Monday 15 June 2020

too many things happened

Maret sd Mei kemarin adalah bulan-bulan terberat di tahun ini. Dimulai dari mewabahnya Covid19 yang membuat harus mempersiapkan kondisi WFH karena masuk dalam tim manajemen keberlangsungan tugas, bikin protokol dan berbagai persiapan. Lalu segala sesuatu hal tidak menentu.

Yang berat adalah harus menindaklanjuti sanksi atas pelanggaran sekitar 11 orang di kantor. Berat banget padahal mereka ini tidak mendapatkan keuntungan apapun, hanya kesalahan prosedur dan administratif. Lalu dilanjutkan dengan penggantian2 jabatan di kantor, sungguh sangat melelahkan jiwa raga. Dalam kondisi WFH sedemikian banyak pekerjaan administratif urusan surat keputusan, salinan, petikan dan atasan yang ribet banget. Lalu mendadak ada hal yang membuatkan sedih tapi ya bagaimana lagi, harus merekrut prohire yang mengerjakan pekerjaan yang sebetulnya menjadi bagian dari pekerjaanku. Kamu bisa merasakannya kan. Mana prosesnya ribet banget, tarik ulur dll, diumumkan dimana2, nyesek juga. Tapi ya sudahlah let it flow.

Belum lagi urusan paket penawaran buat pegawai yang diminta mengundurkan diri sukarela. Berat banget rasanya, dalam situasi kayak gini lagi hiks. Setelah proses yang panjang akhirnya bisa disampaikan dan mereka dikasih waktu untuk menjawab paling lambat akhir Juli. Lalu ada juga mereka yang dipaksa untuk ambil MPP beserta macem2 urusan tindak lanjutnya. Kalo udah urusan like dislike gini aku tuh nyesek. Trus tiba-tiba harus dibentuk ikatan pegawai, trus tiba-tiba diminta perlu dibuat yayasan kesejahteraan.

Kerja di rumah alias WFH itu betul2 melelahkan, lahir dan batin. 24 jam kerja karena gak ada alasan bahwa sudah di luar jam kerja, lagi ada tugas luar kota, cuti atau lainnya. Lalu kondisi politik di kantor betul2 lagi gak kondusif, dan kondisi industri juga gak bagus. Stres banget rasanya. Mana puasa pula. Lalu lebaran di rumah aja, gak bisa ke jogja. Tapi untungnya belum sempat beli tiket pesawat juga karena  rencananya mau bawa mobil. Sholat Ied di rumah dan makan opor ketupat rendang dkk, ada yang beli ada yang bikin sama bibik.

Lalu ada lagi, di situasi pandemi begini, Selma anakku lagi proses penerimaan mahasiswa. Rasanya tuh gimana gitu karena gak ngebayang ujiannya nanti seperti apa. Tapi Alhamdulillah dia diterima di teknik arsitektur UI kelas internasional. Setidaknya lega, satu masalah selesai. Bayar2 selesai. Trus harus mencari kost di seputar UI. Alhamdulillah dapet walopun mungkin sampe akhir tahun masih kuliah online.

Lalu urusan pelunasan sebagian KPR. Jadi ceritanya kita akhirnya beli rumah di dekat rumah yang sekarang. Lebih lega ukurannya 160m dibanding rumah sebelumnya 97m. Dengan susah payah KPR dari bulan Juli tahun lalu, renovasi sana sini perlu biaya banyak dan tukangnya ternyata sempat gak bagus. Sampai akhirnya akhir Desember resmi pindah. Semoga rumah ini berkah dan kayanya udah gak pengen pindah2 lagi. Selametan kecil2an dan ibuku juga datang dari jogja, dijemput Fikri.

Dan KPR yang sedemikian besarnya itu terasa menyesakkan memang, oleh karena itu aku berencana melakukan pelunasan sebagian supaya cicilannya bisa lebih reasonable. Kita juga mau jual rumah sebelumnya, tapi terkendala urusan roya di notaris yang WFH. Tapi Alhamdulillah urusan roya akhirnya beres di bulan Mei. Lalu sejak akhir tahun aku juga ngumpulin segala macam sumber daya finansial dari bonus, tunjangan dll sampai akhirnya awal juni kemarin alhamduillah hampir sepertiga pinjaman KPR bisa percepatan pelunasan sebagian. Masih dua per tiga lagi, semoga ada rejekinya.

Jual rumah di masa pandemi juga bukan hal yang gampang pastinya. Aku udah titipin ke broker langganan yang gigih banget itu supaya cepet kelar, supaya urusan KPR jadi selesai.

Lalu urusan kuliah Fikri di kedokteran mulai akhir maret kemarin terpaksa online juga karena pandemi. Alhamdulillah tanggal 8 kemarin udah kelar semua blok di semester 4, nilai rata-rata B seperti biasa. Yang penting lancar aja udah bagus, secara kedokteran itu susah. Kemungkinan September mulai partial masuk karena ada ujian soca dan osce. Semoga lulus dengan nilai baik, amin.

Dan selanjutnya urusan persiapan WFO bertahap juga rempong, bikin protokol dan aneka rapat persiapan, koordinir rapid test, booklet, paket kesehatan dll. Belum lagi gangguan anggota komite dan permintaan macem2 dari big boss. Dijalani saja semuanya dengan baik.

Sejujurnya aku udah pengen banget cabut. Lelah rasanya. Gak terasa udah hampir 23 tahun bekerja. Tapi kalo cabut trus KPR apa kabar ya, trus anak2 lagi banyak2nya butuh biaya untuk kuliah. Hiburanku selama ini adalah menari dan traveling. Tapi dengan adanya pandemi ini bener2 gak bisa gerak. Yang ada cuma kerja kerja kerja 24 jam, urusan kantor dan pekerjaan rumah. Gak bisa berkelit. Pfuihh… Semoga pandemi segera berlalu dan kehidupan kembali normal lagi.. aamiin YRA





No comments:

Post a Comment