Wednesday 4 January 2017

perjalanan ke pulau padar dan pulau komodo

akhirnya kesampaian juga jalan2 ke pulau flores :)

jadi ceritanya di pertengahan tahun ada promo tiket murmer buat bulan desember ke sana, ya udah nekat beli. tadinya cuma mau ke labuan bajo lanjut pulau2 kayak pulau padar, komodo, rinca, kelor dll.. tapi tanggung udah nyampe ke flores akhirnya sekalian aja planning ke ende pengen liat danau kelimutu.

nah abis terima rapor anak2 itu, aku sekalian abisin cuti 5 hari dari kantor, mr hubby juga. sempet maju mundur juga secara cuaca lagi hujan2 badai banget, sementara kita mau naik pesawat ATR dari denpasar ke labuan bajo, trus nanti labuan bajo ke ende. sebagai orang yang hobi traveling tapi benci terbang itu, selalu aja dilema kalo mau jalan2.

hari pertama kita berangkat, jakarta-denpasar lanjut pesawat ATR ke labuan bajo. sampe disana udah menjelang sore aja, apalagi perbedaan waktu. yang aku kagum adalah bandara labuan bajo itu udah keren aja, sementara tahun lalu kita ke banyuwangi bandaranya udah kayak kantor kelurahan hehe.. konon bandara komodo ini dikebut pembangunannya tahun lalu dalam rangka mengejar event sail komodo.


kita nginap di hotel exotic yang letaknya cuma berseberangan sama bandara, bener2 tinggal koprol 3x udah nyampe. paginya jam 5 pagi kita udah berlayar aja ke pulau padar sama bang basir, si pelaut bajo. perjalanan yang panjang dan sempet keder di awal karena ombaknya lumayan, sedangkan kita musti 4,5jam naik perahu ke pulau padar itu. saking lamanya mulai dari laut yang birunya pekat bergelombang, lalu laut yang birunya rata tenang, bahkan ada yang sangat tenang kayak kaca.

jangan dibayangkan kondisi perahunya kayak kapal2 pesiar yah, karena ini adalah perjalanan murmer hehe.. jadi perahunya cuma kecil dan sederhana banget dari kayu tapi pake motor, isi perahunya cuma kita berempat plus bang basir yang mengemudikan kapal dan 1 pembantunya. yang bikin kita tenang adalah bang basir ini keliatan banget pelaut ulung, maklum asli suku bajo. dia sampe loncat menyelam ngambil jangkar yang nyangkut, lincah banget pokoknya.

gelombang dan angin kencang di awal2 sempet membuat kita keder, tapi setelah hampir sejam kita baru mulai tenang karena laut mulai tenang. sebetulnya naik perahu begini bukan hal yang asing lagi buatku karena udah pengalaman naik perahu di belitung, lombok, bunaken, banyuwangi. tapi ini perjalanan paling panjang hampir 5 jam di laut, sedangkan biasanya palingan cuma sejam.


pemandangan lautnya emang top markotop. terharu banget tiap kali traveling begini. negeri kita tuh cantiknya banget2 biarpun panassss. aku menikmati perjalanan sambil mengamati arah google map, sudah sampe dimanakah perahu kita. laut yang tenang mulai bergejolak lagi begitu mendekati pulau padar, masuk ke teluknya. setelah setengah jam bergelombang lagi, akhirnya kita sampai juga di pulau padar.


perjalanan menuju puncak pulau padar perlu waktu sekitar 45 menit, lumayan berat. sebetulnya nggak yang curam2 amat, cuma panasnya itu yang nggak nahan. nggak ada apa2nya sih dibanding gempornya menaiki gunung ijen, tapi terik mataharinya benar2 menguras energi karena jam udah menunjukkan arah 12 siang. untung aku sempet nyantolin 2 botol aqua ke ransel mr.hubby, lumayan buat minum berempat. di ransel fikri masih ada setengah botol sisa aqua juga.


dan pemandangan di puncaknya betul2 luar biasa indahnya. akhirnya aku sampe juga di sini *terharu


pulau ini tidak berpenghuni, tapi memang lanscape view-nya kerena banget. hijau coklat bukit berpadu dengan birunya laut dan putih awan serta ombak. aduhh cantik banget pokoknya.


kelar istirahat dan poto2, kita turun karena masih harus melanjutkan perjalanan ke pulau komodo. another 1,5 jam lagi kata bang basir. baiklahh.

perjalanan ke pulau komodo 1,5jam sempet bergelombang rada lama, trus mulai tenang lautnya. kita turun di dermaga, melompati beberapa kapal. pulau komodo ini pulau berpenghuni. kita menuju ke tempat pembelian tiket untuk trekking. waktu udah menunjukkan pukul 2 lewat, dan aku akhirnya memutuskan untuk ambil trekking terpendek aja, karena cuaca lagi kurang bagus takutnya kemaleman gelombang tinggi, sedangkan perjalanan masih perlu waktu 4-5 jam buat balik.

tadi waktu jalan di dermaga ke dalam pulau, kita liat komodo muda melintas cepet banget. haduhh.. padahal kita belum trekking. pas trekking pendek itu kita ketemu lumayan banyak komodo dan takut tentunya hehe.. kata ranger komodo alias petugas pawang, komodo kalo menggigit mangsa nggak langsung mati, tapi bakal sakit dulu karena air liurnya mengandung seratus sekian jenis bakteri. huaaa.. trus dia bisa lari super kencang mencapai 20km per jam *gubrak*  biasanya dia mengincar mangsa dengan tenang dari jarak sekitar 3km, bisa membaui darah juga dari jarak jauh.

dengan segala kekuatan karena takut, aku berhasil juga poto di deket komodo jinak berkat pak ranger. tadinya sempet minggir2 takut ke arah pohon juga waktu trekking, tapi justru pas minggir itu kata ranger minggir kesitu ada komodo tuh, warnanya coklat mirip batang pohon *huaaa bener ternyata komodo.. T_T.. sejak saat itu aku mencurigai setiap batang pohon sebagai komodo hehehe...


sekitar jam 3 kita balik ke perahu dan mulai perjalanan panjang di laut untuk balik ke pelabuhan labuan bajo. di perahu kita makan siang berupa nasi, ikan, terong goreng, mie goreng. semuanya enak, hasil masakan bang basir dan asistennya. bener2 top deh para pelaut itu, jago segala urusan mulai dari berlayar sampe masak dan bersih2. nggak perlu perempuan dalam hidup ini kayaknya hehe..

kita sampe labuan bajo hampir jam 8 malem. perjalanan lumayan mulus, gelombangnya nggak kayak pas berangkat. untung aja karena malemnya mulai hujan. nggak kebayang gimana kalo tadi hujan deres di laut.


alhamdulillah perjalanan hari ini lancar, walopun sampe penginapan badan masih berasa bergoyang bergelombang sampe pagi..


No comments:

Post a Comment