Friday 19 August 2016

perjalanan ke manchester dan edinburgh

hari ini gedubrakan. mungkin karena kecapekan sepanjang hari kemarin jalan kaki dan naik turun tube. kereta ke manchester udah dibeli online dapet yang termurah jam 9.30, jadi harus segera sampai ke stasiun euston jam 9an.
mandi buru2 dan sarapan sandwich buru2 juga. langsung check out dan titipin 3 koper di resepsionis, kudu bayar 2 pounds per koper untuk 2 hari penitipan. kita terpaksa lari2 ke victoria station. ternyata ini hari senin jadi crowded banget stasiunnya barengan orang berangkat kerja hiks. antri panjang masuk ke peron.. eh begitu masuk ke tube yang arah euston ternyata ada pengumuman bahwa semua tube suspended karena ada kecelakaan penumpang di king’s cross.  haduhh bisa2 nggak nyampe ke manchester dan edinburgh nih huaaaa.. padahal semua tiket udah dibeli online.
alhasil langsung lari2 keluar stasiun ngejar taksi. rada lama sampai akhirnya dapet taksi, agak ketahan macet dikit karena busy hours. rugi juga karena udah beli tiket tube ilang sekitar 17 pounds tapi ya sudahlah yang penting sampai di euston. lagi2 lari mengejar peron karena kereta udah mepet banget tinggal 5 menit berangkat, udah gitu gerbongnya dapet yang belakang jadi musti lari2 dari depan. huahhhh..
pas masuk gerbong dan dapet duduk pas keretanya langsung berangkat. ya ampunn hampir aja bablas ketinggalan, bisa rugi bandar tiket hangus semua. untung aja tepat banget, alhamdulillah..
perjalanan ke manchester makan waktu sekitar 2,5 jam. keretanya sih nyaman banget. sampe di manchester picadilly langsung nyari kereta ke arah Etihad Stadium, tempatnya manchester city. kebetulan si fikri pengemar berat mancity ini. ternyata sepi aja kereta ke arah stadium mancity. trus abis keliling bagian luarnya, nunggu bentar dan siap untuk stadium tour.
memang beda sih antara stadium tour chelsea dan mancity. kalo chelsea rame dan hangat gitu, sementara di mancity berasa megah tapi kosong. konon etihad keluar biaya besar untuk membangun stadium dan gedungnya. mewah sih, tapi hampa gitu hehe.. pemandunya juga garing, beda sama chelsea biarpun ibu2 pemandunya tapi rame dan hangat, pesertanya juga semangat dan rame. trus poto2 di chelsea juga lebih meriah gitu.

masih berasa kosong2 sih, mungkin karena baru2 aja menanjak naik ya. jadi kayak ruang ganti pemain dan ruang pajang kostum cuma ada 2 kostum, sementara kalo di chelsea penuh ruang kostumnya dari berbagai pemain ngetop di dunia. keliling stadium dengerin penjelasan rada ngantuk, beda sama pas di chelsea yang semangat.

akhirnya sekitar jam 3 sore kelar juga stadium tournya. foto2 deh. mau ke store-nya eh tutup karena renovasi. ya udah jalan kaki trus balik naik kereta ke stasiun manchester picadilly. dari picadilly kita udah punya tiket ke edinburgh waverly sekitar total 4 jam, tapi baru berangkat jam 4.30. masih punya banyak waktu di stasiun picadilly, jadi kita beli makan siang dulu sambil duduk2 makan di kursi2 tunggu stasiun.
sempet bingung jari kereta yang arah preston, tapi akhirnya ketemu. nunggu lumayan lama di peron, sampe akhirnya kereta datang. Untung banget dapet duduk karena abis itu penuh banget penumpangnya. di kereta disebutkan permintaan maaf karena harusnya gerbongnya ada 4 apa 5 gitu, tapi cuma ada 2 makanya umpel2an banyak yang berdiri.
dari manchester picadilly ke preston lumayan sekitar 1,5 jam. abis itu turun dan nyari kereta virgin yang udah dipesan online ke edinburgh. nah barulah napas karena keretanya kali ini plong dan nyaman untuk perjalanan 4 jam. di stasiun tadi kita sempet beli makanan take away buat makan malam, dari counter chopstick yang isinya nasi pake ayam kungpao, harga sekitar 4,5 pounds tapi porsinya guede banget buat 2 orang. kita beli 2 paket buat take away. nah dalam perjalanan 4 jam itu kita makan yang udah dibeli tadi. udara sejak dari preston udah dingin banget, kita curiga gimana nanti di edinburgh yang makin ke utara ya hiks. salah kostum deh.
sampe di edinburgh waverly sekitar jam 8.30. gileee udaranya dingin banget menggigil. padahal musim panas. ngecek suhu di handphone waduhh ternyata malem 9 derajat doang di saat summer. salah kostum beneran. aku cuma pake celana jeans, kaos dan jaket jeans. Selma udah gemetaran kedinginan.
keluar dari stasiun kita mengikuti petunjuk google map, nyari penginapan kita yang namanya smartcity hostel, semi dormitory gitu. itu termurah di old town. sempet kesasar sampe akhirnya nyampe juga, tempatnya di Backfriars street. kamarnya terdiri dari 2 bunkbed (ranjang susun) isi 4 dan kamar mandi dalam.
berhubung super kedinginan, setelah check in kita berdua keluar lagi buat nyari baju hangat daripada beku, sedangkan fikri n selma meringkuk di kamar. jam 10 malam tapi masih terang benderang dan toko2 beberapa masih buka. akhirnya dapat jaket hoodies abu2 dan ungu bertuliskan edinburgh univ masing-masing buat fikri dan selma, sama 1 syal tebel buat aku. pengennya sih jaket tapi bisalah aku bertahan kedinginan cukup dengan syal aja biar irit hihi..
kita juga jalan nyari sainbury lagi2, beli makanan dan minum. kali ini berhubung nggak ada microwave terpaksa beli roti2an aja dan beli ginger ale minuman buat penghangat. abis mandi air panas dan makan roti akhirnya jam 11 hampir 12 kita terkapar tidur.

