Tuesday 10 January 2017

kulit oh kulit

nasib punya kulit jelek. bawaan dan genetis juga.
kulitku tuh sering banget kumat dermatitis atopic-nya. bahasa jeleknya eksim kering. plus alergian.
munculnya kalo:
1. lagi stress
2. kedinginan dan kekeringan khususnya karena AC
3. penyebab gak jelas lainnya

bagian yang langganan kena adalah pinggul kiri segede dua ruas jari, seputar bibir dagu. trus alergi merah bentol gatal dan kadang ada semacam bruntus kecil ada airnya. merah bentol gatal ini biasanya aku oles salep elocon 1-2x sehari, cuma 1-2 hari doang. kadang pagi oles trus siang udah reda. kalo bruntus isi air tadi, pas cuci muka sekaligus dicolek pake tisu, ilang tapi trus dioles salep elocon juga, 1-2x sehari, sehari doang. salep corticosteroid alias anti radang yang hanya boleh dipake terbatas. kalo lagi parah2nya kumat, terpaksa minum claritin dan medixon. pernah juga pas parah banget bentol gatel babak belur nggak mempan pake apa2, terpaksa ke dokter spkk langganan minta disuntik anti radang.

makanya kadang suka kesel, pas mau tidur kondisi kulit lagi bagus-bagusnya, begitu bangun ehh babak belur merah gatel2 bentol bruntus. atau kadang juga pas mau tidur kondisi kulit lagi ancur2nya gatel merah bentol, pas bangun tidur ehh jadi mulus2 aja. hadehhh bikin kesel.

yah begitulah. dulu jaman kecil pernah biduran yang parah banget sih tapi trus sembuh setelah disuntik dokter. abis itu aman sentosa sampe esema, sempet gatel di beberapa tempat. trus aman lagi sampe akhirnya muncul lagi makin sering udah beberapa tahun ini. makin dipicu lagi karena pengobatan jerawat yang bikin kulit kering.

herannya dermatitis atopic ini nggak muncul pas aku traveling. bener2 ajaib. mungkin kalo pas traveling itu aku nggak stress kerjaan kali ya. nggak ada beban apa2. padahal traveling panas2an di laut, di gunung, cuaca nggak menentu dari pulau ke pulau di indonesia atau kedinginan di luar negeri juga, tapi malah aman2 aja. kebanyakan juga nggak pake AC sih kalo lagi traveling, badan juga bergerak terus karena jalan.

makanya aku lagi mikir2, jangan makin sering kumat (flare up) ini karena nggak cocok di kerjaan hiks..




No comments:

Post a Comment