Monday 2 September 2024

super hectic di agustus part 1

Akhirnya agustus berjalan dengan lancar. Membayangkan padatnya aja udah lelah dan ngerasa nggak sanggup, tapi Alhamdulillah semua dilancarkan. Juli akhir ditutup dengan wkend 2 hari full latihan tari bedhayan di salihara yang sangat melelahkan karena latihan dari pagi sampe malam. Setelah itu senin sore anter Selma lepas wire di RSPI bintaro, lanjut fisioterapi tangannya yang udah lepas wire. 

Awal agustus dimulai dari senin rakor anggaran dengan boss bidang 1 yang alot di Bogor karena boss ngomel2 terus. Seperti biasa ribut2 urusan kesel satu sama lain antar boss, tapi kita2 jadi kena.

Hari kamisnya selma wisudaan di fakultas teknik UI di depok, manggil hairdo dan bantuin dia pake kain dll. Nanti wisuda universitasnya tanggal 24 agustus, barengan fikri ultah. 

Lalu dilanjut dengan jumat sabtu minggu ke jogja nemenin mbak nana sahabatku yang bermukim di jepang. Ini adalah salah satu perjalanan yang menyenangkan dalam hidup, karena dia betul2 bestie-ku, nggak ada drama samsek, sama2 mumet menghadapi hidup dengan jalur sendiri2. Jadi kita betul2 healing.

Dimulai dari bandara halim, naik batik ke YIA, pesawatnya juga mulus banget sampe jogja. Lanjut naik kereta bandara ke stasiun tugu dan kita nyewa mobil kecil lewat traveloka. Menghabiskan siang untuk makan di kopi klotok yang super rame. Ini adalah kali keempat aku coba ke kopi klotok dan akhirnya berhasil setelah 3x sebelumnya gagal terus karena mr hubby bad mood ogah antri dan daripada ribut2 mending mlipir aja.

Tapi kalo sama mbak nana ini kan santai gada tekanan apa2, semua dinikmati termasuk antrinya jadinya ya enjoy.. abis dari kopi klotok lanjut kita ke tjokrosuharto, lalu ke batik rumah suryowijayan dan lanjut ke hamzah. Di hamzah lumayan lama karena mbak nana nyari oleh2 untuk dibawa ke jepang. Abis itu kita menyusuri malioboro dan perempatan kantor pos. poto2 disana, lanjut mampir ke kopi kantor pos. Kita check in ke hotelh riss dulu di dekat malioboro, bersih2 bentar dan lanjut makan di bakmi djowo pendopo. Bakminya enak tapi sayangnya banyak menu yang udah abis, udah gitu mas2 yang melayani lagi flu berat dan nggak pake masker, jadi ganggu banget.

Besok paginya kita sarapan di pawon mbah gito, lumayan lama sarapan sambil menikmati pagi. Setelah itu lanjut ke pendopo ndalem pujo mengantar mbak nana yang pengen tanya2 tentang les tari jawa buat yoko anaknya. Setelah itu lanjut ke kotagede mampir beli kue kipo, lalu ke longkang kotagede, salah satu kafe yang hidden gem banget2 yang berada di semacam pemukiman kuno, masuk lewat gerbang. Rasanya kayak masuk ke dimensi lain di masa lalu. Suatu hari aku pasti mampir lagi kesini, barangkali jalan sendiri akan terasa lebih menikmati ketimbang ribet sama keluarga. Kelar dari longkang kita ke hamzah batik lagi karena mbak nana masih kurang beberapa oleh2.

Abis itu kita balik dulu ke hotel karena tetiba harus rapat zoom dengan boss pengganti karena bossku dines ke luar negeri. Ini karena senin harus rapat sama komisaris, jadinya rempong. Abis zoom kelar lalu kita balik ke agenda semula, nonton sendratari Ramayana di prambanan yang sesi outdoor. Dulu banget aku pernah nonton tapi yang indoor karena pas akhir tahun musim hujan. Tariannya bagus, tapi menurutku malah cenderung gaya solo, mungkin karena prambanan ini agak perbatasan juga ya. Selesai sendratari, karena laper kita mampir gudeg sagan yang masih buka di jam 10an malam walopun tinggal dikit makanan yang ada.

Hari minggu besoknya kita sudah harus pulang ke Jakarta, kali ini naik kereta api. Berhubung belum cari oleh2 makanan, maka kita datang lebih pagi trus di stasiun karena mbak nana mau beli bakpia dkk. Kereta juga lancar dan kita sampe Jakarta jam 4an sore. Alhamdulillah semua lancar. Mbak Nana lanjut ke rumah sodaranya di halim, sebelum hari kamisnya balik ke Hokkaido jepang. 

