Monday 2 October 2017

kuliner singkat di singapore

jadi ceritanya kemarin aku sama temen kantor pergi conference ke Singapore. nggak usah cerita tentang conference-nya karena nggak penting hehe.. yang jelas aku berusaha menikmati banget bisa jalan2 tanpa beban ke Singapore secara gratis hihihi…

aku sama temen kantorku namanya pak tyo ini ternyata sama2 tukang jalan kaki. bener2 memaksimalkan naik MRT, bus dan jalan kaki. gak pake taksi samsek. demi hemat uang saku haha.. uang saku kantor kutabung banget2 buat traveling pribadi berikutnya ajah.
jadi kita sampe bandara sore hari langsung naik MRT ke orchard, turun di stasiun deket atria plaza. conference kita di hotel hilton, nginepnya cari yang lebih murah (an) di grand park orchard.

turun dari stasiun MRT deket atria plaza, kita jalan kaki menyeret koper menyusuri orchard kira-kira 700m, nyeberang dan sampailah di grand park orchard. setelah check in dan istirahat sebentar, kita ketemu di lobby trus jalan-jalan di seputar orchard. jalan ke lucky plaza buat nyari makanan murah. lucky plaza udah beda dari dulu aku pernah kunjungi waktu ke Singapore. kalo dulu makanannya ada beberapa pilihan makanan Indonesia kayak ayam penyet, maka kali ini didominasi makanan2 filipina di foodcourt-nya. kalo dulu banyak mbak2 TKW Indonesia di sana, maka sekarang yang berkunjung banyak mbak2 TKW Filipina.
kelar makan yang nggak begitu jelas itu di foodcourt, kita jalan lagi, nyeberang ke deretan mandarin oriental dan atria. nonton pertunjukan barongsai di depan mall sambil makan es krim yang pake roti. kita beli kartu transport lokal di 7eleven, isi 15 dollar bisa buat naik MRT bus dll.

keesokan harinya sampe sore jam 5 kita conference di hotel hilton. disitu kita jalan kaki dari hotel ke hilton sekitar 1 km. lumayan gempor juga secara pake sepatu kerja. mau naik bus juga susah karena orchard itu searah jalannya, sedangkan kita berlawanan arah letak conference-nya. di conference aku dapet kenalan cewek Singapore yang baik, namanya Wan Ling. dia keliatannya hepi bener nemu orang Indonesia kayak aku haha.. itu karena dia baru belajar bahasa Indonesia, udah grade 4 katanya hihi.. waktu aku tanya makanan rekomendasi buat kulineran dimana, dia sarankan pergi ke newton food center, disitu ada berderet2 counter foodcourt, katanya kepiting dan popiahnya rekomen.
pulangnya barulah naik bus pake kartu yang udah dibeli, turun di lucky plaza buat mampir ke 7eleven beli beberapa keperluan. khususnya pak tyo beli cemilan secara dia super gendut suka kelaperan haha..

sampe hotel istirahat bentar mandi2, trus keluar lagi abis maghrib. kali ini kita mau makan kepiting dan popiah yang direkomendasikan Wan Lin. konon letaknya di newton food center. kita naik MRT lalu turun di newton dan jalan kaki nggak begitu jauh.
kita cobain pesen di alliance seafood. pak tyo pesen spicy crab, aku pesen black pepper crab. selain itu mantau, kerang dan saltyfish bean. haduhhh kita tuh ngirit di transport tapi boros di kuliner yaa..

crab-nya enak, porsinya jumbo banget dan dari 2 piring gede itu aku cuma makan 1/4nya, sisanya pak tyo semua hahaha… oiya sebelumnya kita makan popiah. ini sebetulnya mirip banget lumpia semarang, enak banget sih karena kebetulan aku memang suka lumpia semarang.

kelar makan kita sempet kesasar2 jalan kaki nyari bus buat balik ke orchard. entah berapa kilometer kita jalan kaki, nyeberang sana sini bahkan nyeberang di bawahnya flyover padahal udah jam 9 malem. sampe akhirnya terdampar di halte bus setelah jauuh bener jalan kakinya. yang naik bus cuma tinggal 3 orang dan itupun naik bus yang ujungnya kita baru sadar kalo berhenti di pemberhentian terakhir alias terminal. untungnya terminalnya jadi satu sama stasiun MRT.

dari situ barulah rada mudeng nyari arah MRT balik ke orchard. turun di stasiun orchard dan masih harus jalan kaki lagi 700m ke grand park hotel. bener2 gemporrr..
besoknya conference lagi, jalan kaki lagi 1km ke lokasi. pulangnya jalan kaki mampir ke Sephora nyari titipan temen kantor. trus jalan kaki lagi balik ke hotel. oya aku mampir beli pizza di depan lucky plaza. enak deh pizza-nya, yang jual rada2 timur tengah gitu penampakannya.

malamnya kita jalan, kali ini mau beli oleh2 di Mustafa center. naik bus tapi kebablasan turun, jadinya balik arah jalan kaki lumayan jauh sekitar 1 km sampe ke Mustafa center. aku baru tau kalo di lantai 2 tuh isinya kayak supermarket gede banget, segala macem bahan makanan dan oleh2 ada. temenku beli oleh2 lumayan banyak, sedangkan aku beli coklat aja seadanya. baliknya udah malem aja karena kelamaan jalan di sekitar little india itu. kali ini naik MRT, turun di stasiun orchard, jalan kaki melewati gedung-gedung sampe grand park hotel.

hari terakhir kita pengen cobain nasi lemak mumpung masi di Singapore. katanya sih ada yang enak namanya nasi lemak kukus di Mackenzie road. baiklah.. kita coba sambangi naik bus. ternyata letaknya di seputaran little india juga kayak semalem. kedainya bersih dan rapih, self service ambil sendiri trus bayar di kasir. harganya lumayan bersahabat. rasanya juga enak terutama sambal & ikan terinya enak banget.. cuma untuk dagingnya rada2 aroma india yang aku rada kurang suka. aku menduga nasi lemak ini ownernya india melayu gitudeh.  yang beli juga banyak orang india. pengen nambah banyak sayangnya takut endut haha.. akhirnya dibungkus aja buat besok sarapan hehehe…

kita pulang jalan kaki nggak gitu jauh sampailah di MRT little india, balik ke orchard.
paginya jam 7 pagi abis sarapan nasi lemak, kita udah menyeret2 koper ke stasiun MRT. sempet liat juga ada bus arah bandara changi di depan lucky plaza, tapi udahlah naik MRT aja. di changi kita nukerin tiket terusan transportasi, lumayan selama beberapa hari ini sisa 8 dollar dari 15 dollar yang kita isi. lumayan ngirit secara kita ngebolang kemana2 naik bus dan MRT.

demikianlah cerita singkat perjalanan ke Singapore yang mostly diisi dengan kuliner hahaha.. tapi surprise juga loh, berat badan malah turun 1kg, aku menduga karena jalan kaki berkilo-kilo setiap hari.

conference-nya sendiri gimana? baik2 aja hehehe…