Saturday 4 October 2014

review Zerofat Airfryer

sebetulnya nggak akan beli airfryer ini kalo nggak karena terpaksa gegara abis lebaran pulang kampung itu ART nggak balik lagi ke rumah.

setelah nggak pake ART fulltime itu akhirnya memang dapat part-timer ibu2 dari kampung belakang kompleks, tapi cuma bisa datang jam 2 siang sampe jam 5 sore. tugasnya cuci seterika, beres2 sapu pel, bersihin 3 kamar mandi, siram taneman dan bersihin halaman, sama siapin & potong2 bahan masak. doi gak lihai masak, jadi pulang kantor biasanya aku masak sendiri seadanya.

yang repot tuh buatku adalah siapin sarapan dan makan anak2 kalo nggak ada ART full time, karena pagi2 aku juga gedubrakan mau pergi ke kantor. sebetulnya anak2 udah biasa juga goreng-menggoreng sendiri pake kompor, tapi serem juga kalo nggak ada aku or ART pas pake kompor itu.

nah begitu balik jakarta dari pulang kampung itu, aku langsung pesen Zerofat Airfryer, yaitu alat buat menggoreng tanpa minyak, pakenya listrik, nggak perlu kompor. tinggal dicolokin, dimasukkan bahan mentah yang mau digoreng, ditutup, dipilih tombol jenis pemasakannya, trus ditinggal ngapa2in tau2 mateng. dapur bersih, nggak berceceran minyak, nggak bakal kena cipratan minyak panas. bisa disambi2 ini itu kayak kita pake oven or microwave.

urgensi aku beli memang untuk keperluan siapin sarapan dan dipake anak2 buat menggoreng lauk2 mereka, entah itu ayam, ikan, sosis, daging, kentang dll. jadi kalo sore pulang sekolah mereka bisa masak2 sendiri pas aku belum pulang kerja. aku sebetulnya nggak begitu peduli dengan bebas lemak kolesterol dll karena nggak pake minyak. kalopun iya berarti bonus gitu hehe..

pas beli Zerofat Airfryer ini barangnya diantar ke kantor, karena rumah kalo seharian kan kosong ditinggal kerja & sekolah. trus sama distributornya diajarin cara pakenya, bersihinnya dll. malem langsung praktek dan beres deh.

ini dia penampakannya :


keuntungannya :
- praktis, nggak perlu ditungguin, langsung mateng, jadi bisa disambi2 ngapa2in (kayak oven gitu)
- nggak perlu minyak, jadi nggak kolesterol
- dapur jadi bersih, nggak berceceran minyak
- aman dari kompor, nggak takut minyak meletup2 saat goreng-menggoreng
- ada tombol2 pilihan jenis pemasakan, misal frying, turbo fry dll jadi udah langsung keluar suhu dan waktu yang diperlukan, kalo nggak mau pilih jenis pemasakan juga bisa masukin sendiri suhu dan waktu yang diinginkan
- ada sejumlah pilihan wadah pemanasan yaitu loyang, grill dan besi pemanggang kayak tirisan
- bisa difungsikan sebagai oven juga, buat memanggang kue, bikin roti bakar dll
- bisa dipake buat bikin popcorn dan goreng kerupuk. tapi kerupuknya kriuk2 enak tapi nggak gitu  ngembang, yang pasti gak pake minyak


kekurangannya :
- daya watt-nya guede banget, jadi kadang listrik suka turun. saranku ditimbang2 dulu hanya bagi yang sangat ingin mengurangi kolestrol atau yang kepepet kayak aku karena urusan ART dan kepraktisan
- untuk goreng tempe & tahu agak kurang bagus hasilnya, baiknya dioles sedikit minyak sebelum dimasukkan ke airfryer
- bentuknya guedee, rada shock juga pertama lihatnya hehe
- harganya mayan mahal, sekitar 2,2jt. ini sebetulnya jauh lebih murah dari phillips airfryer yang mencapai 3,2jt.

tadinya aku menimbang2 pake phillips atau zerofat airfryer, tapi mengingat watt-nya sedikit lebih kecil zerofat dan lebih murah juga, ya udah deh pake ini aja. konon phillips itu 1400watt, zerofat 1000watt pas pertama nyala, tapi kalo udah jalan tinggal separo wattnya.

