Tuesday 22 January 2013

pejalanan jakarta-osaka-shinosaka

dan inilah perjalanan kita selama tanggal 14-19 november 2012 kemarin.
aku dan vita bertemu di soetta. untung banget aku bisa kabur cepet karena kebetulan ada workshop setengah hari di bogor. vita sendiri ngos2an sampe di soetta soalnya udah jalan ternyata passpornya ketinggalan..welehhh..
bawaan kita berdua seperti biasa simpel aja, cuma satu koper sedang yang bisa masuk kabin. kok bisa?? ya iyalah, wong kita berdua memang simple-women. musim gugur menjelang musim dingin aku bawa jaket tebel 3 biji, yang 1 ditenteng, trus kaus2 biasa yang tipis aja 4-5 biji, celana panjang 3 biji termasuk yang dipake, baju buat tidur cuma 2 potong, pengalaman sebelum2nya karena perjalanan padat, maka baju tidur masih bisa dipake beberapa kali karena cuma numpang tidur bentar hehe..
oya, untuk aman pilihlah jaket tebel yang berwarna gelap dan netral, misal hitam, biru tua, coklat tua. nanti tinggal dikombinasikan sama syal aja biar keliatan ganti baju hehehe... tau sendiri kan jaket musim dingin itu muahal, sementara kita ke luar negeri belum tentu sekian tahun sekali.
penerbangan garuda memakan waktu sekitar 6-7 jam. kita sampe di osaka pagi jam 8an. brrr...udara langsung menyambut dingiiiin bangettt...jaket dan syal langsung dipasang kumplit sambil gemeteran.
celingukan kanan kiri di airport. tapi kita sudah menyiapkan segala sesuatunya. yang harus segera dilakukan setelah mengurus imigrasi adalah mencari counter JR Pass.
terus terang salut banget sama jepang, soalnya segala petunjuk tersedia dan teramat sangat jelas, selalu ada versi English-nya. kalopun bingung, tinggal tanya aja, soalnya orang jepang itu sangatlah helpful terhadap orang asing, apalagi kalo bertampang memelas begini hehe..
counter JR Pass berada di sekitar airport. langsung antre untuk menukarkan invoice JR Pass dengan tiket. tiketnya berbentuk karton sepotong bertuliskan tanggal valid tiket. nah, dari situ kita bisa langsung masuk ke jalur JR hanya dengan menunjukkan tiket JR Pass kepada petugas di deket pintu masuk jalur JR.
perjalanan pertama adalah segera menuju hotel karena kita mau mandi2 dan naruh koper disana. kita masuk ke jalur JR ke shinosaka. begitu turun, lagi2 celingukan kemana. segera tanya kepada petugas dimanakah letak sang hotel shinosaka ini. ya ampun, alhamdulillah banget, ternyata tinggal nyebrang doang persis di samping stasiun :)

