Friday 21 June 2013

mabuhay manila..

last day in makati city, manila.
mabuhay konon adalah selamat datang.

ceritanya ada tugas ikut council meeting di sini. bareng sama pak komisaris yang alhmd yang satu ini nggak rempong dan nyusahin.


kita mendarat di ninoy aquino intl airport. airportnya udah jadul, rada mirip bandara jaman rano karno-yessy gusman hehe.. banyak tenaga kerja filipino kayak TKW TKI, namanya balikbayan. ini di bandaranya :


kota yang mirip jakarta. bangunan2nya tua dan kusam. mungkin dibangunnya udah lama banget. ke arah metro manila makin mirip jakarta. semrawut. banyak rumah2 liar juga. kendaraan umumnya bernama jeepney, kayak angkot tapi lebih panjang dan semi terbuka. sama motor yang mirip becak bermotor. kusam dan semrawut, tapi bersih. itulah bedanya hehe..

orang2nya mirip banget sama kita. padahal dalam bayangan dan di tipi kayaknya putih2 sipit gitu. kenyataannya enggak tuh. coklat2, badannya dan matanya kayak orang indonesia.

malem pertama abis acara slesai, jalan ke glorietta. mall2 nya biasa ajah. kalah jauh dah sama PIM or sency. bahkan dibanding ambarukmo plaza aja kalah. yahh..sekelas bintaro plaza gitu deh hehe..

makanan tradisionalnya musti ati2 banget karena mostly gak halal. akhirnya cuma makan ayam inasal sama adobo. yang pertama itu kayak ayam panggang, yang kedua kayak ayam kecap. dasar selera jowo, rasanya gak masuk samsek... sempet hampir pingsan liwat di kayak tempat makan bertenda, terpampang kepala babi panggang baru mateng dipajang di meja jualan.. gubrakkk

hari terakhir diajak jalan ke tagaytay..ternyata kayak puncak gitu deh. biasa ajah. trus ke pertokoan di greenfield beli kaos sama suvenir. suvenirnya nggak halus, kurang berseni gitu. kayaknya di sini emang yang etnik2 gitu gada yang menonjol. beda sama negeri kita, atau thailand misalnya. pas makan siang disuguhi pertunjukan tari tradisional. tarinya malah mirip tari spanyol flamenco. trus tari kayak malayan gitu, dari pulau mindanao yang banyak muslimnya.

singkat kata nggak menarik. disuruh balik lagi juga males. abis gada tempat yang menarik.. yang ada kaki gemporr soalnya pak boss sukanya jalan kaki n gada capeknya. kita bertiga bergopoh2 ngikutin langkah beliau sambil kecapekan..

anyway yang penting besok dah balik jakarta. cape banget euy, pengen pijit n bayar utang tidur coz disini malem2 terus kelarnya. bagaimanapun negeri sendiri memang lebih indah...






No comments:

Post a Comment