Thursday 18 July 2013

jalan ke gunung bromo...

tiap liat teman memasang foto dengan background gunung bromo, jadi inget lagi perjalanan dulu ke bromo, malang dan madura tahun 2012 lalu :)

waktu itu memanfaatkan libur kejepit. bersama anak2 kita pergi ke surabaya. sewa mobil selama di sana. pertamanya berkunjung ke madura, lewat jembatan suramadu. jembatannya panjang dan bagus. pengen berhenti poto2 tapi ada larangan. konon dulu banyak yang berhenti poto2 malah jadi macet ruwet dan membebani jembatan.

sampe di madura perjalanan masih jauh menuju pusat kota. puter2 kota. di sana kita pergi ke sentra batik, ada sebuah rumah kuno yang menjual batik madura dan berbagai oleh2. ciri batik madura adalah warna-warnanya yang cerah, misal hijau dan kuning. sama persis dengan ukir2annya juga ada motif catnya hijau dan kuning.

abis dari sana kita balik ke surabaya, mengejar perjalanan ke malang. lumayan macet dan harus muter soalnya menghindari jalan lapindo. sempet liat sekilas sih kayak sebuah kota kecil yang tenggelam sama lumpur. duh kesian banget hiks..

di malang kita nginap di hotel sahid, kecil aja hotelnya. trus langsung makan di resto oen. resto oen ini jadul banget, ada banyak bule lagi makan di sana. menunya enak2, tapi sayang nunggunya luamaaaa banged. mr. hubby yang kelaperan udah ngomel2 aja.

malemnya barulah seruuu.. jam 1 malem bangun, siap2 untuk naik ke bukit. naik mobil sekitar 1 jam sampe perbatasan yang diharuskan naik jeep. duinginnnya gileee...kita semua udah pake jaket super tebal, dibungkus syal dan sarung tangan sama topi. menggigil kedinginan. abis itu naik jeep ke atas sampai ke batas terakhir. semuanya turun.

abis itu jalan lumayan jauh menuju ke tempat melihat matahari terbit. dinginnya sungguh2 menusuk. menggigil dan gigi gemeretak kedinginan. ternyata udah banyak orang yang sambil kedinginan berasap menunggu matahari terbit. ada sekitar satu jam menunggu, akhirnya matahari terbit dengan background gunung bromo yang indah..

abis dari situ kita naik jeep lagi ke lautan pasir. di sepanjang jalan pemandangannya landscape pegunungan bromo yang bagus banget. kitapun berhenti sebentar buat poto2 di situ.

jeep berhenti di pemberhentian menuju lautan pasir. kita naik kuda satu-satu menyeberangi lautan pasir, trus naik turun perbukitan naik kuda. sambil merem soalnya serem liat jurang kiri kanan hehe..

jauh juga naik kudanya. salut juga anak2 nggak takut naik kuda naik turun gunung gini. setelah berhenti, kita trus mendaki sebentar, trus naik anak tangga yang tinggi banget. gemporrrrr rasanya. anak tangga batu itu juga curam banget, ngeri euy. sampailah di atas. di bibir kawah bromo yang lebarnya cuma 2 langkah kaki itu.

subhanallah. berasa keciiiilll banget memandang luasnya kawah bromo yang terbentang di bawah sana, mengeluarkan kepulan asap belerang. di bibir kawah itu juga serem banget, kepleset dikit bisa langsung terjun bebas. kita juga nggak boleh lama2 di situ, soalnya bebannya berat dan banyak yang antri.

perjuangan turun anak tangga juga serem soalnya curam banget dan berpasir, takut kepleset meluncur jatuh. jadi turunnya udah kayak ngesot aja saking seremnya..

hawa udah mulai panas. lautan pasir udah kayak padang pasir aja. matahari bersinar terang dan hawa panas mulai menyeruak. kitapun balik turun bukit ke arah lautan pasir naik kuda lagi. yang ini juga serem, soalnya naik kuda menuruni perbukitan pasir bukan hal yang menyenangan. kiri kanannya ada yang jurang soalnya, belum lagi batu2an terjal dan ada beberapa yang harus diloncati. alhasil aku banyak meremnya hehe...

lumayan jauh dan akhirnya sampai juga ke bawah, menyeberangi lautan pasir dan sampailah ke parkiran jeep. turun bukit naik jeep sampai parkiran mobil yang kita sewa dan kita kembali ke malang. siangnya abis istirahat kita jalan ke Batu Secret Zoo dan kebun apel. pertamanya ke kebun apel dulu. liat kebunnya, trus boleh petik apel maksimal berapa gitu lupa. ada kebun strawberry juga. abis itu baru ke batu secret zoo.

bagus loh batu secret zoo. penataannya menarik dan tematik. mungkin karena masih relatif baru jadinya juga masih bersih, rapih dan lebih modern. keterangannya juga lengkap, jadi ada sisi pendidikannya juga. lumayan lama juga di sana sampe hampir tutup. malemnya kita balik ke malang.

besoknya kita kemas2 deh balik ke jakarta. pagi sarapan dulu sambil nyari oleh2. trus naik mobil ke surabaya, diantar ke bandara juanda.

see u on next trip yaaa....