprit yang sekarang aja masih lama bener lunasnya hehe.. pengen beli ini itu nabung2 juga nggak kebeli. padahal kerja udah sedemikian banting tulang.
jadii…lebih baik jangan terlalu ketat menabung deh. nikmati sajalah.
lebih tragis lagi. temenku giat banget nabung, giat investasi beli beberapa rumah, tanah, mobil. nggak berapa lama suaminya yang kacau itu berpaling, bubarlah pernikahannya, dan alhasil jadi gono-gini musti dibagi2, padahal bisa dibilang 90% itu hasil kerja keras sang istri. temenku itu nyeselllll banget.
ada juga sodara jauh, giat banget bekerja dan menabung, nggak sempet menikmati, ehh ternyata meninggal di usia muda. yang menikmati hasil ya si suami, yang malah kemudian nikah lagi. yahh.. jalan hidup masing-masing ya, rejeki jodoh lahir mati itu takdir.
memang rasanya hidup lebih baik secukupnya saja. asal ada tempat berteduh, alat transportasi yang wajar, biaya pendidikan anak. rasanya cukuplah. menabung untuk masa tua supaya tidak mandiri dan nggak nyusahin anak2 di masa tua.
jadi, nikmati sajalah hasil kerja keras kita. jalan2 menikmati hidup. jangan lupa bersedekah. nabung secukupnya buat masa tua. pengalaman yang diperoleh dengan jalan2 itu  nggak terbeli. mumpung masih bisa jalan2. kalo setengah mati nabung trus jalan2nya udah nenek2 rasanya kok nggak ok banget. iya kalo tuanya masih sehat dan bugar bisa jalan.
dulu pernah idealis gimana caranya nabung2 biar anak2 nggak cuma tercukupi pendidikannya tapi juga sebagai ortu bisa mengupayakan rumah dan kendaraan buat dia, sama seperti ortuku dulu lakukan buat anak2nya.
tapi setelah kupikir2, yang penting adalah menyiapkan biaya pendidikan anak sampai lulus kuliah, sambil menyiapkan kemampuan dan kapasitas anak untuk survive menjalani hidup dan dunia kerja. biarlah anak2ku dengan kecerdasan dan daya pikirnya yang jauuuh melebihi ortunya bekerja dengan caranya sendiri untuk survive.
ini bicara biaya ya. jangan bicara tentang bagaimana mendidik anak dan mempersiapkan segala sesuatunya di luar biaya. karena aku cuma membatasi topiknya terkait dengan finansial.
kita nikmati sajalah hasil kerja keras kita. kita perlu menghargai diri sendiri atas jerih payah kerja keras kita…

No comments:

Post a Comment