Kali ini sedih karena mbak nana udah nggak mungkin ke bintaro lagi. Dua rumahnya udah dijual semua, tersisa yang di cikarang juga mau dijual. Kalo balik ke Indonesia dia bakal langsung ke rumahnya di maospati madiun, atau kalo ke Jakarta paling mampir ke halim rumah sodaranya.

Sejujurnya aku nyesek karena aku nggak punya banyak teman yang bisa kupercaya. Mbak nana ini udah kayak kakakku, lebih dari sekedar kakak malah. Usianya sekitar 6-7 tahun di atasku. Kita kenalan pas di sama2 rumah di bintaro trus nari bareng di sanggarnya mas putut. Dari situ ternyata klik, biarpun dunia kita beda tapi nyambung dan bisa ngobrol apa aja, mengeluh apa aja dan ketawa bareng. Bersuamikan orang jepang, tentunya bikin hidup rumit dan mbak nana ini menghadapi hidupnya yang memusingkan itu dengan tabah.

Secara kertas dia nggak kerja, tapi justru pengelolaan keuangan itu ada di tangan dia. Kadang aku bingung gimana dia bisa me-manage 3 rumah di Jakarta dan 1 tanah rumah yang super luas di maospati, dimana semuanya itu bukan tipe rumah yang menghasilkan. Dulu di Jakarta dia punya bisnis konveksi dan makanan. Makanan dia betul2 enak menurutku, dan dulu pernah aku langganan kateringnya pas di bintaro pembantuku sempet off beberapa lama. Di jepang dia sempat beberapa tahun bekerja di rumah sakit di bagian kitchen, tapi trus terpaksa berhenti karena sakit ada tumor di kepala yang harus dioperasi dan cukup lama pemulihannya. Alhamdulillah udah sembuh total.

Trus mbak nana juga punya 2 anak, laki dan perempuan yang semuanya ada masalah sendiri2 terkait pendidikannya. Yang gede udah nggak mau lagi lanjut S1, jadi sekarang lagi diupayakan mungkin kursus apa gitu yang bisa menopang dia hidup, misal make up atau music. Yang kecil juga struggling dengan pendidikannya karena perbedaan sekolah jepang dan Indonesia.

Aku selalu mendoakan semoga mbak nana bisa lancar dan dimudahkan menghadapi tantangan hidupnya, sehat2 dan selalu dalam lindungan Allah SWT.

Selesai dari urusan jogja, udah menunggu pentas di festival bedhayan 2024, padahal di saat yang sama mesti menyiapkan materi rapat kerja anggaran tahunan dan finalisasi laporan kinerja triwulanan. Hari jumat tanggal 16 agustus aku setengah hari karena pagi latihan bedhaya dulu. Trus sabtu 17 agustus upacara 17an di kantor pake baju ala2 bali, lanjut gladiresik di GKJ dan kumpul di apartemen sewaan buat fitting baju dan persiapan dandan.

Pas gladiresik itu ketemu temen2 komunitas tari klasik lainnya kayak jawajawi, suryakirana, jayasuprana sebagai penyelenggara dll. Penggiat seni tari jawa di jakarta itu memang nggak banyak, jadi kita kebanyakan saling kenal, minimal tau. 

Hari minggu 18 agustus saatnya pentas dapat jadwal jam 15.30an. Pagi2 berangkat ke apartemen buat dandan. Kali ini lumayan lama dandannya karena pake paes ageng. Deg2an banget karena waktu dandannya ternyata mepet berhubung periasnya cuma ada 2. Pentas tari bedhaya bedhah madiun yang kita bawakan berjalan dengan lancar dan tumben2nya aku nari dengan rileks, biasanya tegang banget padahal udah bertahun2 pentas. Liat foto2nya juga cakep2, videonya juga. Senengg banget rasanya.

Badan rasanya rontok tapi minggu berikutnya udah full agenda, dimulai dengan konsinyering di bintaro dengan narasumber organisasi dari dari OJK dan review KPI dari ahli KPI. Besoknya one on one dengan bos2 untuk urusan laporan kinerja. Lanjut persiapan sabtu wisudaan Selma di UI, dan minggu harus berangkat ke bali buat raker RKAT dan lanjut teambuilding. Kebayang lelahnyaa tapi harus tetap sehat dan semangatt…



No comments:

Post a Comment