Friday 19 August 2016

perjalanan ke istanbul

kita melanjutkan perjalanan ke istanbul sebelum pulang ke jakarta karena naik turkish air yang transit di Istanbul. mumpung transit, dari awal rencana perjalanan kita bikin itinerary sekalian buat stay disana beberapa hari buat jalan2. sebetulnya ini perjalanan yang ragu2, bahkan kita sempet cari2 tiket pengganti untuk balik ke jakarta tanpa lewat istanbul karena ada tragedi bom di bandara bulan lalu. apa daya tiket semuanya mahal gila2an, sedangkan tiket kita kan udah dibeli sejak tahun lalu pas mumer banget, trus 4 penumpang lagi, jadi kebayang kalo musti beli lagi berapa biaya biayanya dan gada duit.
pesawat turkish airlines dari london ke arah turki penuh banget, penuh dengan bayi dan anak2. kepalaku langsung mau pecah rasanya hehe. maklum fikri selma kan udah pada remaja, jadi udah gak berisik dan mereka mandiri banget. sedangkan balita2 ini ribut banget, apalagi yang emak2nya berkulit hitam berbadan gede2 berjubah berkerudung hitam2, mereka ini emak2 yang galak2 gahar plus kasar, nggak manner sama sekali, anak2nya juga masih kecil2 bandelnya minta ampun. haduh males banget dah.
alhasil 3,5 jam perjalanan rasanya tersiksa banget. pramugari2nya juga udah kecut aja ngadepin emak2 dengan anak2nya itu. bener2 rame banget, loncat2 di sepanjang lorong pesawat dengan emak2nya yang marah2, mainan dan makanan dilempar2 trus berantakan kotor jadinya. antri di toilet juga main serobot aja bikin kesel.
tapi akhirnya sampe juga ke istanbul. akhirnya bisa bernapas legaaaa..
antrian imigrasi di bandara ataturk adalah antrian terpanjang sepanjang aku traveling kemana2, tapi konon lebih panjang imigrasi haji di jeddah sih *sambil latihan kesabaran persiapan kesana, udah daftar dan dalam proses antrian kuota*
antriannya memakan waktu 2,5 hampir 3 jam, mulai dari jam 4.30 sampai jam 7 malam lewat banyak. mungkin kalo antrian imigrasi haji kan semuanya berlapang dada untuk bersabar karena ibadah, nah kalo ini kan mau berkunjung ke istanbul karena berbagai urusan termasuk piknik, jadinya semua yang antri ngomel2. konon panjangnya antrian imigrasi ini terjadi sejak adanya bom di bandara.
kelar imigrasi masih diuji kesabarannya dengan urusan koper 3 biji yang jadi bagasi. Sejak awal aku udah diwanti2 bahwa baggage handling di turkish airlines itu gak bagus, jadi aku udah rada deg2an. dan bener aja gara2 imigrasi yang hampir 3 jam itu maka belt bagasi udah acak adut nggak jelas ada di nomor belt berapa. banyak koper berserakan dan berjejeran di lantai gara2 kesenjangan waktu antara penumpang kelar urusan imigrasi dengan kedatangan si koper2 bagasi.
tanya sana sini gak jelas, tanya ke counter turkish airlines diputer2 katanya di belt berapa trus dicari kesana gada barangnya. menelusuri satu belt ke belt yang lain sambil kesel dan cape setelah berjam2 antri imigrasi. balik lagi aku udah marah2 ke counternya, aku bilang parah banget sih katanya salah satu bandara terbaik di eropa tapi penanganannya jelek benerrr.. trus dikasitau di belt 4 or berapalah lupa.
sambil kesel banget kita balik ke belt itu. aku udah mikir aja, ini kalo 3 biji koper ilang kita musti keluar uang buat beli pakaian berempat. sebetulnya isinya cuma pakaian doang sih untuk berempat, dimana 1 kopernya itu pakaian kotor dari traveling di UK dan 1 koper lainnya isinya oleh2. tapi kalo ilang ya dongkol banget karena musti keluar duit buat beli baju berempat selama disini.
tapi alhamdulillah akhirnya ketemu juga 3 biji koper kecil kita di pojokan terdampar bersama sejumlah koper orang2 yang juga pasti bernasib sama karena antrian imigrasi. aku jadi paham kenapa tadi pesawat ada beberapa penumpang yang nekat masukin koper segede gaban ke kabin padahal harusnya bisa masuk bagasi, ternyata mungkin dia udah experienced ngalamin urusan antrian imigrasi dan baggage handling yang jelek disini. makanya aku tulis disini sebagai informasi, kecuali kalo perginya udah diurusin agen tour pastilah bagasi aman terkendali.
kelar urusan bagasi kita ke toilet dulu trus abis itu nyari taksi. urusan taksi sih tertib antrian, jadi kita ikutin aja petunjuk di bandara tempat cari taksinya dimana, trus keluar dan antri. dapet taksi dan kita meluncur ke hotel yang namanya modern sultan hotel di daerah antara sultanahmet dan guhlane.
kira2 perjalanan hampir sejam akhirnya kita sampe juga. hotelnya kayak hotel keluarga gitu, dengan pegawainya yang ramah banget, kayaknya itu masih kerabat pemiliknya deh, namanya dekir, masih umur 20an gitu, putih dan cakep. kita pesen kamar isi 4 bed. si mas dekir itu kasih peta dan nerangin spot2 yang harus dikunjungi. aku memang pesen penginapan yang deket dan walking distance.
malam ini mengingat udah jam 9 malem, dia menyarankan untuk jalan2 di sekitar sultanahmed deket sini sambil makan malam, nah abis itu istirahat. di istanbul juga karena musim panas, jam 9 masi terang benderang banget kayak jam 4 di jakarta. kebayang deh kemarin bulan puasa maghribnya jam 10 kali ya.
abis naruh koper dan ganti baju, kitapun jalan keluar gang hotel, nggak jauh langsung jalan gede ke arah hagia sophia dan blue mosque. kita mampir makan di resto bodrum karena perut udah setengah mati kelaperan. bayangin belum makan sama sekali sejak dari pesawat pagi tadi dan sekarang udah jam 9 menjelang 10 malem, antri berjam2 imigrasi plus urusan bagasi dan perjalanan dari bandara.
bodrum ini makanannya recommended banget *apa karena kita laper berat yah*. rasanya enak banget tapi ternyata lumayan mahal. tapi gapapa deh itung2 menggabungkan makan siang dan makan malem karena belum makan sejak siang hehe. jadi waktu itu kita pesan kebab mulai dari chicken, beef, kambing dan sayuran semacam terong gitu campur paprika tomat yang enak banget. di tiap kebabnya dikasi nasi gurih, kentang pure plus adonan bungkus kebab itu sendiri. jadi berasa banget kenyangnya. minumnya pesen teh mint dan teh asli turki. semuanya enak.

