Thursday 24 August 2017

jalan ke eropa

ceritanya abis lebaran kita ngebolang ke eropa. dulu aku dan mr.hubby pernah jalan juga ke eropa tapi bagian barat. kali ini nyangkut ke kota2 lain bareng berempat. enaknya anak2 udah pada gede, kelas 10 dan 12 esema, jadinya diajak ngebolang gaya bebas juga enak. kita memang pake koper dan nggak pake backpacker, tapi kategori kita jalan hemat baik budget maupun waktunya. koper kita juga kecil aja dan simpel, 3 biji buat berempat. sebetulnya kita pengen jalan-jalan rada lama, apadaya selma udah harus masuk sekolah buat mos.

dari sisi budget, untuk perjalanan 8 hari ini per orang sekitar 22juta udah termasuk tiket pesawat Jakarta-frankfurt, pesawat2 murah antar negara, kereta antar kota, bus, metro, trem, penginapan di seluruh kota, makan selama disana, oleh2 dll. tentunya jauh2 hari udah harus dibayar misal pesawat dan kereta antar kota. sedangkan penginapan kita pake booking.com, cari yang free cancellation dan dibayar di tempat. selama ini kita menggunakan hostel atau penginapan murmer sekamar berempat supaya mudah koordinasinya. cari penginapan harus yang dekat stasiun utama (main station) biar gampang transportnya. makan pagi cukup roti2an yang dibeli malam sebelumnya di mini market, makan siang barulah makan di tempat makan di antara perjalanan dari spot ke spot wisata. makan malam di dekat stasiun di arah pulang ke penginapan.

so far termahal justru di swiss waktu naik ke mt.titlis (naik kereta gantung, kereta totair dan ice flyer) karena tiketnya mencapai 5 juta buat berempat. itupun selma udah didiskon karena umurnya 15 tahun. bener2 menguras. tapi udah jauh2 ke mt.titlis masa nggak sampai ke puncak lihat salju. belum tentu seumur2 bisa kesana lagi kan.
trus harga kereta antar kota, yaitu zurich-luzern-engelberg yang habisnya 2,5jutaan berempat, dan engelberg-luzern-basel-frankfurt yang habis 6,5jutaan berempat. pesawat antar negara pake yang murmer kayak ryan air, vueling (via british airways dan Iberia) rata-rata habisnya 700rb per orang. penginapan rata-rata 1juta per malam berempat. tapi yang bikin banyak banget habisnya memang di swiss karena segala macemnya mahal, penginapannya juga gada yang murah mencapai 3juta semalam huaaaa...  

oya berhubung kita pergi berempat, maka kita cukup sering naik taksi dari bandara ke penginapan karena kalo dihitung2 hampir sama dengan naik kereta juga yang harus beli 4 tiket. nah barulah di dalam kotanya kita jalan pake bus, metro, trem, jalan kaki.
and here we go.. perjalanan kita dari kota ke kota selama 8 hari kemarin di halaman berikutnya J


No comments:

Post a Comment