Wednesday 4 January 2017

perjalanan ke pulau rinca, pantai plataran dan pulau kelor

hari ketiga perjalanan berlanjut pake perahu lagi..

kita berangkat agak siang, jam 7 karena nggak sejauh perjalanan ke pulau padar yang 4,5jam itu. kali ini kita ke pulau rinca. sebetulnya lumayan juga sih hampir 3 jam perjalanannya. tapi cuaca kali ini lebih bersahabat. gelombang hanya dikit aja. feelingku sih kalo pergi di luar musim hujan kayak desember ini lautnya bener2 tenang deh.

pulau rinca mirip2 pulau komodo, ada trekking komodo lagi. kita tiba di loh buaya, lalu masuk ke pos pendaftaran trekking. lagi2 ambil trekking terpendek aja karena kemarin kita udah puas liat komodo banyak hehe.. lebih baik kita main2 di pantai dan laut ajah. kita trekking lagi ketemu sekitar 3 komodo di hutan. trus di deket pos trekking malah ada sekitar 4 ekor komodo lagi ngetem di bawah jendela pondok kayu. kata si ranger komodo, mereka ini nungguin kalo2 ada sisa makanan dilempar dari jendela karena di situ ada dapur. haduh ngeri deh.

trus kita trekking masuk hutan sampe ke sarang komodo. jadi konon itu sarang di gundukan tanah dibikin oleh burung, lalu direbut sama komodo. komodo bertelur bisa sampe 20 trus disimpan di tanah sarang tadi. induknya cuma sebentar nungguin, abis itu alamlah yang akan menghangatkan sarang kayak mengerami gitu. telur yang menetas nggak banyak, paling cuma 20%, bahkan kalo alam lagi nggak bagus bisa2 nggak ada yang jadi. abis menetas, bayi komodo nanti naik ke atas pohon, makan binatang2 di pohon. nanti klo udah cukup gede baru turun dan mulai hidup sebagai komodo muda. oiya, si komodo ini bisa memangsa sesama lho. bahkan induknya bisa makan anaknya hiiii...

abis dari loh buaya kita naik kapal lagi, kali ini menuju pantai plataran arah labuan bajo. sekitar 2 jam-lah. haduhh yang ini benar2 baguuusss...

perahu merapat ke dermaga dan kita turun. fikri nyebur ke laut snorkling bareng bang basir yang lincah banget. di tepian dermaga ada sejumlah anak2 bajo yang udah kayak ikan aja, naik turun nyebur berenang ke laut. kayaknya badan mereka entenggg banget. terakhir snorkling di lombok, dan kali ini memilih nggak nyebur dulu secara muka kurang kondusif. insya Allah next trip bener2 niat pengen nyebur deh.

kelar menikmati pemandangan dari dermaga dan fikri puas snorkling, kita lanjut lagi ke pulau kelor kira2 setengah jam dari sini. kita turun dan main2 di pasir yang terhampar di pantai. fikri lanjut snorkling lagi sama pak basir. kita naik turun perbukitan. cuaca terang benderang dan panasss, tapi nggak sepanas di pulau padar kemarin. yang agak disayangkan di pulau kelor ini udah ada sejumlah sampah, sementara kemarin di pulau2 lainnya bersih. bahkan di labuan bajo aja bersih nggak ada sampah. kadang suka heran, giliran di pantai di jakarta sampahnya banyak banget, sedangkan di indonesia timur bersih, mungkin karena pengunjungnya nggak banyak dan mostly juga bule.

sekitar jam 2.30 siang kita balik ke perahu, lanjut makan siang di situ. perjalanan balik ke labuan bajo tinggal sekitar 1 jam lagi. lautnya juga tenang bersahabat. jam 4 kita udah sampe aja di labuan bajo, nunggu mobil jemputan. trus mampir beli oleh2 dan balik ke penginapan. packing buat besok pagi kita terbang ke ende. semoga besok cuaca juga bagus di bulan desember ini..