Monday 5 January 2015

jalan ke sumatera barat..

mengunjungi padang, bukittinggi dan sekitarnya di sumbar di akhir tahun 2014.

kali ini kita sengaja pake jasa tur lokal. bukan apa2, karena mertua ikutan dan sudah berumur, jadi harus memikirkan kenyamanan mereka juga. aku dulu banget pernah ke padang dalam rangka urusan kantor, tapi tentunya nggak jalan2 sampe jauh ke bukittinggi dll. makanya kali ini pengen eksplore kayak apa.

sempet rada ngeper juga gara2 musibah airasia karena awan cumulonimbus. duhh padahal aku tuh penakut banget naik pesawat, biarpun pekerjaanku lumayan sering membuatku pergi2 antar kota antar pulau. apalagi perjalanan ke padang ini pakai lion air, maklum perjalanan piknik keluarga, total 6 orang, bangkrut juga kalo naik garuda.

dengan kondisi cuaca akhir desember-awal januari yang selalu hujan, angin, ombak, awan tebal dll maka disimpulkan bahwa lebih baik kalo akhir tahun jalan2nya pake mobil aja deh, misal keliling pulau jawa.

kembali ke padang. begitu sampai di bandara minangkabau udah jam 2 lewat, abis sholat di bandara langsung lanjut perjalanan ke bukittinggi. sebelumnya mampir makan dulu di rumah makan lamun ombak. begitu sampe langsung disuguhi seabrek masakan padang yang berdaging dan ber-ayam dan ber-santan. yapp.. wisata kulinerpun dimulai..

ke arah bukit tinggi melewati lembah anai dan air terjun sepanjang masa. perjalanan dipenuhi dengan pemandangan hijau dan lebatnya hutan gunung dan jalan berkelok2. beda banget sama pulau jawa deh. masih banyak monyet kecil berkeliaran di tepi hutan. abis itu ke minangkabau village, semacam pusat dokumentasi dan informasi budaya minang, yang sayangnya karena udah sore jadi udah tutup. tapi bisa poto2 di situ.




abis dari situ sempet mampir ke pandesikek, tempat perajin kain, sulaman dan bordir. aku beliin kain buat ibuku. ibu mertua beli beberapa. aku sendiri nggak gitu suka dengan sulam2 dan bordir. entah kenapa, jiwaku memang kurang ibuk2 kayaknya hihi.. pakaianku rata2 ya celana jeans, rok jeans, kaos2 yang nyaman, kardigan. sama baju kerja di kantor tentunya hehe..

lalu sampailah ke bukittinggi. karena udah maghrib akhirnya mampir ke rumah makan buat sholat dan makan malam sekalian. menu tetap dengan masakan padang. abis itu check in ke hotel grand malindo bukittinggi. hotel bintang 2 sajah, tapi pas di tengah kota bukittinggi, tinggal jalan kaki ke jam gadang.

esok paginya mulailah jalan ke desa embun pagi yang sejuk dengan pemandangan indah tebing lembah, minum bandrek sambil liat pemandangan. trus lanjut ke danau maninjau melewati kelok 44. sayangnya hujan deras berkabut tebal, jadi nggak keliatan danaunya dari atas. kelok 44 memang ternyata ada 44 kelokan, dimana kelokannya tajem2 banget dan curam. mobil harus hati2 banget. udah gitu banyak truk2 yang lewat, ngos2an tapi nekat ngebut gitu lewatnya karena curam. truk2 itu banyak yang mengangkut ikan. konon sedang gencar2nya budidaya ikan di danau maninjau dan harus diangkut secepatnya supaya terjaga tetap segar sampai tujuan misal ke pekanbaru dll. karena diburu waktu supaya ikannya tetap segar, maka supir2 truknya gila2an ngebut padahal tanjakan curam dll.

akhirnya turun terus sampai habis kelok 44 dan sampailah di danau. danaunya guede banget tapi ya gitu deh, kalo kegedean danau malah gak bagus buat dipoto hehe.. udah gitu banyak kayak keramba2 ikan gitu jadinya nggak bagus, dan seperti biasa sampah hiks. duhh kenapa sih kesadaran masyarakat tentang kebersihan kurang banget huhu..

kita lanjut ke atas lagi balik ke bukittinggi. poto2 dulu di jam gadang. ruame bangett. dan ternyata jam gadang tuh nggak gede2 amat yah. abis itu kita masuk ke pasar nyari nasi kapau uni lis yang konon sering dikunjungi pejabat2. masuk2 pasarnya lumayan ke dalam, udah gitu gerimis jadinya becek bangett.

nasi kapaunya berderet2 tapi yang ngetop ya uni lis ini. lauk2 memenuhi baskom2 besar mengelilingi penjualnya. si penjual menggunakan sendok kayu panjang banget buat menjangkau lauk2 ini. wuahh porsinya nggak kira2 euy, sedangkan aku biasanya makan seuprit. akhirnya pesen nasi 1/4 sama ayam rendang dan sayur. memang enak rasanya. rancakbana hehe..


kita balik hotel dulu buat sholat dan ambil napas bentar. lalu lanjut ke ngarai sianok dan great wall yang deket banget ternyata dari hotel. great wall ini berbentuk tangga dengan tembok jalan menanjak jauh tinggi ngos2an, dinamai janjang koto gadang. gilee jauh dan tinggi menanjak banget anak tangganya. udah gitu kiri kanan banyak uletnya huhu.. jalannya sih ok aja maklum udah sering naik turun bukit, tapi uletnya itu seremm.. konon pahlawan agus salim tiap hari kalo sekolah kudu mendaki bukit ini, mana waktu itu belum dibikin anak tangga, jadi kebayang kayak apa.