kita jalan2 santai di semacam alun2 di depan hagia sophia dan blue mosque sebelum akhirnya balik ke hotel sekitar jam 10.30, mandi2 dan tidur.
Istanbul All Day vs percobaan kudeta
di saat tidur malem itu pules banget karena kecapekan. tapi tiba2 entah mungkin jam 12 or jam 1 malem gitu aku terbangun karena suara-suara desing pesawat jet or semacamnya plus sirine di langit. antara sadar dan nggak sadar karena di negeri orang kupikir mungkin memang biasa begitu. jadilah lanjut tidur lagi setelah suara2 itu menghilang.
paginya barulah heboh. buka fb dan internet dan ternyata.. ada percobaan kudeta di turki. whattt??? sempet baca juga katanya ratusan penumpang terjebak di bandara semalem karena percobaan kudeta itu. dan yang bunyi2 desing pesawat jet dan sirine itu adalah jet tempur terkait percobaan presiden.
waduh gimana nih, kita masih 3 hari lagi disini. coba telp dan browsing barangkali ada tiket bisa dipercepat tapi ternyata penuh semua dan mahal banget kalo mau ganti airlines musti muter2 dulu via KL or spore dan harganya gak masuk akal.
udah pasrah ajalah. dijalani aja karena udah gada alternatif lain.
paginya kita sarapan di hotel trus ngobrol sama dekir dan ada satu lagi lupa namanya siapa rada gendut gitu. katanya sih kondisi terjaga kok, sempet ada percobaan kudeta dari militer tapi gagal. rakyat nggak suka kalo militer berkuasa, dan semua rakyat mendukung presiden. katanya udah ketangkap pelakunya justru di level biasa aja dari militer.
mereka menyarankan kita kalo mau jalan2 gapapa tapi jangan jauh2 dan jam 7 malam udah harus balik hotel karena jam segitu rakyat disuruh keluar dan berkumpul untuk menunjukkan dukungan kepada presiden.
kitapun melanjutkan rencana jalan2 hari ini. semua jalan kaki karena lokasi berdekatan.
pertamanya ke Hagia Sophia dulu. ini adalah bangunan semacam masjid tapi bukan masjid juga sih, mungkin tepatnya museum. konon dulu adalah katedral ortodoks trus diubah jadi katedral katolik roma di jaman konstatinopel, yang trus jadi masjid di jaman kesultanan Utsmani. abis itu dijadikan museum. jadinya labil deh gonta ganti mulu fungsinya hehe.
di tengah bangunan ini ada aula besar dengan tulisan besar Allah dan Muhammad, jadi mungkin lebih tepat semacam masjid yang tidak lagi difungsikan, dan pas kita datang di bagian tengahnya itu lagi direnovasi. ada jalan2 lorong menuju ke atas gedung dan semuanya berpusat ke tengah aula itu. kita nggak pake guide karena gada duit. itupun masuk ke Hagia Sophia ini mahal bo, satu orangnya 40 TL atau sekitar 200 ribu, dikali empat orang. mau sewa audio guide juga mahal. ya sudahlah.