Edinburgh All Day
Edinburgh ini cantik sekali. nggak terlalu rame dan suasananya kayak kota pelajar dan budaya. dimana2 bangunan kuno, berundak2 jalannya. susah gambarinnya tapi yang jelas cantik gitu aja.
pagi hari bangun jam 8 karena kecapekan, mandi trus sarapan roti. abis itu mulai jalan. semuanya walking distance dan kebetulan hotelnya deket banget stasiun dan dikelilingi seluruh spot wisata.
pertamanya kita jalan ke edinburgh university. udara dingin menggigt tapi matahari bersinar, jadinya aneh deh. di seberang edinburgh university ada museum pathology. foto2 deh disana, mengingat Fikri pengen banget kuliah kedokteran, tapi di indonesia aja sih hehe..
abis itu kita jalan lagi ke arah St.Giles Cathedral, lumayan jauh juga dari edinburgh university, tapi sebetulnya malah deket ke penginapan. di dekat St.Giles ada patung Adam Smith, mbahnya ilmu ekonomi. Mr.hubby bahagia banget sebagai manusia lulusan FEUI hehe.

trus masuk ke St.Giles buat liat2, foto2 di depannya trus masuk liat2 sebentar. pas keluar kita liat ada pemain musik tiup skotland, foto2 lagi hehe..

trus lanjut jalan lagi, kali ini ke arah Edinburgh Castle. wuahh rame banget, dan tiket masuk castle-nya mahal euy. akhirnya kita foto2 aja.
jalan turun ke arah museum gallery, di jalan nemu kaca pantul lupa namanya, bisa buat selfian. dengan noraknya kita poto2 selfi pake kaca pantul hehe..

abis dari gallery lanjut jalan ke scott monument, ada tamannya juga buat duduk2. tau2 udah menjelang jam 2.30 siang, kita nyeberang ke semacam mall kecil di samping stasiun. makan KFC yang murmer paketnya.
abis makan siang kita lanjut jalan ke istana Hollyroodpalace. bagus banget deh istananya. kita beli tiket masuk karena pengen tau isi istana kayak apa. dan beneran bagus lho. lumayan mahal juga tiketnya. kita dikasih semacam alat untuk mendengarkan penjelasan pas room tour. mulai dari taman, trus tangga besar, ruang makan istana, trus ruang lukisan-lukisan, morning drawing room, evening drawing room, kamar istirahat, kamar tunggu tamu-tamu istana, kamar pakaian, trus ruang khusus Queen Mary, naik lewat tangga putar samping ke ruang tidurnya, ke ruang menerima tamu dll. abis itu turun ke beberapa ruang, sampailah ke taman samping. lama juga di istana sekitar 2 jam lebih dan mau beranjak juga males. konon ratu Inggris dan keluarganya tiap ke skotland pasti tinggal disini.

foto2 di istana Hollyroodpalace ini juga bagus. suasana dan hawanya juga lagi enak. pokoknya nggak rugi beli tiketnya. kita duduk2 di taman samping dan taman depan istana. setelah itu keluar ke arah souvenir shops queen mary. beli oleh2 coklat buat temen2 kantor, temen sekolah fikri dan selma dan keluarga. trus menyeberang ke depannya ada gedung parlemen skotland.