abis itu kita lanjut jalan kaki ke lobang jepang. ini semacam gua yang dibuat di jaman jepang, yang ngerjain semuanya tenaga kerja di luar orang minang karena kuatir dibocorkan infonya. panjang juga guanya, ada banyak ruang-ruang seperti ruang amunisi, ruang penjara dll. trus ada ruangan bertulis dapur tapi konon disitulah tempat kalo ada tahanan yang meninggal dijebloskan dilempar ke semacam pintu di ujung ruang yang di baliknya adalah jurang hiiii...

keluar dari gua ini musti nanjak tangga yang tinggi banget dan jauuuh huhu.. ngos2an untuk yang kesekian kalinya. abis dari lobang jepang ini lantas jalan dan sampailah ke taman yang ada pemandangan gunung marapi dengan lembah dan ngarai di belakangnya. hayuk mari poto2 lagiii...


kelar dari situ lalu balik ke hotel. ada acara old and new ceritanya karena malam pergantian tahun, dan karena udah nginap di sana jadi sekalian dapet dinner tahun baru-nya. judulnya sih new year eve dinner, tapi namanya di kota kecil lagi2 makanannya rendang hihihi... itu juga dibatesin banget. lalu ada hiburan lagu2 melayu dan permainan kim. itu lho permainan angka2 pake lagu dan ada hadiahnya. yang semangat banget ya mertua, maklum permainan jadul hihihi..

esoknya kita jalan ke payakumbuh ke lembah harau liat air terjun dengan pemandangan lembah yang bagus. poto2 seperti biasa, lalu lanjut ke batusangkar. sebelumnya melewati tempat oleh2 dimana kita minum dan beli teh daun kopi, teh kayu manis dan teh murbei. teh daun kopi ini konon bisa menurunkan kolesterol, cocok banget buat yang makan makanan padang bersantan2. ini penampakan tehnya :



sampai di batusangkar langsung menuju istana pagaruyung. istananya guedee dan bagus tapi ternyata nggak ada raja atau ratunya. kita sewa baju minang dan poto2 sampe keringetan hehe.. jadi kolong bawah istana itu ada tempat persewaan baju, sekitar 35 ribuan satu-nya. ada baju anak daro marak pulai, ada pula baju datuk meringgih hehe.. dan kita dengan noraknya poto2, mulai dari gaya pre-wed gagal sampe gaya gak jelas lainnya..:p  trus aku seharusnya pake suntiang di rambut karena gerah dan berat jadinya minta ganti tudung kepala ala tanduk deh hehe..




kelar dari pagaruyung baliklah ke bukittinggi. perjalanan mayan jauh. sampe hotel langsung terkapar kecapekan.

besoknya jadwal ke padang melewati kota solok. jauh juga ternyata. sebelumnya mampir ke bika talago. jadi yang namanya bika ini bukan kayak bika ambon, tapi lebih mirip wingko babat. kayak ketan gitu dibakar atas bawah, makanya suka disebut sebagai kue neraka. ada rasa orginial dan gula merah. rasanya enak manis gurih gitu. ini dia penampakan pembakaran dan kuenya :



lewat danau singkarak yang menghasilkan ikan bilis. sekalian nyari oleh-oleh keripik, ikan bilis dan rekan2nya. abis itu lanjut ke danau kembar, danau atas dan danau bawah. poto2lah di situ. lalu perjalanan panjang ke kota padang. jauh banget 2-3 jam dengan pemandangan bukit dan hutan.

sampai di padang kita lewat jembatan siti nurbaya, lalu mampir ke pantai. pantainya langsung menghadap samudra hindia, makanya curam dan ombaknya ganas. kita juga lewatin bangunan yang rusak karena gempa besar tahun 2009-an. kalo mendengar cerita pak supir, masyarakat kota padang sekarang ini telah diberikan bekal tentang penanganan gempa dan tsunami sejak adanya musibah itu, jadi terlihat lebih siap.

di padang kita mampir makan es durian ganti nan lamo. nama yang aneh ini ternyata berasal dari semula tempat makan es durian itu terpecah menjadi 2 dan tidak boleh memakai nama sebelumnya. lantas dinamai "ganti nan lamo". uniknya nggak jauh dari situ pecahannya dinamai "iko gantinyo" hahaha... tapi dua2nya rame, jadi mestinya sama enaknya..




emang es durennya top banget deh. trus pesen juga sate padang. enak banget juga. kenyang deh. abis itu nginep semalem di hotel ibis yang lagi ada promonya. cerita nginep disini juga gara2 parno terbang malem hari. jadi awalnya kita dapet tiket lion jam 7an malem. trus karena takut terbang malem lagi musim hujan badai gini, akhirnya dimundurin jadi jam 8.15 pagi. gapapalah keluar duit  nginep semalem daripada stress huhu..

demikianlah cerita jalan2 ke sumbar. obyek wisatanya sih bagus2, tapi jarak tempuhnya jauh2. kebersihan juga seperti biasalah di negeri ini perlu banyak perbaikan. sedih rasanya liat di danau sampah plastik (bungkus popmie dan botol2 air mineral) berserakan huhu..

next time smoga ada waktu dan rejeki buat jalan ke tempat2 indah lain di negeri ini...








No comments:

Post a Comment