Thursday 12 January 2017

jalan ke cirebon

ceritanya abis anak2 ulangan akhir semester itu gank ibu2 memutuskan untuk halan2 cantik ke cirebon.

sesungguhnya aku tuh bukan tipe ibu2 gaul aktivis sekolah gitu deh, tapi entah kenapa sama ibu2 kelas 7 (padahal selma sekarang udah kelas 9) feel-nya dapet gitu. ibu2nya baik2, bersahabat, bersahaja sekaligus ceria. kebanyakan justru working moms atau punya bisnis gitu. mungkin karena itulah jadi nyambung ya.

kita berangkat naik kereta yang dikoordinir pembelian tiketnya oleh bu dubes sang ketua gank. mbak yang satu ini gesitnya luar biasa. sempet2nya ngurusin ini itu sebagai pengurus ortu murid, padahal dia sendiri kerja di bank. salut pokoknya.

aku cuti 1 hari di hari jumat itu demi bisa halan2 bersama mereka. kita ngumpul di stasiun gambir dengan menggunakan seragam gank haha..

seperti biasa ibu2 berisik tau sendiri gimana di kereta cirebon ini. 20 orang bo.. pasti penumpang lainnya pada puyeng karena kehebohan kita hihihi..
aku sendiri berangkat sengaja nggak sarapan dan nggak bekel apa2 sekalin baju ganti, karena aku tau kalo pergi sama ibu2 model beginian pasti urusan ransum pasti terjamin hehe.. dan betul banget, makanan banyak benerrr.. ada yang bawa arem-arem, ketan kelapa pedas, donat, kue-kue kecil, teh kotak dll. aman tenteram deh perut hehe..

di kereta berisik banget pada ngobrol. sekitar jam 10.30 kita udah nyampe aja di cirebon. turun langsung ditampung sama bus yang udah disewa buat keliling cirebon. bus itu nanti yang akan mengangkut kita balik ke jakarta, secara kalo naik kereta lagi bakal ribet karena belanjaan emak2 pasti seabrekkkk... tapi sebelumnya kita poto2 dulu dong di depan stasiun cirebon.

langsung capcus pertamanya ke nasi jamblang bu nur. aku sebetulnya pernah 2 kali kesini urusan tugas kantor, jadi udah tau. masih rada kenyang tapi makan lagi ajah.

kelar dari nasi jamblang kita lanjut nyari batik dong. aku sendiri sebetulnya nggak niat beli2 batik, secara masih ada 2 apa 3 potong batik yang belum sempet diapa2in. berderet2 toko batik dijabanin, dan terakhir aku beli deh sepotong batik outer yang lumayan buat ke kantor di hari jumat, 200ribu sajah. aku sempet pengen beli kain batik sogan buat nari gaya solo, tapi namanya cirebon jelas aja nggak ada kain yang bener2 solo. di toko batik itu kita numpang sholat dan bersih2.

abis dari perbatikan, kita lanjut nyari oleh2. disini aku beli buat rumah: sirup jeruk nipis, sambal jamblang, ikan kecil2 crispy yang dibalado, ketan cirebon, dan pia cirebon. yang lain pada ngeborong berdus2 macem isinya, sampe ada yang ngeborong mangga banyak banget haha..

kelar dari oleh2 ternyata lanjut makan lagi, jam 3an tuh huaaa... katanya sayang kalo dilewatkan udah ke cirebon, yaitu empal gentong mang apud. berhubung perutku masi kenyang dan pada dasarnya aku nggak suka daging2an, akhirnya aku cuma ngemil2 emping sama es teh manis sambil nontonin temen2 menikmati empal gentong dan empal asem. empal gentong itu pake santan, kalo empal asem itu kayak asem2 daging kalo di jawa tengah.

kita lanjut lagi kali ini agendanya ke gua sunyaragi. udah menjelang sore, sedangkan jam 5 katanya tutup disana. paass banget sampe sana masih bisa masuk dan udah sepi aja. kita poto2 warna-warni. guanya memang rada mistis gitu, terbuat dari karang-karang. konon ini adalah tempat istirahat dan meditasi para sultan cirebon dan keluarganya, dikelilingi oleh kolam.

tau2 udah sangat deket ke maghrib dan kitapun segera naik ke bus menunju tempat selanjutnya, dermaga ade irma. perjalanannya nggak begitu jauh dan tibalah kita disana. pada dasarnya udah tutup, tapi dibolehin untuk poto2 dong. sebelumnya kita ganti baju dulu pake batik dengan atasan polos item. seru banget poto2 di dermaga, ada semacam vila2 kayu di atas air dan jembatannya. ini dia poto2nya.

dan tempat terakhir adalah makan malam di resto kelapa manis. di sini kita sekaligus istirahat dan sholat2. udah jam 8 malem aja dan harus segera balik ke jakarta yang memakan waktu hampir 4 jam kalo naik bus. di jalan pulang masih berisik ngobrol2 sambil beberapa udah teler karena ngantuk. jam 12an kita sampe deh di jakarta di depan sekolah anak2.

yeayy.. akhirnya halan2 kita berjalan lancar. nanti lanjut halan2 lagi yaa..