Monday 16 January 2017

review diet GM

jadi ceritanya aku penasaran pengen coba diet gm. niat diet ini sebetulnya udah sejak beberapa bulan lalu tapi nggak jalan2. setelah umur lewat 40 begini emang rada gampang nambah berat badan, terutama pinggulku ini.

aku udah mulai panik waktu timbangan menunjukkan angka 51.5kg menuju 52kg.. tidaaakkkk...

tinggiku 158cm. dan ini berat badan paling enggak banget dalam 25 tahun terakhir. inget banget pas esempe beratku cuma 42kg, giliran esema jadi 53kg. pas kuliah mulai turun jadi 48kg. pas kawin makin turun lagi jadi 46kg. kerja, hamil 2x dan menjalankan hidup bertahun2 berkisar 47-48kg. intinya nggak pernah lewat dari angka 50kg aja.

aku tuh rajin banget menari jawa, seminggu sekali sekitar 2 jam, trus juga kalo makan nasi dikiiit banget. nggak suka daging2an, jeroan, lemak, santan2, minyak2 dan sejenisnya. menghindari susu, kacang, keju dll karena kulit rentan jerawatan.

makanku sehari2 tuh sedikit tapi suka ngemil kayak biskuit or something crunchy tapi bukan kacang. trus aku tuh suka minum kopi dan suka manis2 juga. aku juga suka jalan kaki, trus traveling yang banyak jalan kakinya, trekking juga. tapi kan traveling paling berapa bulan sekali.

nah singkat cerita aku memantapkan diri untul diet gm. target gak muluk2 : pengen clean eat dan geserin timbangan ke angka 48kg.

hari 1: harus buah2an.
aku sarapan melon nenas jambu dan apel dari kulkas. di kantor pesen jus melon juga. pesen dari office girl di kantor 2 box buah2an potong buat siang dan sore. malem makan buah pake bumbu rujak. minum air putih banyak.


kondisi: laper banget, diganjel buah2an tetep aja laper. keleyengan banget dan pengen ngamuk, banyak pipis.

hari 2: harus sayur2an
aku sarapan sayur2an terdiri dari tomat, brokoli, paprika, terong yang kukasih saus lada hitam dikit ditumis tanpa minyak. trus ngemil edamame rebus. siang ada workshop di hotel makan karedok deh. sambil merana liat menu macem2 tapi tak tergoda.
sore minum jus wortel tomat pesen office girl yang jualan jus, malem bikin tumis lada hitam sayuran lagi, ditambah nenas.



kondisi: pusing2 sempet minum panadol. timbang badan 50kg.

hari 3: sayur dan buah
aku sarapan sayur2an kayak hari ke2, ngemil edamame juga. siang pesen pecel sayuran pake dikiiit bumbu kacang sama jus alpukat. sore ngemil buah potong melon semangka pepaya sama jus wortel jeruk. jus2an dan buah potong ini pesen semua ke office girl yang nyambi jualan.



kondisi: nggak pusing lagi, sering pup. timbang badan 49.5kg.

hari 4: pisang dan susu
aku dari rumah sarapan pisang dibakar dikasih susu bubuk sama 2 yakult. makan siang pisang lagi, dikasih susu kental manis dikit masukin di microwave pantry kantor sama susu ultra yang non fat. susunya cuma bisa ketelen 2-3 sedot aja karena aku emang gak suka susu. dan susahnya aku sebetulnya paling benci sama pisang. pernah trauma jaman opspek kuliah dipaksa makan pisang yang udh membusuk karena seharian digantung di leher dan pisangnya udah jatoh ke aspal berkali2 huekkk..

makanya hari ke4 ini berujung muntah2 gegara sindrom pisang padahal itu pisang udah aku tata biar menarik. malem akhirnya aku makan ayam bakarnya mr.hubby dan minum kopi buat ngilangin bau2 pisang huaaa.. tapi gapapa deh secara susu juga gak keminum karena gak suka. ihh benci banget sama pisang hiks..

kondisi:  sering pipis dan buang angin. berat 49.2kg.



