Friday 19 August 2016

perjalanan ke london


akhirnya.. setelah sekian kali ditunda selama setahun lebih dan maju mundur jadi berangkat apa enggak, akhirnya jadi juga perjalanan kita ke london-edinburgh-turki.

kita naik turkish airlines dan itu bener2 nggak yakin karena belum lama ini ada kejadian bom bunuh diri di bandara ataturk. sempet mau reschedule bahkan di-refund tapi setelah dihitung2 udahlah jalan aja, terlalu banyak yang udah dikeluarkan, terutama tiket stadium chelsea, manchester city dan harry potter, dan tiket2 kereta ke manchester dan edinburgh udah kadung dibeli via online dan nggak bisa di-refund. mau ganti airlines mahalnya gila2an. pas pake turkish airlines itu masih murah banget cuma sekitar 850 usd tahun lalu, walopun ada biaya tambahan karena rescheduled beberapa kali.

Jadi, ini adalah itinerary kita selama di london dan edinburgh.

London : Victoria, Chelsea, Harry Potter studio

tiba di london jam 9.20an karena penerbangan sempet delay. turun dari pesawat trus antri imigrasi dan ambil koper, bebersih di toilet bandara, gosok gigi, bersihin badan pake washlap, ganti baju. yang keren toiletnya tuh di tiap biliknya ada wastafelnya, udah gitu airnya panas. setelah kelar urusan ganti baju dll, langsung meluncur naik kereta gatwick express yang udah dibeli online. sampe di stasiun victoria langsung bingung karena google-map yang ngaco.

kita nginap di hotel ebury di ebury street, deket stasiun victoria. tanya sana sini, menyeret 3 koper kesana kemari ke arah yang berlawanan mana gerimis pula. akhirnya ditunjukin ibu2 yang baik arahnya.

hotel ebury ini kita pesan yang quadruple, yaitu sekamar buat 4 orang yang terdiri dari 1 tempat tidur queen (kecil banget tapinya), dan 1 tempat tidur tingkat. ada mini pantry dengan tempat cuci piring kecil, piring mangkuk gelas sendok dan pemanas air minum serta microwave kecil, yeayy.. kamar mandinya super mungil, sampe gerak aja susah bener. harga berempat sekitar 1,7jt per malam udah termasuk hemat untuk ukuran di tengah london di daerah victoria deket buckingham palace, di musim summer yang peak pula. bandingkan dengan dormitory mungkin harga sekitar 350rb per orang, dikali 4 orang berarti 1,4jt tapi kamar mandi di luar dan nggak ada peralatan masak di dalam kamar, nggak bisa bikin minum angetin makanan di microwave dll.

sampe di hotel udah mepet banget hampir jam 11.30. buru2 naruh koper belum bisa check in karena belum jam 2. langsung buru2 ke stasium chelsea. berhubung lagi musim panas, chelsea ini selalu full stadium tour-nya. tiket dapetnya jam 12.30, jadi harus ngebut. sempet mau naik tube yang jadi MRT-nya london, tapi waktunya mepet. akhirnya naik taksi, sekitar 13 pounds. sementara naik tube malah 17.90 pounds karena berempat.

tiba di chelsea mepet banget langsung stadium tour. ternyata stadiumnya nggak terlalu besar, tapi terkesan hangat dan akrab. keliling tribun, ruang konferensi pers, ruang ganti pemain, dan berbagai ruang lainnya. poto2 juga pastinya. kebetulan mr.hubby penggemar berat chelsea, jadi dia yang urus semuanya.



abis dari chelsea udah mepet banget juga waktunya harus segera check in keburu petugas hotelnya pulang, jadi naik taksi lagi. buru2 check in, taruh koper di kamar hotel, cuci muka bentar dan langsung bablas ke victoria coach nyari bus yang udah dipesan online untuk ke harry potter studio. haduhhh cape banget yah belum istirahat sejak dari turun pesawat. lumayan juga sekitar 1,5 jam perjalanan baru sampe.

ruame banget karena musim panas dan liburan. antri masuk, dan mulailah menjelajah ruang-ruang studio. pertamanya ada display gambar2 para pemain, trus masuk ke semacam bioskop diputarkan cuplikan film harry potter dan kesan2 dari para pemainnya, trus mulai jalan ke ruang makan besar yang biasa dipake buat murid2 hogwarts, ada tempat2 yang menggambarkan kelompok hufflepuff, slytherin, gryffindor dan ravenclaw. trus ke gerbang hogwart, kereta api hogwart, peron 9 ¾, diagon alley, beli butter beer yang enaakk banget (bukan bir tapi semacam minuman bergula pake mentega), rumah privet drive dll.






ternyata nggak sampe 1,5 jam udah kelar kelilingnya, nunggu bus baliknya lumayan lama. sampe victoria london udah jam 9.30 malem tapi masih terang benderang mataharinya karena musim panas. kita mampir beli makanan di sainsbury’s, semacam supermarket (kayak indomaret atau seven eleven tapi versi lengkap makanan hangat juga ada). belanjaan sekitar 17 pounds buat beli makanan yang bisa diangetin berempat untuk makan malam dan sarapan. sampe hotel beres2 mandi trus angetin beef burger dan nasi briyani, bikin teh panas, makan trus tidur pulessss...
London All Day
hari kedua diniatin buat keliling london full day. setelah mandi dan sarapan chicken sandwich yang diangetin dan teh panas, kita siap jalan kaki sepanjang hari. pertamanya jalan kaki menunju Buckingham Palace. lumayan juga jalannya, tapi hepi aja sih soalnya hawanya enak biarpun berangin. coba kalo jakarta, jalan sejauh itu puanass keringetan entah kayak apa. sampe sana jam 9.30, foto2 aja. pengen nungguin pergantian pasukan penjaga, tapi pikir2 males ah lagian rame banget dan masih lama.




