Friday 5 April 2013

bukan ibu banget...

mmm..gimana ya. aku memang bukan istri dan ibu yang baik. aku tuh sama sekali nggak kayak ibu2 sebagaimana ibu2 yang ibu2 sekali. nggak ada keibu2annya sama sekali. pokoknya bukan ibu2 yang ibu2 banget. nah lho ruwet kan hehe.

manusia egois kayak aku. satu2nya pertanda jadi ibu cuma karena aku melahirkan kedua anakku. secara normal. sisanya standar banget.

aku kagum dan salut banget sama ibu2 yang bisa setiap pagi nyiapin sarapan, siapin baju kerja suami dan keperluan sekolah anak, masak bergizi buat keluarga, kasih asi full 2 tahun, telaten ngurus anak, telaten nahan diri ke dokter pas anak sakit, nyiapin homemade buat anak, dongenging anak dll, nahan diri liat rumah berantakan demi anak main2 belepotan.

aku sendiri? jauhhh bangettt. asi buat fikri cuma 8 bulan, selma 4 bulan. itu juga campur2 n ngasihnya pas sebelum berangkat kerja n pulang kerja. waktu selma 8 bulan aku malah kuliah lagi s2 sambil tetep kerja. pas hamil keduanya aku lagi sibuk2nya kerjaan n sering banget tugas luar kota.

beruntung banget aku banyak diberi kemudahan. mr.hubby yang walopun galak di luar tapi kalo sama istrinya dia maklum *atau frustrasi?*. anak2 yang baik dan pinter yang nggak pernah nyusahin ortunya *atau berusaha memaklumi?*. mbak asisten yang terkadang udah ngertiin apa mauku sebelum aku sempet ngomong.

mr.hubby n anak2 ngerti banget emaknya yang puyeng urusan kantor, susah tidur susah makan suka sakit2an n galau mulu mikirin jerawat yang gak ilang2 dari muka. mereka nggak keberatan aku bangun siangan. tapi tentunya aku udah nitip mbak di rumah buat nyiapin sarapan bekal dll. memaklumi kalo aku nggak pernah ke pasar. males masak tapi sukanya bersih2 rumah. memaklumi kalo sabtu minggu aku tepar balas dendam tidur karena kecapekan kerja senin sampe jumat.

menurutku saat2 paling menyenangkan justru sekarang. karena aku bukan tipe telaten ngurus anak balita. tapi aku yang bungsu ini jadi kayak temen buat fikri dan selma. curhat2an, cerita tentang kesulitan di kantor, cerita ttg kelakuan temen2 sekolah mereka, ngebahas rihanna taylor swift katty perry one direction. download lagu2 mereka, nyanyi bareng2. baca bukunya raditya dika brontosaurus, nonton harry potter. latihan nari jawa berdua selma. gambar berdua selma. curhat tentang jerawat yang gak sembuh2. mamerin jerawat masing2 karena fikri n selma jidatnya udah mulai bruntusan abege.

makin gede makin keliatan mereka mandiri dan pinter. belajar udah nggak disuruh2 lagi. nilai2nya bagus2. fikri bisa masuk labshool yang susah banget. selma selalu masuk 3 besar. mereka kuat baik di eksak maupun non eksak. mr hubby kebetulan jago matematik, aku kuat di konsep, hapalan dan nulis. selma juga suka seni, hobinya nari tradisional persis emaknya. aku liat nilai rapor esempe fikri bagus di math n fisika. klo selma lebih merata.

aku salut sama mr hubby yang cukup galak untuk pelajaran anak2. dia turun tangan ngajarin math ke anak2. aku dulu waktu fikri esde masih ngajarin tanya jawab, tapi begitu esempe aku nyerah dan kebetulan dia udah mandiri belajarnya. kadang suka nggak tega liat gimana anak2 diomelin bapaknya klo lagi belajar math. makanya aku udah nggak mau lagi rempong ke anak. enakan dijadiin kayak temen aja hehe..

kadang malu soalnya udah 15 tahun kawin gini kok nggak pinter2 jadi ibu dan istri. tetep aja males masak. males berantakannya. soalnya aku sukanya bersih2 rumah. paling puyeng kalo liat rumah berantakan. tetep aja nggak pernah pergi ke pasar.

bertahun2 tetep aja nggak kayak ibu2. klo musti ke sekolah anak buat pertemuan or ambil raport masih tetep kagok dan nggak bisa renyah berkomunikasi ala ibu2. sama tetangga ibu2 juga gitu. kehabisan ide musti ngomong apa. sementara ibu2 tetangga bisa begitu renyah bercerita. tapi begitu aku balik ke kantor buat kerja langsung cair lagi bicaranya, presentasi, bicara di rapat2, interviewing dan jadi assessor, coaching anak buah dll hehe..

yahh begitulah. kadang aku berpikir manusia seajaib dan seegois aku ini kok akhirnya bisa kawin. punya anak sampe 2. kawin di umur 24 pula. padahal aku pernah bercita2 nggak kawin, pengen kerja di luar negeri, hidup sendiri, punya anak angkat. hadehh..cita2 ajaib dari seorang manusia ajaib.

