Saturday 4 October 2014

jalan ke bangkok..

baru balik dari bangkok tadi pagi.

ceritanya dapat tugas utk ikut forum strategic HR transformation dari dr.tony miller. berhubung tugasnya senin-selasa, akhirnya sabtu pagi berangkat biar bisa jalan2. kebetulan kakak ipar dan keponakan mau ikut. aku juga sendirian jadinya seneng ditemenin.

duluu banget kira2 10 thn lalu aku pernah seminar di bangkok juga. sempet kaget waktu turun dari pesawat ternyata bandaranya udah modern bangettt.. padahal dulu semrawut kuno kayak di jakarta, begitu turun dari bandara langsung diserbu tukang2 taksi.

tapi kali ini tertata banget. keluar imigrasi trus turun aja ngikutin petunjuk tempat antrian taksi. antriannya juga tertib, dikasi ancer2 harga sama mbak2 petugasnya dan langsung naik. yahh biarpun gak pake argo tapi lumayanlah.

kemajuan lain adalah kemampuan bahasa inggris masyarakatnya. tukang taksinya cukup ngerti, bahkan tukang mie kakilima deket hotelpun waktu aku beli pad thai dibungkus pun ngerti lho, yah setidaknya nyambung aja permintaan kita. padahal 10 tahun lalu masi pada payah inggrisnya. dan di forum pun english mereka lancar biarpun berlogat thai *sama aja english-ku medok jawa xixixi.. sementara dulu masih payah banget english mereka..

hari pertama kita bertiga menginap di hotel chetuphon, hasil browsing bikin itinerary sendiri. berhubung modal cekak dengan uang saku kantor terbatas, maka aku bertekad bisa jalan seoptimal mungkin dengan itinerary yang terencana dan alhamdulillah berjalan dengan baik.

hotel chetuphon ini kecil mungil di samping wat pho temple yang ada reclining buddhanya..review dari tripadvisor bagus dan ternyata memang efisien, kecil, bersih, walking distance ke 3 tempat berdekatan : wat pho, grand palace dan naik perahu di sungai chao phraya ke wat arun, jadinya hemat.

pertama datang sih rada shock soalnya kok nyempil gak keliatan dan lobinya cuma semacam ruang tunggu seuprit. yahh apa2nya self service tapi enak sih jadi kayak rumah sendiri. resepsionis cuma 1 orang dan cuma ada di jam 8 pagi sd 7 malem. sisanya kalo mai check out harus bayar dulu trus nanti dropping kunci di box resepsionis. bahkan pintu depan hotelpun dikunci dan dibuka sendiri pake pintu kamar.

kamarnya super imut, compact tapi bersih dan toiletnya bersih nyaman. kelemahannya cuma gada lift jadi nyeret2 koper dari lantai 4 cukup bikin pingsan orang seringkih aku hehe.. sekamar lagi ada diskon di agoda dengan tempat tidur tingkat harganya 229rb sajah.

ini dia itinerarynya:
day 1 :
check in chetuphon. jalan kaki ke wat pho, lihat reclining buddha dan seputar tempat ibadah ini. patung buddhnya guedeee panjang banget. dulu aku pernah juga kesini tapi belum begitu jadi patungnya.


abis dari wat pho, trus jalan masuk ke pasar di sebelahnya. entah kenapa di bangkok ini kok kayaknya rendezvous gitu, enteng banget kesana sini kayak di kotanya sendiri. di ujung pasar terlihat puncak temple wat arun, jadi ngikut aja terus masuk sampe pinggir sungai. tapi ternyata bukan disitu tempat perahu menyeberangnya. tanya pedagang katanya harus jalan dulu ke pasar di samping ujung.

kita balik trus jalan lagi menyusuri pasar, ngikutin rombongan bule yang moga2 bener ke dermaga penyeberangan. ternyata benar. bayar 3 baht aja trus loncat ke perahu kayu di tepi sungai chao phraya. menyeberang sebentar banget dan sampailah di seberangnya, wat arun temple.


wat arun ini tinggi banget dan kita gada tenaga buat naik setinggi itu. akhirnya jalan2 lihat sepanjang temple ini sampe sore, istirahat dan kembali menyeberang. abis itu jalan kaki ke hotel.


abis itu kita naik taksi ke chatuchak night market. aku sebenernya males karena nggak hobi belanja. tapi kakak ipar & ponakan pengen banget, jadi ya kesana aja. mayan jauh, taksi 150 baht tanpa argo. dan chatuchak ternyata pasar banget banget. segala macem jualan disitu dan membuat aku yang gak suka pasar jadi puyeng sendiri, ngikutin kakak ipar tawar menawar dengan hebohnya hadehhh...

disitu mampir makan sebentar karena udah keroncongan. makan ayam goreng sama nasi yang ternyata ketan. trus balik hotel naik tuktuk 150 baht. naik tuktuk mirip banget bajaj tapi gedean dan kiri kanannya terbuka. tuktuk ini ngebutnya gila2an hadehhhh..


abis itu mampir ke warung deket hotel beli sikat dan pasta gigi. yang jual ibu2 nanyain aku dari negara mana dan memuji cantik deh *gubrakkk*.. pdhl dekil banget abis panasan tengah bolong dan blusukan pasar chatuchak.. abis sampe hotel mandi2 dan langsung tewasss..

day2 :
pagi2 ke talin chan floating market naik taksi 100 baht. dan ternyata gak menarik ah. kirain kita naik perahu kayak di kalimantan, tapi ternyata cuma di pinggiran liatin yang jualan di perahu. jadinya cuma sebentar banget trus abis itu leyeh2 sebentar minum teh susu di pinggir jalan. abis itu kita naik taksi ke grand palace.

grand palace masih seperti yang dulu pernah kukunjungi. karena baru buka jadinya sempet liat tentara apel pagi dulu. abis dari grand palace trus nyeberang jalan ada deretan toko suvenir. mampir bentar beli kaos oleh2. trus makan di salah satu tempat makan disitu. pesen pad thai dan tom yam goong. duhh enakkk bangettt. total abis 220 baht.


dari grand palace balik ke hotel cethuphon, check out karena mau pindah ke hotel yang dibayarin kantor. mayan jauh dari daerah grand palace ini, naik taksi 100 baht. sampe hotel grand millenium sukhumvit, check in trus lanjut jalan. kali ini keponakan pengen ke museum madam tussaud di deket siam center.

mahal juga masuk museum sekitar 600 baht sesudah diskon. lumayan sih seru juga, ada patung lilin bung karno, gandhi, obama, ratu elizabeth, lady di, beckham, michael jackson, katy perry, beiber, brad pit & jolie dll.. ponakan dengan hebohnya menciumi justin beiber.. -____- dasar deh ponakan abege.. kita sih photo sama oprah ajah..


abis dari madam tussaud trus naik tuktuk ke patrunam market. biasa kakak ipar belanja lagiii.. trus nyebrang ke platinum. pertokoan platinum ini bagus kualitas baju2nya, tempatnya nyaman dan bersih. di sepanjang trotoar pertokoan ada bazaar makanan macem2. kita makan sekalian disitu. suasananya rame dan makanannya mirip2 di sini, ada jajan pasar, mie macem2, minuman dll. abis itu jalan kaki menyusuri patrunam, nyeberang sungai dan sampai ke bigC semacam carefour buat beli dried fruit oleh2 sama kue buat sarapan.


pulangnya udah hampir jam 9 malem naik tuktuk lagi ke hotel. duhh capeknya 2 hari full ngider sana sini, tapi puaslah bisa jalan sendiri.

day3 & 4:
kakak ipar & ponakan pagi2 udah ke airport balik jakarta. aku sendiri mulai acara forum, full day belajar sama dr miller. pesertanya campuran dari thailand, emirat arab, malaysia, brunai & indonesia. malemnya tepar coz 2 hari full di kelas, diskusi, studi kasus dan presentasi. jadi malam cuma jalan2 seputar hotel aja, beli makanan di seven eleven dan malam terakhir beli pad thai di tukang pinggir jalan.


hari ke5 jam 4 pagi udah duduk manis di taksi ke airport balik ke jakarta.

alhamdulillah lancar semua sesuai rencana. besok pagi mari kembali bekerja :)





No comments:

Post a Comment