Monday 25 February 2019

cerita jalan ke New Zealand : Queenstown ke Milford Sound

Hari ini kita mau ke Milford Sound pake trip juicycruise yang dibeli secara online.. Pagi hari kita bangun pagi2 banget, mandi dan sarapan roti di kamar. Abis itu jam 7 kurang kita udah standby di semacam halte tempat nunggu bus jucycruise. Barengan rombongan penumpang lainnya dari berbagai negara yang sudah membooking bus secara online, kitapun berangkat naik bus sekitar pukul 7.15.

Kita sebetulnya selama di New Zealand sewa mobil di rental mulai besok. Tapi khusus ke Milford Sound ini kita ambil paket one day trip di jucycruice aja karena lumayan jauh dan musti naik kapal juga, jadi biar satu paket trip aja. Biayanya kalo dihitung2 worth it aja karena sehari itu kita nggak perlu sewa mobil, beli bensin, beli makan siang dan tiket kapal.

Perjalanan lumayan jauh, diselingi dengan berhenti istirahat di beberapa pemberhentian untuk ambil foto pemandangan dan ke toilet, diantaranya di Te Anau, yaitu kota terakhir sebelum Milford Sound. Ini dia beberapa spot foto di sepanjang perjalanan menuju Milford Sound.

Pemandangan sepanjang perjalanan itu cakep bangettt, jalanannya juga super mulus.  Aku paling suka pemandangan alam, hutan, bukit, sungai, danau, lembah, rasanya menyegarkan dan menenangkan banget. Sampai di Milford Sound kita turun trus naik ke kapal yang akan membawa kita berkeliling Milford Sound sekitar 1.5 jam.

Yang belum tau Milford Sound itu apa, baiklah kita kasih gambaran seperti ini…

Miflord Sound adalah semacam teluk yang berasal dari lelehan gletser atau glacier, yaitu tumpukan es yang sangat tebal dan berat yang berada di Fiordland National Park di New Zealand yang terkenal dengan atraksi alam yang sangat indah yang merupakan kombinasi dari gunung-gunung, tebing-tebing, air terjun dan kehidupan laut. Milford Sound membentang sepanjang 15km ke pedalaman dari Laut Tasman dan dikelilingi oleh batu-batuan setinggi 1.200 meter. Kalo di negara2 skandinavia teluk seperti ini dinamakan sebagai Fjord.

Kita naik kapal yang akan membawa penumpangnya menyusuri teluk/fjord selama 1 jam lebih. Karena kita ambil one day trip, maka di kapal dapat jatah lunch berupa semacam roti gandum gulung isi sayuran dan daging, serta minum ice tea. Kelar makan, kita langsung naik ke geladak kapal untuk melihat pemandangan Milford Sound. Subhanallah.. indah banget membentang. Angin menderu-deru berhembus kencang bersamaan dengan cipratan air yang tersiram dari tebing-tebing. Brr..dingin dan berangin..

Anginnya bener2 super kenceng, dingiiinn dan basah banget guyuran air dari tebing2, sampe dengan kita mencapai air terjun semakin deras tapi asyik bangett.. kita duduk2 menikmati pemandangan sembari melindungi diri dari dinginnya udara dan hembusan angina kencang dan guyuran air, foto2 dengan susah payah dan sampai menjelang akhir perjalanan barulah angin dan air mereda.

Huahh kalo saja nggak dibatas waktunya, ingin banget rasanya berlama2 stay hiks.. apa daya bus jucycruise sudah menunggu dan kita harus segera kembali karena sudah jam 3 sore.

Perjalanan kembali ke Queenstown lebih singkat karena cuma mampir sekali untuk memberi kesempatan penumpang urusan toilet. Karena kecapekan, mostly kegiatan selama perjalanan pulang 4 jam itu isinya adalah merem hehe.. bus mendarat persis di depan hostel kita dengan selamat sekitar jam 7 malam.

Malam itu setelah mandi2, kita keluar buat ke supermarket cari roti2an buat makan malam, trus ngecek tempat persewaan mobil karena besok pagi kita harus ambil mobil rental, keluar masuk toko souvenir buat nyari oleh2. Sebetulnya aku bukan orang yang suka belanja, tapi berhubung di Indonesia ini kalo ada yang traveling maka akan ditagih oleh2, maka terpaksa kitapun beli sekedar coklat buat temen2 kantor, teh dan madu khas NZ buat mertua, syal buat ibuku, dan hiasan kecil buat pajangan koleksiku.

Hawa masih super dingin sambil galau apa iya kit amusti beli jaket lagi secara kita masih 4 hari lagi di NZ. Kalo cuaca gini terus bisa2 gak ganti2 baju, bias bau tujuh rupa dan fotonya itu lagi itu lagi haha.. tapi setelah browsing2 kayaknya di kota lain udah lebih anget, nggak separah Queenstown, akhirnya gajadi beli deh hehe.. *pelit*