demikianlah sedikit review tentang Zerofat Airfyer ini. mungkin kelak kalo udah pindah ke rumah yang gedean trus ada ART full time sih bakalan jarang pake, tapi kalo sekarang sih berguna banget dan aman buat anak2 masak2 sendiri siapin makan mereka sepulang sekolah.

so far sih baik2 aja. irit di minyak dan gas, tapi tekor di listrik hehe.. kalo mau sih pake kayu bakar biar hemat semuanya *gubrakkk*

update per 1 April 2017

airfryer ini udah 2x kali rusak. yang pertama rusaknya tahun lalu. tukang reparasi langganan bilang karena banyak sumbatan minyak, jadi nggak nyala. abis itu tiap dipake sering mati2. trus rusak lagi awal bulan kemarin, diperbaiki lagi sama tukang yang sama. masih bisa dibenerin dan dipake lagi.

dannnn.. akhirnya betul2 tewas ga bisa dipake lagi.
terpaksa beli merek lain soalnya emang masi perlu banget. aku beli oxone airfryer dan udah kutulis juga disini.. smoga kali ini awet yaaa



26 comments:

  1. Sharing donk: selisih tagihan listrik stlh pake brp drpd sblm pake? Makenya brp jam/hari? Listriknya 1300/diatas itu? Skr hrganya udh naik, tp katanya ad yg 800w, lg nimbang2 cari testi..t

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo.. kita sih paling pakenya 1 jam aja kok sehari buat goreng2 lauk di pagi,sore/malem, sekali goreng sih 10-15 menit. berhubung airfryer jenis ini muatnya banyak jadi sekali pake dipenuh2in aja containernya hehe *ogah rugi*

      tagihan sih naik mungkin 100-150rb ya, tapi hemat banget gas dan minyak goreng, trus dapur jadi bersih gak lengket. cuma ya gitu harus gantian sama AC kalo mau nyalain airfryer ini biar nggak turun listriknya.. yah diatur2 aja sih

      so far sih ketolong kok pake jenis ini, kalo yang jenis satunya lagi (containernya kayak laci ditarik) itu muatnya dikit dan susah diintip matengnya :)

      Delete
  2. Maaf mba....belinya dmn? Nampak harganya lbh menarik....liat2 di olshop 3jtaan. Mksh mba....and thx for sharing

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mba..aku belinya online juga coba cek di www.dennyeliyanti.wordpress.com, di lazada jg ada, tp beli udh hampir 2thn lalu jadi mungkin udh naik ya harganya..

      Delete
  3. Hai mbaa, menarik sekali dan bs jd pertimbangan, btw msh awet kah zerofatnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih kok.. dipake terus malahan hehe.. cuma memang harus sering dibersihin biar minyak2nya nggak menyumbat

      Delete
  4. skg ada y murah maspion 1 jt 1000 w 2.5 ltr, klo mo intip mateng yg model laci tinggal ditarik keluar otomatis prosesny off nanti masukin lagi langsung on

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya udah ada yang 1jt-an ternyata.. cuma aku kurang nyaman pake yang model laci, udah biasa pake yang bukaan atas

      Delete
  5. mbak mau tny nih, skrg diriku maju mundur buat beli airfryer.. mmg aku milih zerofat rencananya, tapi takut salah beli, maklum hrganya lumayan mahal.
    aku bandingin ama punya signora ama oxone juga yg mirip2 modelnya dgn zerofat, tapi aku liat feature di zerofat kayaknya lebih banyak dari yg lain.
    trus saya mau nanya,jadi slama 3 thn udah 2x rusak ? trus wkt dipake lagi gmna? hasil makanannya msh spti sblm rusak ?
    klo goreng ayam perlu wkt brp lama ? puaskah mbak dgn zerofatnya ? thx buat jawabannya yah mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mbak.. zerofat punyaku akhirnya tewas setelah hampir 3th. trus aku beli oxone jauh lebih murah, di lazada ngga sampe 2jt. bentuknya malah lebih bagus oxone, hitam putih gitu, sedangkan zerofat kan hejo gonjreng. gedeannya sama, hasilnya juga sama. cuma yang oxone ini timer dan panas harus diatur sendiri, kalo zerofat tombol2nya udh ada pilihannya misal baking dll. tapi sama aja menurutku. trus malah yang oxone ini lebih gampang bersihinnya dan pas masak keliatan jelas dari luar. kalo liat penampakan tutupnya sih kayaknya nggak gampang kesumbat kayak zerofat.

      pas zerofat dibenerin itu hasil masakan sih sama & baik aja cuma sering mati2 aja karena kesumbat. buat goreng ayam antara 10-15menit.

      aku jadi kurang rekomen sama zerofat mbak karena ternyata gampang tersumbat minyak bikin rusak. nah yang oxone ini lebih murah tapi kita liat aja gimana keawetannya, baru 3 minggu pake sih.. semoga membantu ya mbak..

