Tuesday 2 July 2013

jalan ke tanah kawanua...

escaping ke tanah kawanua bareng anak2.. kebetulan kita memang suka maksain jalan keliling indonesia walopun dengan budget dipas2in..

berangkat pake lion air dapet promo, pulangnya batik air promo juga. nginep di grand central manado lewat agoda, pas dapet murmer.

berhubung promo maka kudu bangun jam 2.30 pagi, berangkat ke bandara jam 3 pagi, check in jam 4 and boarding jam 4.30. gilee..remuk rasanya, mana baru pulang tugas luar kota n malemnya terpaksa ke dokter karena radang tenggorokan berhari2 udah sukses membuat suaraku ilang n batuk2 terus.

sampe manado jam 9.30. kita sewa mobil sama supirnya. itinerary dibikin sendiri, nyontek dari beberapa tour di internet. supaya hemat, kita sewa mobil selama di sana, termasuk supir, dengan catatan yang berangkat pas semobil, misal 4-5 orang. kalo pake tur bisa mahal banget jatuhnya per orang.

keluar dari bandara udah kelaperan beratt..maklum di pesawat murmer ini nggak dapet makan.. kita makan dulu bubur tinutuan, alias bubur manado. rada beda dikit sama yang biasa dimakan di kasuang bintaro. yang asli ini berasa banget aroma sayurannya (nggak tau nama sayurnya apa), trus nggak pake ikan asin kering, jadi pesen terpisah. suasana semi hujan beginian dan kelaperan memang pas banget deh makan bubur manado ini..

abis itu jalan keliling kota manado. pertamanya liat panorama kota dari perbukitan, amaze tower di citraland, lewatin kampung cina dan klenteng bank hing klong. lanjut lewatin monument perang dunia. sayang ujan banget jadi nggak turun. udah gitu ngantuk berat karena tidur cuma beberapa jam doang malemnya.

trus check in ke grand central, terkapar sampe sore. malemnya jalan ke resto nelayan di pinggir laut. ikannya enak, seger dan bumbunya pas banget. foto-foto di sana. hawanya juga pas mendukung.

besoknya seharian ke minahasa. rutenya begini :
- ke tinoor tomohon, sekitar hampir sejam dari manado, jalannya berkelok-kelok. sampailah ke pagoda tower, mengingatkan pada pagoda di jepun sana.
- mampir ke woloan, liat rumah-rumah adat minahasa. rumah kayu yang bisa knock down dan banyak dipesan sampai ke luar negeri.
- lanjut ke danau linouw. bagus deh danaunya, bisa berubah warna. pas kesana warnanya pas beralih jadi hijau. airnya juga hangat, kayak ada sumber air panasnya gitu deh. kebetulan juga sepi, jadi puas  naik sepeda air, leyeh2 dan bernarsis ria di pinggiran danau hehe..


- lanjut lewatin desa pulutan penghasil gerabah minahasa dan desa kawangkoan, penghasil kacang khas kawangkoan
- tiba di danau tondano. danaunya guedee banget, malah mirip sungai. kita mampir makan siang di sana. makanannya sudah pastilah ikan. tapi nggak seenak ikan yang semalem.
- jalan ke bukit kasih. mendaki pegunungan ratusan anak tangga sampe gempor. sebetulnya cukup menyenangkan, sayangnya di situ diserbu pedagangan asongan yang dengan ganas menguntit kita kemanapun pergi. jadi kagok banget rasanya. mereka baru berhenti menguntit setelah kita naik ke bukit, ngos2an soalnya tinggi banget...

sepulang dari minahasa kita mampir beli oleh-oleh di salah satu pusat oleh2 di manado. yang khas dari sini adalah bermacam2 jenis kue bangkit, kacang, kue gelang, abon cakalang dll. tadinya mau nongkrong makan makanan kecil di sekitar situ, tapi sayangnya ujan deres. kebetulan udah sore banget n kita balik ke hotel buat istirahat.

hari selanjutnya ke bunaken. sewa kapal motor yang super ngebut. perjalanan ke bunaken kurang lebih sejam. mendekati bunaken kita pindah ke kapal kayu yang ada glass bottomnya. kirain glass bottom full..eh taunya cuma 2 kotakan kaca doang yang kita bisa liat langsung ke bawah. abis itu pindah lagi ke kapal motor sampe ke bunaken.

di bunaken langsung siap2 snorkeling. kebetulan aku dan selma pas lagi mens, jadinya sayang banget nggak bisa nyebur hiks... oiya, harap berhati2 soalnya sewa peralatan snorkeling di sana mahal banget and rada2 tricky gitu deh kalo ngeteng tanpa lewat tour. makanya better ambil paket tour bunaken aja biar nggak dikemplang.

mereka juga menawarkan foto bawah air dan video, yang dijamin bakalan ngemplang juga bagi yang nggak berpengalaman. soo..berhati2lah.. sewa peralatannya juga itungannya per jam, lewat 5 menit bakal di-charge full jam berikutnya.

sementara cowok2 pada bersnorkeling, kita menikmati sepoi-sepoi angin dan pemandangan cantik di bunaken. relatif lebih bersih dari kepulauan gili di Lombok, tapi trickly-nya itu yang enggak banget deh.. lebih bersahabat yang Lombok. mungkin karena pas di Lombok tuh kita ditemenin pak azis yang udah senior banget ngurusin wisata di sana.. yang jelas sih pemandangan bawah lautnya bajusss....


kelar snorkeling kita makan di bunaken. lagi-lagi ikan bakar. lagi2 mahal bangettt... inget dulu di Gili Trawangan yang tempatnya bagus aja harganya masih reasonable, tempatnya lebih bagus dan suasanya lebih enak..

menjelang sore balik ke manado. tadinya mau mampir ke pulau siladen, tapi yang punya kapal motor bilang kalo musti nambah biaya. huhh enggak deh. sampe ke manado kita jalan sebentar ke arah pelabuhan bitung, mampir liat primate tarsius, monyet yang super imut. koleksi binatangnya mayan banyak, tapi dikelola pribadi. abis itu sekalian searah ke airmadidi, liat waruga kubur batu, peninggalan jaman dulu kala. sebelum balik hotel, kita makan dulu di raja sate.

besoknya kelar deh..balik ke Jakarta. so far cukup baguslah. itinerary-nya juga udah pas banget. sewa mobil+supir juga hemat asal yang jalan 4-5 orang. pilihan hotel murmer juga banyak, tapi mesti dicek baik2, bisa lewat agoda dan booking.com

khusus saran aja buat yang mau ke bunaken, lebih baik pake tur sehari bunaken aja deh, harganya udah include semua. kalo nggak lewat tur tuh yang ada kena biaya ini itu jadi banyak banget.

perjalanan selanjutnya moga2 bisa mengunjungi bagian lain dari negeri ini yaa.. amin




No comments:

Post a Comment