Tuesday 22 January 2013

preparing trip to japan

akhirnya tercapai juga bisa jalan bergembel ria ke jepang. akhir tahun kemarin, aku dan vita sobatku pergi berdua kesana. mengingat kita sering pergi bareng juga, aku merasa safe soalnya kita berdua sama2 bertipe well prepared, jadi segala sesuatunya udah direncanakan jauh2 hari.
aku dan vita adalah partner in crime dalam hal traveling. sama2 hobi jalan, kita nabung2 ngirit2 dari hasil kerja keras jadi kuli di kantor, biasanya di akhir tahun kita jalan bareng. kita biasa jalan hemat, nggak suka shopping selama traveling, bukan tipe yang rempong manja kecentilan. pokoknya pekerja keras nan mandiri gitu deh hehe...
prinsip kita karena udah capek kerja setahun mengerahkan seluruh kemampuan, maka bolehlah kita menikmati sedikit saja hasilnya untuk menyalurkan hobi jalan2 sekaligus refreshing. pulang dari sana baru deh babak belur kerja keras lagi...
kadang ada sedikit guilty feeling sih, kalo vita kan masih single, lha aku kan emak2 berbuntut dua. tapi aku berprinsip sepanjang aku nggak meninggalkan kewajibanku membiayai rumah tangga dan anak2, maka aku juga berhak untuk menikmati sedikit hasil kerjaku. pokoknya kewajiban finansialku buat rumah tangga dan keluarga nggak berkurang sedikitpun, karena aku menyisihkan dengan sangat hemat pos pribadiku. mr.hubby juga kasih ijin soalnya semua yang kusampaikan memang logis dan realistis.
kembali ke rencana jalan, kita berdua mulai browsing bareng tentang tiket, hotel, transport lokal dan tempat2 yang harus dikunjungi. tiket akhirnya dapet garuda edisi diskon. kebetulan kita berdua kerja tapi beda tempat, sama-sama di posisi yang full pekerjaannya, jadi cutinya nggak bisa lama2 karena pekerjaan. efektif kita 5 hari mulai 14 s.d 19 november, memanfaatkan libur kejepit, sehingga cukup 2 hari cuti sajah. lucunya pas berangkat pas aku ultah, pas pulangnya pas vita ultah hehe..
kita sempat menimbang2 apakah ke tokyo dulu baru ke osaka atau sebaliknya. tapi setelah baca2 dan melihat bahwa tempat2 menarik, cantik dan jepang banget itu justru di osaka dan kyoto, maka kita putuskan cari pesawat jakarta-osaka, baru nanti baliknya dari tokyo-jakarta.
entah kenapa aku sama vita ini selalu aja dapetnya garuda edisi diskon, biarpun diskonnya ga gitu gede. coba cari2 maskapai lain tapi nggak pernah dapet yang pas low fare. kita biasanya beli tiket lewat dwidaya yang di darmawangsa square. di situ kebetulan ada counter garuda, jadi bisa sekaligus cross check mana yang lebih murah. bisa kebalik2 sih. tahun lalu harga counter dapet diskon gede, giliran sekarang harga dari travel yang diskon.
pesawat done. lalu hotelnya kita browsing dan banding2kan harga satu sama lain. pengennya murah tapi tetep berdua sekamar, soalnya banyak juga yang kayak hostel, sekamar bisa beramai2 cewek2 traveller. tapi mengingat kita berdua gampang risih sama orang yang belum kenal (apalagi vita pake hijab), akhirnya pilih hotel standar sekamar berdua tapi dengan harga miring.
kita akhirnya pilih hotel Shinosaka di daerah Shinosaka, lumayan miring harganya. tapi begitu cari di tokyo, hadeuhhh susah bener ya mahal2 semuwaaa... alhasil dapet hotel Tateshina. bismillah aja moga2 hotel2 ini baik2 saja hehe..
kita pesennya lewat booking.com, dengan cara search hotel bintang 2 or 3 yang letaknya nggak jauh dari stasiun. trus hasilnya dicek di tripadvisor untuk melihat hasil review tamu hotel yang pernah menginap di situ. agak repot sih, soalnya hotel2 di jepang tuh reviewnya hampir sama, kecil-bersih banget-rapih-toilet bagus. jarang2 ada hasil review yang bilang hotelnya ancur, kayak hotel2 murah di eropa.
pesawat dan hotel done. lalu kita perbandingan enaknya local transport naik apa ya. lebih murah beli ketengan atau paket aja. setelah dihitung2 mengingat kita 5 hari full di sana, maka lebih murah beli JR Pass, paket 7 hari seharga sekitar 3,2 jutaan (persisnya lupa..).
keliatannya mahal, tapi kalo udah dijalanin hemat buanget, soalnya udah termasuk shinkansen kemana2 dan bisa kemana2 free sepanjang ada akses kereta JR. tapi kita nggak menyarankan buat mereka yang nggak totally jalan full ke jepang or hanya mengunjungi sedikit sekali kota2 or tempat2 kunjungan. buat mereka lebih baik beli ketengan aja, alias beli satuan dari satu tempat ke tempat lain.
aku beli JR Pass ini di wisma kyoei prince sudirman. jangan lupa bawa passport dan copy tiket pesawat daripada bolak-balik. jepang ini ketat banget, jadi yang beli JR Pass ini harus orang asing yang tinggal di luar jepang dan dibuktikan dengan passport dan tanggal kapan datang dan balik dari jepang.
oya, tentang visa kira2 semingguan lebih baru jadi. syarat2nya biasa aja, passport, foto sesuai ukuran permintaan embassy jepang, sponsor letter dari kantor yang menjamin bahwa kita memang bekerja di kantor dan bakal balik ke kantor sepulang dari jepang, print out buku tabungan 3 bulan terakhir (siapin sekitar 30jt-an, boleh pinjem dulu ke temen or sodara trus balikin klo visanya dah keluar hehe..).
oya bagi yang sudah married perlu surat pernyataan bahwa suami nggak keberatan kalo istrinya pergi. huwaaa..kenapa kalo yang pergi suami kok nggak ada pernyataan dari istri? padahal kan aku pergi pake duit2 sendiri hasil kerja pontang panting bertahun2, nggak minta barang serupiahpun diongkosin or dikasih uang saku sama suami hehe...
vita udah ngurus visanya duluan soalnya dia pas lagi rada napas di kerjaannya dan kebetulan passpor-ku masih dipake untuk perjalanan dinas. minggu berikutnya barulah aku mengurus ini itu dan akhirnya kelar juga. rada gambling sih soalnya seminggu lagi berangkat. kalo misal visa nggak keluar ya udah nangis2 deh, ilang semua duit untuk beli tiket dll. tapi aku sih optimis soalnya semua persyaratan lengkap, ditambah jaminan kantor dan history di passport rada lumayan perjalanan dinasku ke luar.
bismillah..smoga perjalanan kita lancar semuanya :)

1 comment: