Monday 2 October 2017

jalan ke makassar dan rammang-rammang

piknik kantor kemarin seharusnya mau ke tanjungbira. apa daya pak boss mendadak keder dengan lamanya perjalanan ke tanjung bira yang mencapai 5-6jam jalan darat, alhasil berubah arah jadi makasar-rammang-rammang.

rada sedih sih, soalnya aku pengen banget ke tanjungbira huhu.. tapi ya sudahlah secara gretongan ini. yang berangkat ada 18 orang, kita sewa bus wisata.
mostly acara sih kulineran ya.. jadi pertama mendarat di airport sultan hasanudin kita langsung makan sop saudara. abis itu check ini ke hotel rinra. dilanjutkan makan pisang epe di pantai losari.

makasar diguyur hujan menyebabkan tempat makan pisang epe di pantai losari jadi becek dan nggak nyaman. tapi pisang epe-nya sendiri enak banget.

pagi harinya kita jalan ke rammang-rammang. berhubung mulai jalannya udah telat banget jam 8 abis sarapan, kita baru sampe rammang-rammang jam 10an. udah gitu ada miskom sama tukang perahu yang dipesan yang mengakibatkan tukang perahu ngambek. alhasil terkatung2 deh nunggu lama perahunya. ada hampir sejam baru dapet dan kitapun naik perahu menyusuri semacam sungai di rammang-rammang.

perahunya kayu kecil aja pake mesin cukup buat sekitar 7-8 orang. kita naik perahu sambil poto2 dengan narsisnya. ada sekitar 2 atau 3km kita sampai di dermaga rammang-rammang, dilanjutkan dengan jalan kami ke perbukitan, menyusuri pematang rawa-rawa. poto-poto deh hehe..

kelar dari rammang-rammang kita balik ke makasar. seharusnya mampir di leang-leang dan bantimurung, apa daya pak boss lagi-lagi gak mau. hadehhhh cape bener yah.. akhirnya jam 2an sampe di makasar kita makan di losari seafood. abis itu lanjut makan es krim gelato. mulai ujan lagi. bus jalan menuju pantai akkarena. jalanan ternyata macet karena malam minggu.
di pantai akkarena itu kita bikin permainan gobak sodor. abis itu nunggu sunset di bebatuan pantai. lumayanlah poto2 pake tongsis.

malemnya lagi-lagi kulineran makan iga bakar konro karebosi. abis itu balik hotel dan tuker2an kado 50ribuan.

pagi hari abis sarapan langsung check out dan menunju toko oleh-oleh. dilanjutkan makan siang di sop iga dan langsung menuju airport.
intinya mostly adalah wisata kuliner, yang mana aku sebetulnya nggak begitu suka daging-dagingan. aku sukanya tahu tempe, ikan, ayam hehe.. jadi pas makan sop saudara itu ¾ mangkok aku kasih ke temen, trus pas makan iga bakar konro aku kasih ke temen juga seluruhnya, aku sendiri makan cumi goreng yang kubungkus dari tempat makan seafood sebelumnya. trus pas makan sop iga di hari terakhir, aku juga nggak makan dan pesen ikan bakar di depan tukang sop iga tadi.

demikianlah sekilas jalan-jalan yang hmmm.. rada zonk gitu deh karena tadinya kan mau ke tanjung bira, dimana ekspektasinya udah keren gitu. anyway untungnya sempet ke rammang-rammang, padahal tadinya pak boss juga kurang setuju kesitu. rammang-rammang inilah yang lumayan menyelamatkan perjalanan kita…