hari 5: daging/ikan dan tomat
aku sarapan susis sama tomat yang dikasih saus lada hitam dikit. siang makan ayam dan malem balik susis dan tomat. ngemil susis solo kecil 2biji.
kondisi: berat 49kg.


hari 6: daging/ikan dan sayuran
aku sarapan bandeng panggang dan tumis sayuran: kacang polong buncis wortel jagung. siang makan sama. malem daging burger panggang dan sayur. hari ini latihan nari 2 jam cape bangettt. malem udah cheating ngemil ga jelas soalnya abis latihan nari kelaperan hahaha..
kondisi: berat badan 48.8kg



hari 7: beras merah, buah dan sayur
sarapan sayur2an tumis, ngemil edamame. siang jus melon dan gado2 sayur aja dengan bumbu kacang dikiiit, sore jus wortel tomat. siang hari aku ada rapat dengan board untungnya nggak nge-blank. udah takut aja jadi bolot pas presentasi hehe..
nah abis rapat yang berat itu aku kan frustrasi trua akhirnya makan lunch box aja yang dibagi di kantor. huaaa bubar dehhh

kondisi: berat badan 48.8kg


yang kurasakan selama diet ini adalah perjuangan di hari ke-1 dan ke-2. rasanya tuh pusing banget keleyengan dan pengen ngamuk. hari ke-3 lancar dan hari ke-4 menyedihkan karena tragedi pisang. hari berikutnya lancar tapi berakhir dengan cheating *gubrakkkk..

hari terakhir nengok timbangan. sebelumnya 51.5kg hasil akhirnya 48.8kg. berarti turun 2.7kg. lumayanlah.
nggak terlalu keliatan yah di bodi. pinggul aja yang kayaknya rada kecil, sisanya sama aja. mungkin karena bodiku ya segini2 aja, kalo lagi naik biasanya emang di pinggul hehe..

demikianlah pengalaman diet gm. nggak terlalu suksesnya udah jelas karena aku cheating di 2 hari terakhir, plus nggak bebas garam juga.

tapi kayaknya ini mending deh daripada diet mayo yang kalo baca menu hariannya haduhh enggak banget deh, kayak telur sekian butir sehari itu kan aku nggak mungkin bisa secara gampang banget jerawatan. trus yang pantang garam dan air dingin yang buatku juga berat.

anyway pengen rutin mungkin sebulan sekali sih buat diet gm ini biar bisa detox dan maksa makan buah sayur. biar sehat tentunya...


7 comments:

  1. Haii, mbaa.. aku pengen nyoba diet ini.. tapi takutnya nanti jadi diet yoyo gtu.. cepet turun, tapi stelah diet cepet naik juga.. aku mau nanya dongg.. setelah diet ini berat badan mba ttep stabil atau langsung naik gtu??
    Makasihh.. hehehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. haloo.. naik lagi sih tapi dikit kok 1kg, maklum godaan cemilan yang terkutuk haha.. bagusnya sih rutin sebulan sekali buat detox.. selamat mencoba yaa..

      Delete
    2. Oohh.. gtu.. okedehh.. makasih ya mbaa.. ๐Ÿ˜๐Ÿ˜

      Delete
  2. Aq lg coba juga mbak...malah lupa kl hari ini hari k3 gak makan pisang malah makan pisang td pagi hahahaha akhirnya siang makan sayur aja...moga2 sih ada hasilnya and niatkan mau rutin sebulan sekali ๐Ÿ˜€

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha iya kayak aku nih mulai hari ke-4 berantakan๐Ÿ˜.. tetep semangat mbak.. aku rencana abis lebaran mau rutin sebulan sekali ๐Ÿ˜€

      Delete
    2. Hari ini hari k6 and disediain bihun goreng pedas sm temenku...gak bisa nolak doonk akhirnya cheating makan bbrp ujung sendok...kmrn timbang siih udah turun 3 kg cihuuuuyyy
      Ayook laah qt semangat...pas bulan puasa pas d rmh enak dietnya hahahahahaha

      Delete
    3. woww keren bgt turun 3kg.. hari 1 & 2 pake pusing2 nggak mbak? aku pusing2 tp abis itu biasa lg

      Delete