Thursday 24 August 2017

jalan ke eropa : jakarta - bangkok - frankfurt

cerita perjalanan kita ngebolang di eropa dimulai dari sini...
Day 1 : Jakarta – Bangkok
perjalanan kita dimulai dari Jakarta ke Bangkok. kebetulan kita dapat tiket murmer thai airways. untuk informasi aja, biasanya tiap tahun maskapai2 bergantian memberikan promo, jadi rajin2 aja browsing mana yang lagi ada promo. tahun sebelumnya kita dapat Turkish airlines Jakarta London via Istanbul yang murmer.

berhubung naik Thai, maka kita musti transit di Bangkok. transitnya lumayan banget lamanya yang menyebabkan harus nginep sehari, karena kita sampai Bangkok jam 4 sore sedangkan penerbangan ke Frankfurt jam 2 siang. karena kebetulan anak2 belum pernah main ke Bangkok, jadilah kita sekalian aja jalan disana. kita nginap di d’arom hostel di kawasan wat pho. hotelnya sederhana aja, kita pesan sekamar berdua masing2 400ribuan sekamar.
bandara suvarnabhumi masih seperti 2 tahun lalu aku ke Bangkok dalam rangka training. semuanya jelas arah2nya. kelar imigrasi kita langsung turun ke arah tempat menunggu taksi, ambil nomor antrian dari mesin dan langsung keluar nomor taksi berapa. dari situ kita mencari nomor taksi tersebut. beres deh langsung meluncur. Bangkok lumayan macet dan semrawut kayak Jakarta. sampai di hotel sekitar jam 6 sore, taruh koper mandi-mandi dan langsung jalan. kitapun jalan ke arah penyebarangan perahu ke wat arun. kita naik perahu sebentar aja udah sampe di pinggir pintu masuk wat arun, semacam kuil. berhubung udah malam jadinya foto2nya gelap deh, dan kebetulan juga sebagian sedang dipugar.

kelar dari wat arun kita balik naik perahu lagi, kembali ke seberang. kita jalan-jalan aja di seputar wat pho dan pasar tradisional di sekitarnya, makan malam di penginapan yang kebetulan memang tempat makan juga. trus mampir beli roti2an buat sarapan trus balik ke hotel dan istirahat.

paginya jam 7 kita udah siap jalan-jalan lagi. Kali ini kita naik tuktuk yang dikemudikan mbak-mbak thai (surprise supirnya cewe lho), muat berempat biarpun empet2an. kita keliling ke grand palace, menyusuri jalan2 di sekitar wat pho dan grand palace mumpung belum macet.

konon Bangkok ini macetnya udah Jakarta banget. jam 8.30 wat pho dibuka dan kitapun masuk, bayar tiket dan liat-liat di dalamnya, di tempatnya patung Budha yang gede banget dari emas. masih sepi jadinya enak.

setelah liat-liat wat pho, kita jalan-jalan lagi di seputaran grand palace menuju hotel.  jam 11an beberes bawaan di koper dan langsung cus menuju bandara. rada kuatir juga sama traffic-nya Bangkok karena bandaranya sekitar sejam lebih dari kota.  untungnya lancar dan waktunya pas banget sampai bandara.

Day 2 : Bangkok - Frankfurt
kita berangkat ke Frankfurt sekitar jam 2 siang dengan thai airways. penerbangan memerlukan waktu sekitar 11 jam lebih. cuaca lumayan baik. tiba di Frankfurt international airport jam 7 malam. Antrian paspor lumayan panjang tapi berjalan lancar. Setelah koper2 selesai, kitapun keluar dan terpaksa harus pakai taksi ke bandara untuk budget airlines karena besok pagi2 banget sudah harus terbang ke roma. jadi Frankfurt ini cuma transit, nanti kita singgahi terakhir sebelum balik ke Jakarta. jarak dari bandara Frankfurt ke bandara Hahn ini jauh banget, perlu waktu 2 jam. tadinya mau naik bus tapi baru ada jam 11 malam, sedangkan sekarang baru jam 8 malam dan besok jam 5 udah harus siap di bandara.

kita bermalam di hotel BB airport Hahn. penginapannya persis di seberang bandara. ambil kamar dengan bunkbed berempat, harganya sekitar 900ribu. kamarnya kecil tapi cukup untuk keperluan semalam aja. pagi2 jam 5 kita udah siap untuk jalan kaki menyeberang ke bandara Hahn.

kita bersiap untuk perjalanan selanjutnya. semoga semuanya berjalan lancar sesuai rencana..