aku tau mr.hubby udah lama frustrasi ngadepin istrinya yang ajaib ini. yang bikin dia bertahan mungkin karena sebagai istri aku nggak pernah bikin repot dia, mandiri banget, memenuhi semua kebutuhannya sendiri, sama sekali nggak bawel sebagaimana ibu2 lain. sama sekali nggak berisik.

sebagai manusia pendiam, aku kalo marah juga paling diam. menyendiri. tenggelam dalam dunianya sendiri, baca buku, nulis. barangkali buat pria hal ini rada langka. aku aja pusing liat ipar2ku yang bawel dan rempong di rumahnya, apalagi suaminya hehe.. aku juga nggak keberatan mr.hubby dengan hobinya melolotin sepakbola di tipi sepanjang malam. yang penting aku bisa asyik baca dan nulis di kamar hehe...

yahh gitu deh. secuil cerita dariku. moga2 suatu saat aku bisa jadi ibu yang baik dan benar...





4 comments:

  1. seorang ibu yang baik itu gak bisa cuma dinilai dari cara dia melahirkan dan lamanya dia menyusui.

    Aku kadang suka sebel ya sama orang yang mencibir ibu2 yang mau lahir secara sesar (atau lahirnya emang harus sesar, ga bisa normal). Trus mencibir ibu2 yang gak kasih anaknya ASI anaknya sampe 2 tahun atau mereka yang mau kasih SUFOR aja. Kalau menurutku, itu hak mereka, yang penting mereka tahu kekuranga-kelebihan pilihan yang mereka pilih

    Walaupun, aku ini masih sekolah, kegiatan ada aja di luar, trus ngurus anak juga, ASI-X juga dan lanjut sampai 2 tahun, Bikin MPASI sendiri, rajin baca buku panrenting, blah...blah... Tapi aku masih belum puas menjadi seorang ibu, karena ya itu dia.... Bagi aku, ibu itu lebih dari sekedar melahirkan dan menuyusui.

    Aku pernah baca tulisan begini: "Kalau cuma sekedar melahirkan, babi juga melahirkan anak2nya. Kalau cuma sekedar menyusui, Sapi subur juga bisa menghasilkan susu. Tapi ada yang tidak bisa mereka berdua lakukan, yaitu memberi pendidikan untuk anak2nya"

    Jadi terpenting (menurut aku ya), gimana caranya agar kita bisa mendidik anak2 yang shalih, pintar, mandiri, baik sama orang tua, baik juga kepada sesama.

    Anakku masih kecil2 sekali, rasanya kalau belum lihat hasil didikanku kepada mereka, belum bisa rasanya berlega hati...

    Menurutku, kamu ibu yang baik, bisa jadi sahabat yang baik untuk anak2 bukan sekedar orang tua yang ditakuti saja...

    ReplyDelete
  2. memang sih sebagai ibu nggak sekedar hanya melahirkan dan menyusui seperti yang kamu bilang.. tapi yahhh walopun nggak ada yang nyindir tapi aku cukup tau diri untuk prihatin sama kelakuanku sendiri hehe..

    bukannya nggak pengen jadi ibu yang baik dan benar, tapi kondisi fisik dan psikologisku juga sangat berpengaruh *pembenaran ajahh hehe..

    menurutku kamu ibu yang hebat. masih muda masih sekolah dengan 2 babies tapi ketelatenan jadi ibu udah top banget. salut..

    moga2 anak2ku punya pemakluman yang besar n nggak punya kesan or pandangan yang aneh2 tentang emaknya ini hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahaha... tenang aja... kasih sayang ibu itu kan banyak macamnya...Aku begini, mbak begitu, ibu yg itu begono. Cukuplah anak2 kita mencintai kita, pertanda kita sudah mencintai dan mendidik mereka dengan sepenuh hati...

      Ah, kelakuanku juga ga perfect... kadang suka marah2 sama anak2 klo pada bandel2, itu wajar sih... tapi tetep ya selalu terselip rasa bersalah, pengenya tuh jadi mommy yg selalu tersenyum, lembut, baik hati dalam kondisi apapun, tapi mana bisaaa haha... tapi yasudahlah tak ada orang tua yang sempurna, yg penting kita sebagai emak dari anak2 terus belajar & memperbaiki yg kurang2...

      Tenang, anak2 itu selalu maklum... Aku aja dulu full diasuh sama pembantu (sampe2 mamaku gak bisa ngurus cucunya, krn gak biasa hihi), dikasihnya susu formula, ditinggal mulu, ... Tapi tetep, udah gede mah sayang2 aja sama mama... mungkin meski mamaku cuek, diem2 doain anak2nya juga kali ya...

      Kalau mbak senang dengan prilaku anak2 thd orangtuanya, InsyaAllah itu sih udah jd orangtua 1/2 sukses, ini menurutku ^^

      Delete
  3. hehe..aku nggak akan mungkin jadi sosok ibu yang selalu tersenyum, lembut, baik hati dalam kondisi apapun.. enakan jadi apa adanya ajahh dengan segala kekurangan dan kelebihannya..

    moga2 semuanya aman tenang terkendali yaa.. :)





    ReplyDelete