Thursday 5 January 2017

under control..

alhamdulillah kondisi muka sekarang lebih terkontrol. bukan berarti bruntusan or jerawat hilang total, tapi setidaknya manageable.

setelah treatment dengan accutane lewat dr kun yang membuatku babak belur, setelah itu mulus tapi penuh dengan masalah mulai dari atopic kumat, alergian, bekas2 merah dll dan kembali lagi bruntusan karena nggak nemu2 skin care yang cocok, akhirnya 2 bulan terakhir ini rada kalem.

selama 2 tahun ini sejak berakhirnya accutane rasanya mukaku nggak pernah beres. bahkan aku udah nggak pake apa2 sama sekali karena udah nggak tau lagi mesti gimana. cuma cuci muka doang. ke kantor ya gitu aja paling pake lipstik. tapi tetep aja bruntusan. bener2 luar biasa bandelnya nih muka.

setelah selesai accutane dari dr kun itu aku sempet ke beberapa dokter spkk, termasuk cobain erha juga. apa daya gada yang cocok bahkan sampe ke spkk di jogja yang terkenal banget juga nihil. terakhir hopeless dan gada ekspektasi apapun ke dokter spkk yang biasa aja bukan yang antri panjang. tapi ternyata dokternya baik dan mau dengerin keluhanku.

aku cerita panjang lebar tentang bruntusan dan jerawat yang nggak beres2 ditambah bekas2 merah bejibun padahal udah pake accutane selama 9 bulan. dokternya memeriksa dengan teliti, trus prihatin juga lihat urat2 merah di mukaku, tanda steroid, plus kering2 ngelupas karena dermatitis atopic.

aku wanti2 banget ke dokternya nggak mau di-facial, nggak mau peeling, nggak mau ada kandungan steroid dan aha, nggak mau pake acid2. pokoknya rewel banget deh dan bener2 nothing to loose. untung beliaunya sabar dan meyakinkan kalo resepnya nanti nggak mengandung bahan2 tadi. tapi harus bener2 sabar berbulan2 untuk liat hasil.

dokternya bilang bahwa kulitku berminyak, dan karena faktor usia (udah tuaaa) proses regenerasi kulit melambat, banyak sel2 kulit numpuk, ditambah jenisnya berminyak jadi gampang tersumbat dan nggak meregenerasi dengan normal. jadi perlu dibantuk krim untuk membantu membersihkan sel2 kulit mati agar pori2 tetap bersih, pelan2 dan harus sabar. dan ini bakalan seumur hidup karena kita makin menua dan perlu dibantu regenerasinya. dokternya kasih susu pembersih, sabun cair, sunblok, krim malam 2 jenis untuk selang-seling. total biaya masih wajarlah sekitar 600 ribu udah termasuk produk2nya. kayaknya sih krim malamnya sejenis retinoin gitu, tapi yang ringan.

selama sebulanan masih keluar jerawat dan bruntusan, tapi lama2 membersih. isi bruntusan pelan2 keluar tapi ya lama. kadang udah nggak sabaran main pencet aja hadehh.. jadilah bengkak trus sembuhnya berbekas hiks. trus seputar dagu sekitarnya yang ada atopic-nya juga terkontrol, tiap bersihin pake susu pembersih biasanya terangkat kering2nya, trus disabun.

di akhir bulan kedua ini udah lumayan, masih ada sih beberapa bruntusan, trus bekas2 juga memudar. aku sih curiga bekas2 ini bukan memudar sih, tapi menyamar karena kulitku menggelap setelah pulang dari flores hehe.. mungkin nanti kalo warna kulit udah pulih ke warna semula, si bekas2 merah itu menampakkan diri lagi huaaa...

ini kondisi mukaku sekarang.. abis cuci muka ga pake apa2, keliatan bekas2 merah di pipi kanan karena memang disitu tadinya paling banyak jerawat n bruntusan. mataku kalo nggak pake kacamata tuh enggak banget yah, lingkaran item gitu.. tapi klo pake kacamata ya udah beres aja hehe..


aku menyadari kalo bakalan seumur hidup proses regenerasi harus dibantu terus karena usia dan jenis kulit yang berminyak dan gampang tersumbat gini. yang penting udah dirawat dan manageable. itu ada udah cukup buatku.



6 comments:

  1. Halo mba boleh tau di dr mana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba..aku ke dr titi lestari spkk di daerah pondok pinang deket fedex. kadang masi suka bruntusan sih tapi lumayanlah..

      Delete
  2. Hai mbak... Mau tanya peeling di dr titi berapa ya? Trus sebulan peeling berapa kali mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mba.. aku ngga berani peeling kok karena mukaku ringkih banget takut ngga kuat. jadi cuma pake krim malamnya aja.. dari pengamamam sih di sana harga treatment cukup wajar kok..

      Delete
  3. Hai mba.. skrg apakah masih ke dokter titi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. udh enggak say.. alhamdulillah udh gak pake krim2 dokter lagi, dg trial and error akhirnya menemukan produk2 kombinasi yg cocok sama kulit. Tp aku rekomen banget kok dr. Titi utk yg masih bermasalah sama muka, krn dulu terbantu banget sampai akhirnya bs lepas sepenuhnya pake obat bebas

      Delete