Wednesday 3 June 2020

perjalanan ke Iceland : menuju Reykjavik

Keesokan harinya kita naik Norwegian Air dan tiba di Iceland sekitar jam 11 siang. Akhirnya kita mendarat di Iceland yeayy... rasanya kayak mimpi :) 



Hawanya betul2 wow menusuk dinginnya di awal bulan Oktober itu. Udah gitu anginnya super kenceenggg banget. Setelah urusan paspor dan membersihkan diri kelar, kita keluar mencari tempat rental mobil yang sudah dipesan online jauh-jauh hari. Lokasinya masih di dalam bandara, berderet-deret rental mobil di sana.

Kitapun masuk dan mengurus pengambilan mobil. Karena semuanya udah dibayar di muka berikut asuransinya, jadi cepet aja. Petugasnya menjelaskan ketentuannya, dan berpesan agar hati-hati khususnya untuk pintu mobil karena masalah utama di Iceland ini adalah angin yang super kencang, jadi banyak pintu mobil yang terbang. Kita sempat ketawa karena nggak percaya.


Tapi begitu keluar dari rental kitapun terhuyung2 karena angin bener2 kencenggg.. mau buka pintu mobil aja susah bener haha.. sampe akhirnya berhasil membuka bagasi dengan susah payah, menutupnya juga susah payah, trus terhuyung2 lagi buka pintu dan menahan biar gak terbang.. huahhh

Di mobil ada penghangat jadinya nyaman. Pak Yoyok yang menyetir mobil giliran pertama, kebetulan dia juga hobi banget nyetir. Perjalanan dari bandara di Keflavik ke Reykavik cuma sejam doang. Tadinya kita mau ke Blue Lagoon, tapi setelah pikir2 sebelum berangkat waktu itu kok mahal banget dan kayaknya gak worthed karena bukan lagoon alami, dan tentunya karena mahal haha..

Kita tiba di tengah kota yaitu gereja terkenal Hallgrimskirkja. Mobil diparkir di halaman gereja. Hawanya dingin banget, angin kenceng, mendung juga.. tapi piknik harus tetap jalan hehe..




Berhubung gereja ini salah satu icon di Iceland, maka pengunjungnya lumayan rame. Kita poto-poto dan rada susah juga potonya berhubung bangunannya tinggi banget sedangkan kita gada yang jago motret, alhasil susah utuh haha.. abis itu foto-foto di persimpangan pertokoan di dekat situ. Sebetulnya kotanya kecil aja, tapi rapih dan nyaman gitu.


Dari situ udah deket banget dari penginapan yang kita book, namanya Our House Guesthouse. Kitapun jalan kaki menuju penginapan itu. Dan ternyata bener-bener deket loh.. dan di jaman kekinian ini, pintu masukpun pake password, dimana password itu dikirim via email. Yang dinamakan guest house ini sebetulnya rumah dengan 5 kamar, homey banget rasanya. Pemiliknya ramah dan ngerti Indonesia lho. Di ruang depan yang merangkap ruang kerja itu terpampang peta dunia, dimana disitu mereka yang pernah nginap di tempatnya naruh semacam jarum pentul di gambar negaranya buat penanda. Si pemilik ini nggak tinggal di situ, jadi dia datang buat ngecek aja.


Berhubung kita belum bawa koper, maka kita harus balik ke gereja untuk ke parkiran mobil. Di samping itu kita juga kelaperan karena udah menjelang jam 3 sore. Kitapun jalan ke gereja, udara makin dingin dan lagi2 angin kencang menerjang. Sampe di parkiran gereja kita mikir2, enaknya mobil diparkir tetep di gereja apa di deket penginapan ya, trus koper baiknya gimana karena lumayan gede sedangkan kita besok udah check out.

Akhirnya setelah ditimbang2 kitapun cuma ambil pakaian buat malem tidur dan besok pagi sama peralatan mandi, ditaruh di tas lipas, koper ditinggal di mobil di gereja. Lucu juga kita gelaran di gereja kayak mau jualan haha.. sementara kita pake kerudung tapi nebeng di parkiran gereja. Kalo di Indonesia biasanya kan kalo istirahat suka numpang di masjid hehe..


Kita balik lagi ke penginapan, naruh barang-barang trus lanjut makan karena udah laper berat. Kita makan di tempat makan yang konon asli makanan Viking namanya Loki. Pengennya sih eksplor makanan lokal, ada ikan2 khas di sana, ada semacam sop daging kambing juga untuk menghangatkan tubuh. Tapi berhubung lidah ndeso maka lumayan tersiksa makannya walopun laper berat.


Udah sore banget dan kita balik ke penginapan, mandi-mandi trus jalan ke supermarket cari ransum untuk perjalanan besok sekaligus ada toko souvenir di sebelahnya. Harga di Iceland ini lumayan mahal, tapi menurutku lebih mahal di Norway. Kita belanja logistik makanan buat perjalanan besok sekaligus buat malam ini.

No comments:

Post a Comment