aku dan vita menyeret koper turun lift stasiun dan langsung keluar di depan jalan besar. nyebrang dan sampailah ke hotel shinosaka. hotelnya kecil aja, tapi rapih dan bersih. buat kita berdua yang penting toiletnya nyaman dan bersih. tapi emang super imut segala sesuatunya. tempat tidurnya kecil banget untuk berdua, untungnya kita berdua juga tipis2 hehe..  tapi perlengkapannya ok juga, ada kimono tipis, pemanas air sama kulkas kecil. penghangat ruangan pasti ada.
kamar mandinya super kecil dalam satu jangkauan. sekali jangkau langsung dapet semua tuh, mulai dari shower, wastafel, toilet hehe.. no problemo deh yang penting bersih buanget toiletnya. yang jelas toilettries di sana pasti tersedia sabun yang jadi satu dengan shampoo dalam pump biar hemat, trus pasti ada sisir imut sama spons lipet juga. hair dryer juga ada. wuih lega banget, soalnya aku nggak bisa kalo pagi nggak keramas, tapi harus buru2 dikeringin kalo nggak mau masuk angin, mana lagi menjelang musim dingin begini...
sampe di hotel kita beres2 pakaian, mandi trus siap2 jalan. kita berencana pergi ke himeji dan dotonbori dengan mengandalkan JR pass ini.
balik ke stasiun.hawa super dingin langsung menyerbu begitu keluar dari hotel.
di stasiun kita berdua langsung ngiler liat di dalam stasiun berderet2 toko makanan yang kelihatannya yummy buanget. mulai dari sushi, udon, ramen, takoyaki, segala jenis mochi dan kue2 jepang yang lucu dan cantik2 itu. berhubung hawa dingin banget, kita sepakat cobain makan udon di stasiun. wuihh, lezat bangettt...aku lupa harganya berapa tapi nggak gitu mahal kok. ambil ukuran yang kecil udah kenyang banget. sampe sekarang belum nemu lagi udon yang seenak itu..
abis makan kita pergi ke loket JR untuk nanya2 tentang trip besok ke kyoto. kalo nggak salah musti booking reserved tempat duduk dulu, soalnya sekitar sejam. ya udah sekalian aja booking, nggak perlu  bayar lagi karena udah included.
setelah urusan tiket kelar, kita pergi ke himeji castle.

nampang di jalan menuju himeji :)
rada jauh musti naik kereta sekitar setengah jam. turun dari stasiun masih jalan kaki lumayan jauh, tapi semua petunjuknya jelas dan nanya2pun gampang. seperti kuil pada umumnya, di sekitarnya ada semacam sungai, dihiasi dengan pohon-pohon sakura.


nggak lama2 di dalam soalnya udah mulai sore dan kita ngejar ke osaka castle.

sampe di osaka castle udah menjelang gelap, jadi nggak bisa lama2 menikmati. udah gitu udara makin dingin bikin menggigil. kita memutuskan untuk segera melanjutkan perjalanan ke dotonbori. sempet nyasar2 keretanya karena bingung, tapi berkat bantuan mbak2 jepang pekerja yang baru pulang kantor, akhirnya nyampe juga ke distrik itu. salut banget sama warga jepang, kemauan untuk membantu orang yang kebingungan itu betul2 tinggi, bahkan nggak segan2 mengantar, sampe kita bolak balik bungkuk2 bilang terimakasih udah dibantuin.



di sana konon distrik tempat makan dan terkenal dengan gambar kepiting raksana, selain pabriknya pocky.
berhubung rame banget, akhirnya kita memutuskan makan di stasiun shinosaka aja deh, masih kebayang2 lezatnya udon. di hawa super dingin menggigil begini nggak ada yang lebih enak selain makan kuah udon lezat super panas. untuk mengganjal perut sampai ke shinosaka, kita mampir beli apple pie di mcdonald yang konon katanya enak banget.
kita balik ke stasiun shinosaka. sayangnya tempat makan udon lezat yang tadi siang itu udah bertransformasi jadi tempat makan dan minum2 di malam hari. shock juga jadinya. pantesan celingukan kayaknya tempatnya udah bener, tapi kok nggak keliatan barang dagangannya ya, ternyata ganti dagangan kalo malem. hadehhh...

alhasil kita beli takoyaki aja, plus mochi green tea dan beberapa keperluan di 7 eleven. 7 eleven di sana kecil aja dan bukan tempat nongkrong gaul anak muda kayak di jakarta.
jalan terseok2 gempor sambil kedinginan keluar stasiun menuju hotel. udah jam 9 malem aja. mandi air panas, trus makan takoyaki sama mochi green tea dan teh jepang panas, teh celup yang disediakan di kamar hotel. teh jepang tuh ya, seger dan sedep banget padahal nggak pake gula.
besok masih lanjut perjalanan jauh. tau2 udah jam 10 malem dan kitapun terkapar dengan sukses sampai pagi..

No comments:

Post a Comment