Thursday 16 May 2013

karena jodoh itu nggak bisa ditebak...

lagi2 tentang perempuan.

sobatku, sebut aja mbak nana adalah istri dari pria jepang yang ganteng dengan jarak usia yang cukup jauh. mereka punya dua anak cowo cewe, hana dan kenzo yang cakep2. mbak nana seorang ibu rumah tangga yang mengabdikan dirinya sepenuhnya untuk kehidupan keluarga. keibuan buanget dan sangat telaten mengurus suami dan anak2nya.

kalo denger cerita mbak nana, aku tuh prihatiiin banget. dari luar memang keliatan perfect. tapi dalam kenyataannya berat banget karena beda budaya. yahh tau sendirilah pria jepang itu harga dirinya tinggi banget. kalo denger ceritanya, sang suami ini nggak pernah mau mengakui kesalahan dan pantang minta maaf. selalu menyalahkan mbak nana atas hal apapun. nggak pernah menghargai, nggak mau dengerin penjelasan. intinya apapun yang dilakukan mbak nana adalah salah.

yang lebih parah adalah anak2nya jadi ngelunjak karena ayahnya selalu memarahi ibunya di depan anak2, menyalah2kan dan memaki. anak2nya jadi nggak menghargai ibunya sama sekali. paling serem waktu hana yang nakal banget ini sengaja memancing2 kemarahan ibunya. begitu diingatkan dan dimarahi malah balik menantang "aku bilangin ayah biar ibu dimarahin ayah, biar tau rasa". astagfirullah...

aku bener2 nggak banget deh liat hana ini. dia seumuran selma tapi kelakuannya parah. sering kulihat dia sengaja cari2 masalah biar ibunya kasih perhatian. nggak jarang aku liat mbak nana nangis ngadepin hana. kalo liat dia, rasanya bersyukur banget punya selma yang baik dan mau dengerin ibunya.

aku juga prihatin liat kemampuan hana soalnya keliatan banget dari sisi akademis sangat kurang. konon nilainya banyak yang nol, dan rada aneh juga sekolah jepang itu nggak pake ulangan umum ya, jadi tiap tahun ya naik terus. ulangan hanya ada nanti kalo udah esempe.

repotnya di sisi pelajaran mbak nana nggak bisa berbuat banyak. maklum bahasa jepangnya terbatas, trus gimana coba cara ngajarin anaknya? kalo aku kan dengan enteng bisa ngajarin selma n fikri. alhasil suaminya nyalah2in karena sebagai ibu nggak bisa ngajarin anaknya. paling parah adalah ketika hana diingetin untuk belajar atau ditegur tentang nilai2nya malah balik menantang ibunya buat ngajarin karena tau kalo nggak bakal bisa. hadehhhh..... *()@#$*_(*$*&%)#

sekarang ini kondisi mbak nana bener2 merana. komunikasinya sama suami bener2 macet. suaminya kerja mengurus factory di karawang, tiap hari baru sampe rumah jam 11 malem, berangkatnya jam 6 pagi. sabtu juga masuk. di rumah nggak mau ngobrol. capek. begitu ngobrol yang ada berakhir dengan pertengkaran. hari minggu diwarnai pertengkaran karena urusan anak, yang selalu berakhir dengan kesalahan ditimpakan pada mbak nana yang dicap nggak becus ngurus anak.

mbak nana untungnya masih punya kesibukan. dia setahun yang lalu bikin usaha konveksi kecil2an di belakang rumah. menerima pesanan seragam sekolah misal playgroup, kaos2 acara kantor, seragam pabrik, seragam pameran, laboratorium dll. hasilnya lumayan, setidaknya mbak nana bisa sedikit melupakan kesedihannya. aku melihat mbak nana punya bakat bisnis, dia telaten banget ke customer, datang ke kantor2, memperhatikan semua kebutuhannya dengan detil, menjalin hubungan baik.

dia juga menyalurkan kesumpekannya lewat latihan menari jawa, bareng aku tiap jumat malem. di sela2 break latihan itu biasanya dia cerita, kadang sambil menahan tangis.

bolak-balik mbak nana bilang nggak kuat, tapi dia mikirin anak2nya. aku cuma bisa bilang banyak2 sabar. nikah sama sesama budayanya, sama2 orang jawa kayak aku n mr.hubby aja masih perlu banyak tenggang rasa, apalagi beda banget budayanya, beda frekuensinya.

aku bilang mulai sekarang harus lebih tegas sama anak. siapa lagi yang mendidik mereka, yang ngasih tau mana yang benar mana yang salah dan bagaimana harusnya bersikap pada ibu bapaknya, kalo bukan ibunya sendiri. trus bisnisnya itu harus ditekuni betul, jangan sampai ditinggalkan, karena di situlah dia bisa punya kekuatan dan menunjukkan eksistensinya. mudah2an dengan begitu suaminya tidak lagi meremehkan dia.

yahh jodoh itu nggak bisa ditebak, sudah ada yang mengatur. mbak nana nggak pernah menyangka berjodoh bukan sama pria lokal. dan kepribadian dari orang yang menjadi jodoh kita memang nggak bisa ditebak juga. biarpun udah lewat proses kenalan, pacaran, tetep aja bisa beda banget watak aslinya.

semoga mbak nana diberi banyak2 kesabaran dan kekuatan buat mengelola kehidupannya.. chaiyooo mbak..!











2 comments:

  1. hidup Selma!! hehe... :) Upload foto Selma, mbak... pasti cantik... :*

    Aku kalau jadi mbak nana, trus enggak inget kalau anak itu amanah, aku cari gampang aja... Cerai dan ngasih anak2 ke suamiku... setelah itu sendiri cari kehidupan baru hahahaa #devilface... tapi kehidupan ya gak segampang itu.... gak segampang apa kata mario teguh juga... T__T

    ReplyDelete
  2. Iya hidup nggak segampang itu..apalagi waktu mau married dia perjuangan rada maksa gitu krn keluarganya kurang setuju..maklum beda bangsa..

    Mungkin klo sekedar ttg ketidakcocokan sama suami msh mending bs ditahan2, tapi kalo udah urusan anak2 juga nggak menghargai ibunya pdhl masih kecil2 udh kayak gitu, wuahhh berat bangettt...

    Enakan jadi mario teguh aja deh..hidupnya guampang hahahahha...

    ReplyDelete