Sunday 7 April 2013

si anak bungsu...

jadi anak bungsu itu enak dan nggak enak.
aku tuh anak bungsu tulen. kebawa2 banget sampe sekarang padahal udah tua begini.

aku anak bungsu dari 4 bersaudara. anak yang konon nggak disangka bakal ada. ceritanya kakak2ku udah gede2, trus bapak ibu piknik berdua pas ditugaskan ke kalimantan dan lupa gak pake pengaman, jadilah aku lahir hahahaha.... jarak ke kakak tertua 10 tahun, trus 9 tahun dan 6 tahun. jadi karena jaraknya jauh berasa bener2 nggak dianggep hehe..

ibuku sempet panik waktu tau hamil ke4, soalnya nggak rencana dan udah mendekati 40 umurnya. makanya waktu telat haid sempet coba2 minum pil peluruh tapi ternyata nggak mempan. aku tetep anteng di perut ibu. makanya nggak heran setelah lahir sampe sekarang kelakuanku rada2 ajaib hehehe....

berhubung anak bungsu jaraknya jauh, aku selalu dianggap anak bawang. apa2 nggak boleh. apa2 dianggap masih kecil. sebel banget rasanya. jaman esempe aku merengek2 pengen ikut nonton jumpa fans Lupus, memohon2 sampe jongkok2 nangis tetep aja nggak dikasih. padahal acaranya cuma sore2 di halaman toko buku gramedia jogja sama temen2. huhuhu... sementara kakak2ku boleh2 aja tuh nonton.

jaman esde di lampung, aku mau kemah pramuka juga nggak boleh. padahal tuh kemah cuma di halaman sekolah. hadehhh. sampe diledekin temen2 sekelas. jaman esempe study tour ke bali juga gak boleh. dan yang paling bikin nyesek adalah waktu esema, aku menang lomba cerdas cermat bahasa perancis di tingkat propinsi, trus dikirim ke jakarta tanding nasional. juaranya 1-2 bakal dapet hadiah kunjungan ke perancis, tapi ortuku wanti2 nggak boleh pergi kalopun menang. mau nangis rasanya. tapi ya emang cuma dapet juara harapan 1 tingkat nasional sih hehe..

berhubung kakakku 2 cewek dan 1 cowok dan jaraknya jauh, maka aku lebih sebagai pengamat dan tukang ngintilin kakak2. aku inget nangis2 ngiri sama kakak2 cewekku yang pake konde dan kebaya waktu kartinian sekolah, sedangkan aku belum sekolah. abis itu aku digendong2 sama kakak cowokku supaya nggak nangis lagi. trus kakak2 cewekku jadi pengiring pengantin sodara, pake baju pengiring pengantin jawa, aku nangis lagi karena kepengen. paling parah waktu aku esde kelas 1 aku pake pembalut karena kepingin mens kayak mereka hahahahaha.....

tapi enaknya jadi anak bungsu adalah nggak perlu capek2 ini itu. di acara keluarga besar suka kalo nggak keliatan nggak ditanyain, soalnya selalu dianggep masih kecil. bahkan sampe sekarang. jadi kalo ada acara keluarga besar, kakak2 pada sibuk ngurus ini itu, kakak tertua kadang kasih wejangan di forum, yang lain di pertemuan suka ditanya2 dimintain pendapat atas suatu kegiatan atau masalah. sedangkan aku santai aja bahkan suka ngilang nggak ada yang nyadar, padahal udah setua ini hehe...

jadi anak bungsu itu biasanya punya kreativitas yang tinggi, nggak banyak omong karena jarang ditanya or dimintai pendapat, nggak perlu sok jaga wibawa sebagai panutan, dan sering dimaklumi banyak orang kalo ada kekurangan. yahhh namanya juga anak bungsu hehe...anak bungsu juga banyak menyerap pelajaran dan pemahaman dari pengamatan terhadap kakak2nya.

contohnya aku tau2 bisa ini itu karena mengamati kakak2. misal kakakku belajar mobil. aku ngikut duduk di belakang. mengamati, ikut diajak jalan latihan. ehh tau2 aku bisa sendiri nyetir mobil hanya 1-2 kali pegang. trus waktu kakakku baru pindah jogja harus les bahasa perancis karena udah ketinggalan di SMAnya ada pelajaran itu. aku iseng aja ngikut2 nongkrong kalo gurunya datang. tau2 aku paham sendiri dan langsung nyambung.

begitu pula waktu aku esema, kakak2ku udah mulai lulus kuliah, kerja dan mulai menikah. trus hamil, punya anak. bayi2 mereka aku ikutan ngurus. makanya aku dekettt banget sama keponakan2ku soalnya aku ikut mandiin mereka dari bayi, nyuapin, gantiin pokok, ngajarin jalan dll. walhasil aku pas aku nikah n punya anak, aku santai aja karena udah pernah ngurusin babies.

aku juga mengamati gimana kakak2ku bekerja di kantor dan mengurus rumah tangga mereka. mereka pembersih dan rapih banget ngurus rumah. aku jadi ngikutin juga.

dan yang paling aku syukuri, kakak2ku semuanya workaholic. tekun dan giat bekerja, nggak cowok cewek semuanya begitu. malah kakak cowokku mungkin 90% hidupnya hanya buat bekerja dan bekerja, mengurus pembangunan dan masyarakat. kakak2ku yang cewek semuanya pekerja yang tangguh, salah satunya hakim yang menangani tipikor. sering banget dapet ancaman. pindah2 tugas ke luar jawa dijalani dengan tabah. kakakku yang sulung adalah pencari nafkah utama keluarga, giat dan tekun bekerja, karena suaminya bekerja paruh waktu mengingat kondisi kesehatannya.

maka dari itu, terlihat banget betapa lemahnya mentalku sebagai si bungsu ini. terkadang aku lelah, capek dan jenuh dengan pekerjaan. pengen berhenti. tapi begitu melihat gimana kakak2ku itu dedikasinya terhadap pekerjaan, aku jadi malu sendiri. sedangkan aku udah diberi banyak sekali kemudahan dalam bekerja. akhirnya semangat kerjaku tumbuh lagi.

yahh begitulah aku si anak bungsu. walopun sudah punya 2 buntut gede2 dan umurku udah nggak muda lagi, tapi stigma sebagai anak bungsu masih berasa banget. sama keponakan2 yang dulu kuasuh sejak bayi2 tuh dekeetttt banget kayak sahabat. mereka sekarang udah pada kuliah dan esema. kalo aku pulang ke jogja, yang kucari pertama kali justru mereka, trus aku ajak pergi jalan, beli ini itu yang lucu2..malah suka lupa sama anak sendiri hehe..

tapi yang jelas, keadaannya rada kebalik. dulu kan aku suka kepengen ngikut2 kakak2 cewekku yang suka dandan ini itu di masa mereka remaja, sedangkan aku masih kecil. aku suka kepengen baju2 sepatu2 tas dan pernak pernik aseseoris mereka. nahhh.. sekarang kebalik tuh, mereka suka nanya2 bajuku itu beli dimana, tas itu nyarinya dimana, naksir pernak pernik yang aku punya, mereka ngikut2 pengen beli gadget kayak punyaku. trus kalo aku ke luar negeri pasti mereka suka nitip beli ini itu, pokoknya ngikut seleraku hehehe....







No comments:

Post a Comment