      Delete
    2. Mba, nanya dong. Air fryer oxone boros listrik ga?

      Delete
    3. halo.. boros ngga boros sih ya, kebetulan di tempatku kepake terus karena gak ada pembantu nginep jadinya goreng menggoreng slalu pake ini biar praktis & anak2 aman pakenya. watt-nya antara oxone & zerofat jg mirip. hemat di gas dan minyak tapi listrik jadi naik hehe..

      Delete
    4. mbak, skrg si oxone udah berusia sekitar 2 tahunan kan ya, so far gmn mbak, awet nggak?

      Delete
    5. masih dipake.. awet2 aja ternyata :)

      Delete
  6. oh yah mbak, klo oxone apa ada manual book nya ? cara bersiin ato cara settingnya gmna, krn utk tiap makanan kan pasti beda suhu dan wktnya.
    krn aku juga pernah beli oven oxone dari lazada, tapi ngak ada manual booknya. thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada manualnya kok tp singkat misal goreng berapa derajat & berapa waktunya.. disetting manual pake tombol putar kayak oven aja mbak. so far sih pake oxone baik2 aja.. smoga kali ini awet hehe..

      Delete
  7. Mba kapasitas oxone dg zerofat besar mana? Apakah peranti bawaan oxone sama dg zerofat? Dana dan adakah program tunda masak di oxone? Kok Mba sudah bisa menduga kalau oxone kemungkinan ga akan gampang kesempatan minyak, emang bagian yg kesumbat apanya Mba? Maaf sedang bandingkan, mau beli zjd banyak nanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kapasitas hampir sama krn bentuknya juga hampir sama gendutnya. piranti bawaan juga sama kecuali besi putaran gak ada yg di oxone.

      yg oxone gak gampang kesumbat soalnya tutupnya nggak bolong2 kayak zerofat, jadi full kaca gitu.. kalo zerofat kan kaca trus ada semacam penutup mesin yg bolong2 jdnya cepet tersumbat, yg kesumbat yg bolong2 itu di dalam & luarnya. tukang reparasi langgananku yg bilang krn bersihin sumbatan minyaknya banyak bgt.

      aku rekomen bgt oxone. so far puas krn gak rewel biarpun tombolnya manual tapi justru lebih enak diatur, bersihinnya gampang, muatannya luas & tutupnya gak kesumbat2 kayak zerofat. aku pake selain goreng menggoreng jg buat panggang cake & cookies jg baik2 aja hasilnya.. selamat menimbang2 yaa

      Delete
  8. beda nya apa sih dengan oven listrik?

    ReplyDelete
    Replies
    1. oven listrik buat memanggang kue, cookies, cake. kalo airfryer buat goreng-menggoreng tanpa minyak

      Delete
  9. Mba mau tanya. Mba tau gak soal air fryer merek kuche / excetex?

    Aku baru beli... Cuma memang watt nya gede banget ya. Klo mba 1 hari pakai berapa jam? Terus tagihan listrik naik jadi berapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku sehari pake sekitar 1 jam aja jadi nggak terlalu signifikan kok naiknya.. aku ngga tau merek kuche mbak..

      Delete
  10. Mba gimana hasl oxone nya masi awet kah smp skrg? sy lg bingung milih oxone atau zero fat

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih mba.. oxone ternyata tahan banting padahal tiap hari dipake lho. selamat hunting yaa

      Delete
  11. Aku udah beli udah satu tahun blm aku pergunakan karena dapur sempit dan blm sempet buka..nah sekarNg LG lock down pingin Pake tp lupa cara penggunaannya ..gmn MBK cara goreng ayam atau panggang ayam? Jd blm tau keawetannya 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. tinggal diputar aja tombolnya, panas 200 biasanya 15menitan buat goreng ayam

      Delete