udah menjelang jam 8.30 malam kita jalan ke arah stasiun warverley, melewat museum scotland. mampir liat2 ke toko2 suvenir yang cantik2 di sepanjang jalan. hawa dingin tapi nyaman. kali ini kita mampir makan di tempat makan thai karena pengen banget makan nasi dan nggak mungkin beli makanan yang bisa diangetin karena di kamar hostel nggak ada microwave. tapi kita tetep mampir ke sainsbury beli roti buat sarapan. sampe di hostel udah jam 10, mandi dan langsung tepar.
pokoknya seharian jalan kaki dari jam 8.30 sampe jam 10 gemporrr haha..

Edinburgh dan London
hari ini siang jam 1 kita balik ke London. jadi pagi abis mandi dan sarapan roti, kita melanjutkan jalan2 dulu seputar edinburgh. setelah kemarin puas di hollyroodpalace, kita jadi pengen beli tiket masuk ke edinburgh castle. tapi sayangnya begitu udah sampe sana, antriannya puanjang benerrr.. ternyata kebanyakan beli online dan musti antri panjang buat yang beli di tempat. ya sudahlah nggak jadi karena takut telat secara jam 11 udah harus check out dan ke stasiun. udah gitu pikir2 kalo kastil kan kayak benteng pertahanan buat perang, jadi ya pasti nggak seindah istana.
trus kita jalan lagi ke arah museum gallery. kali ini lewat jalan menurun yang dihiasi bangunan2 cantik ala skotland. berhubung kemarin belum sempet masuk gallery, kali ini kita masuk.. dan pastinya karena free entrance alias gratis hehe.. lihat-lihat lukisan berbagai gaya dan aliran di dalamnya.

abis itu jalan lagi menyusuri taman deket scott monument. jalannya cantik banget naik turun dengan bangunan2 antik di kiri kanan jalan.

udah hampir jam 11 kita segera balik ke hotel buat ambil ransel, trus check out. Abis itu jalan ke stasiun, trus makan siang dulu sambil istirahat menunggu kereta jam 1.
jam 1 kereta membawa kita kembali ke london. keretanya nyaman banget untuk perjalanan sekitar 5,5 jam. sekitar jam 7 kita tiba dan selma pengen ke king’s cross beli sesuatu di harry potter store. ya sudahlah kita mampir kesana.
abis itu naik tube balik ke victoria. check in lagi ke ebury house, dapet kamar di bawah tanah, rada kurang nyaman sih tapi gagapalah cuma semalem ini, besok pagi2 udah harus cabut ke bandara gatwick.
kelar check ini, taruh koper, mandi2, kita keluar lagi buat ke sainbury (lagiiiii) buat beli makanan yang bisa diangetin buat malem sama sarapan, sama cari beberapa titipan barang dari temen. kita sempet poto2 di depan jalanan ebury di hotel yang nyaman. balik ke hotel, masih harus packing lengkap karena besok pagi cabut dari UK.

untuk terakhir kalinya kita poto2 dulu di jalanan depan hotel..

Gatwick and goodbye UK
pagi jam 7.30 abis mandi dan sarapan, kita check out menyeret koper ke stasiun victoria, nyari kereta gatwick express. sempet nyasar ke gerbong ekskekutif, tapi trus nemu gerbong kita. duduk manis 30 menit sampai ke gatwick airport.
ternyata di gatwick pemeriksaan bagasi lumayan ketat juga. botol2 kosmetik musti dikeluarin, dan untungnya botol2ku ukurannya kemasan kecil paling masing2 30ml, terdiri dari botol cleanser, sabun muka dan sunblok kecil2 ditaruh di kantong plastik. nah fikri kegedean tube gel rambutnya, akhirnya diambil dan dibuang sama petugas deh. abis itu botol2 itu dicek satu-satu pake kayak sinar gitu, tapi untungnya aman. mr. hubby juga sempet ketahan karena lupa ngeluarin tablet pc dari ransel. tapi untungnya aman semua.
alhamdulillah perjalanan di UK sesuai dengan jadwal dan itinerary yang telah disusun. kondisi keamanan dan cuaca juga kondusif. sempat harap2 cemas karena pernah bikin itinerary detil waktu ke eropa tapi jadi berantakan gara2 ransel dicolong orang, paspor mr.hubby ilang dan ilang juga juga duit karena terlewat semua jadwal yang udah kadung tiketnya dibeli online.
kita menunggu pesawat yang akan membawa kita ke istanbul..