cuaca panas terik di istanbul karena musim panas. mataharinya terang dan silau banget. kelar keliling hagia sophia kita lanjut ke seberangnya, yaitu Blue Mosque yang dikelilingi taman yang luas. pada saat masuk kita harus pake kerudung dan disediakan tempat menyewa. Blue Mosque ini interiornya berwarna biru, dibangun di jaman Sultan Ahmed I dan konon dimakamkan juga di halaman masjid.

kelar dari Blue Mosque kita lanjut jalan ke Basilica Cistern alias Yerebatan Sarnici yang nggak jauh dari Blue Mosque. di sini musti bayar juga kayaknya sekitar 20 TL. tapi nggak kecewa masuk sini karena bagus dan adem.
jadi ini adalah semacam taman air yang menyimpan persediaan air di bawah tanah yang luas dengan pilar2 dan kolam yang dibangun di abad 6 oleh kaisar Justinianus di zaman Byzantium.  pilarnya sekitar 300an buah dengan di antaranya ada pilar dengan kepala patung medusa alias wanita berambut ular, ada yang menghadap ke bawah dan ada yang ke samping.. kebayang dulu gimana ya cara ngebangunnya, peradaban di sini pastilah sangat tinggi di jaman itu.

sempet poto2 tapi berhubung di bawah tanah kalo poto2 rada kurang jelas, maklum bukan potograper hehe. sempet ngadem di dalam agak lama berhubung di luar luar biasa terik dan panas.

abis dari Basilica Cistern kita istirahat dulu makan siang karena udah jam 2 lewat. kali ini kita beli makan di tempat makan kayak warung padang itu, tapinya makanan turki hehe. sayangnya kurang maknyus kayak bodrum kemarin. matahari makin tinggi dan kita udah mau pingsan saking terik dan panasnya. kita putusin istirahat dulu di hotel nunggu matahari rada redup buat jalan lagi.
sekitar jam 5 sore kita keluar lagi, kali ini ke arah Topkapi Palace atau istana Topkapi. masuknya juga mahal. kayaknya semua spot di sini mahal deh hiks. disini kita jalan2 di taman yang luas, trus sampai ke gerbang utama Topkapi buat foto2. di istana yang udah jadi museum ini tersimpan benda2 bersejarah dan konon ada peninggalan nabi Muhammad disitu seperti jubah dan pedangnya. dulunya adalah istana tempat tinggal kesultanan Ottoman selama 400 tahun lebih.

setelah berkeliling, kita lanjut duduk2 dan liat2 toko suvenir. keluar dari topkapi udah menjelang jam 7 malam dan mulai terlihat rombongan orang2 turki naik motor, mobil dan rame2 jalan kaki bawa2 bendera turki merah2. waduhh ini dia rakyat yang mau berkumpul menyatakan dukungannya ke presiden Erdogan.  jadi inget pesen dari orang hotel untuk segera balik kalo udah jam 7 malem. Ya sudah kitapun langsung menuju arah hotel, mampir beli makan malam yang di-take away.
sampe hotel mandi2 dan nonton tipi lokal yang rame memberitakan tentang kudeta, ramenya rakyat berkumpul, trus pidato2 presiden Erdogan di tengah2 kerumunan rakyat di malam ini. di internet juga berseliweran berita tentang kudeta, tuduhan terhadap Gulen, dan mulai deh berita2 aneh dari internet di Indonesia, ada yang mengelu2kan dan memuja Erdogan (Jonru dan pendukung khilafah membayangkan beliau yang bakal jadi sultan dari kekhilafahannya karena Erdogan ini islami banget *padahal Turki ini negara sekuler lhoo.. bingung kan), ada juga yang mengkritik abis Erdogan karena sekuler, diktator, kerjasama dengan Israel, NATO sehingga sangat tidak islam, nah lhoo jadi yang bener dia ini sekuler apa agamis kalo gini hihi..  trus yang katanya kondisi Istanbul mengerikan banget sampe banyak yang kasih travel warning.. hmm tapi kayaknya kita yang di Istanbul tenang2 aja dehhhh..