alhasil kita melanjutkan perjalanan jalan kaki ke arah Westminster Abbey. Menyusuri jalanan yang sejuk, lumayan jauh juga memotong St.James’ Park. Westminster Abbey ini kalo nggak salah adalah semacam gereja tempat pernikahan keluarga kerajaan. rame seperti biasa, dan berhubung irit maka cukup di halaman dalam pagar nggak usah masuk gedung karena musti bayar hehe..

abis itu jalan ke Big Ben, jam yang jadi icon-nya London. menyeberang jembatan ke arah London Eye, balik lagi. jalan kaki lagi ke arah Tragalfar Square. jalannya lumayan jauh juga, sempet istirahat di bangku2 trotoar deket box telepon inggris yang merah2 itu.

cukup jauh jalan kaki sampai akhirnya tiba di Trafalgar Square. rame banget, nyeberang jalan foto2 trus nyeberang jalan lagi sampai ke National Gallery Museum. foto2 doang sambil istirahat soalnya gada duit buat bayar tiket masuk hihi..
jam udah menunjukkan pukul 14 dan kita laper banget. akhirnya masuk ke salah satu tempat makan, pesen fish and chips dan pizza sama teh panas. suasana rada gloomy mendung dan tiba-tiba hujan. jadilah kita istirahat dulu.
setelah rada reda, kita lanjut jalan lagi kali ini naik tube ke Tower Bridge. ini pertama kalinya kita naik tube. jadi kita masuk ke stasiun, liat peta kemana arah stasiun tujuan kita, cari line tube yang sesuai, trus cari mesin buat beli karcis tube. ada mesin yang bisa kasih kembalian, ada yang harus tepat jumlah pembayarannya, ada yang nerima kombinasi koin dan kertas, ada juga yang cuma koin dll, ada juga mesin yang cuma bisa beli pake kartu. jadi pilihlah mesin yang paling sesuai dengan kondisi kita. karcis didapat trus kita masuk ke peron dan nunggu tube datang. naik tube ini sebetulnya tergolong mahal, rata2 seorang 4 pounds atau sekitar 80rb kalo ketengan gini, bisa lebih mahal kalo jauh. kalau mau hemat bisa beli yang paket harian atau berapa hari. tapi berhubung kita cuma pergi ke 1-2 tempat ya udah beli ketengan aja.
masih hujan gerimis sampai sana. foto2nya jadi kurang bagus soalnya berkabut gitu jembatannya. trus nggak seindah gambaran di foto2 deh, besi2 jembatannya warna kebiruan gitu, kayaknya sih bagusnya malem kalo mau kesana. 



setelah sempet istirahat lagi karena hujan. abis itu lanjut jalan ke stasiun tube naik tube ke Bakers Street, rencananya mau ke tempatnya Sherlock Holmes.
sempet kesasar tube karena kebalik ambil arah peronnya hehe.. akhirnya nyeberang balik, naik lagi tube ke arah bakers street. Setelah turun bakers street, tanya2 petugas sekuriti dan ditunjukin arah museum Sherlock Holmes, nggak terlalu jauh dari stasiun, keluar belok kiri trus jalan menyusuri trotoar sekitar 300m sampailah menyeberang jalan.
dari dulu aku suka banget Sherlock Holmes tulisannya Sir Arthur Conan Doyle, selain Harry Potter dan buku2nya Enid Blyton. Bisa dibilang masa kecil dan remajaku diasuh oleh buku2nya Enid Blyton dan Sir Arthur Conan Doyle ini. masuk museumnya lumayan mahal, 200 ribu per orang tapi gagapalah demiiiii.. jadi semacam bangunan bertingkat 4 apa 5 kalo nggak salah, pas naik di lantai pertama itu ruang prakteknya Sherlock Holmes persis yang kayak di buku. bangunannya sih kecil aja tapi tinggi gitu, merupakan salah satu bangunan dari bangunan yang berderet2. trus ada semacam kurungan tempat menahan orang, ada juga patung2 tokohnya. di samping museum ada toko souvenirnya. pengen beli sesuatu tapi sayang ah udah bayar buat masuk museum, akhirnya cuma ambil kartu nama gratisannya Sherlock Holmes hehe..



kelar dari Sherlock Holmes kita balik ke stasiun tube naik tube menuju King’s Cross. pengen lihat peron 9 ¾ yang sebenarnya, sama lihat2 toko harry potter. jadi dari stasiun masih menyeberang dulu dari st.pancras, barulah ketemu peron 9 ¾ ini.  dan ternyata ampun deh antrinya foto dorong kereta di peron. untung aja udah foto2 dorong kereta di peron pas di harry potter studio.
keliling london dari pagi jam 8.30 sampe akhirnya kelar di king’s cross udah hampir jam 9 malem. akhirnya terseok2 balik ke stasiun nyari tube ke arah victoria. lagi2 mampir di sainsbury buat beli makanan buat makan malem dan sarapan, habis sekitar 20 pounds buat berempat sekaligus beli tissue, semacam hansaplast buat kaki lecet & beberapa perlengkapan.
sampe di ebury house langsung tepar. mandi2, bikin makan malam dan minum, masih harus packing dulu karena besok check out mau ke manchester dan edinburgh. kita hanya menyisakan beberapa potong baju di ransel masing-masing dan tas kecilku untuk dibawa ke edinburgh, sisanya 3 koper dititipin di hotel.
kelar packing, kita istirahat tidur dulu ngumpulin tenaga buat perjalanan esok.



No comments:

Post a Comment