Friday 20 September 2013

aku dan menari...

latihan menari lagi setelah off beberapa bulan.

menari tradisional buatku memang healing banget. sekaligus pengganti olahraga yang manjur.

dulu jaman kecil pernah belajar menari di semarang. tarian anak2 jawa jadul kayak tari bondan dan tari kijang. sayangnya baru beberapa bulan menari trus pindah ikut ortu dinas ke kalimantan. belajar tari kalimantan, pentas di sekolah. jaman esema pernah belajar tari bali panji semirang. abis itu gak pernah menari lagi.

nggak nyangka 6 tahun lalu bisa belajar menari lagi. tari jawa gaya jogja. susahnya banget2, secara udah kepala tiga. tapi ternyata enjoy banget. barangkali karena aku orang jogja juga, jadinya menghayati banget hehe..

so far udah sejumlah tarian kupelajari, diantaranya sari kusumo, golek asmorondono, golek surung dayung, golek ayun ayun, golek kenyo tinembe dan sekarang lagi mulai tari serimpi. pentas juga udah beberapa kali.


perkenalanku dengan tari dimulai ketika aku nyari2 olahraga apa yang bikin badan sehat tapi nggak nyiksa n bisa bikin enjoy. ternyata cocok banget sama menari, karena keringetan, badan gerak semua, enjoy, pikiran dan perasaan jadi ploong...

selain tari gaya jogja, ternyata kesampaian juga menari tradisional lainnya. tari saman malah pernah pentas di ultah kantor. seru banget, rame dan kompak. nggak nyangka bisa juga gerakan2 saman yang mayan ribet itu, malah asyik banget lho.. trus sempet pentas tari bali kecak jadi dewi shinta, sama nari di karnaval hut kantor. pokoknya semuanya narinya nekat aja hehehe...

sekarang kan mulai latihan nari jawa lagi setelah libur 2 bulan. selain tari jawa juga dikasih bonus tari ngarojeng yang ternyata energik dan asyik. hihihi..jadi keringetan n riang gembira gitu deh sesuai karakter tari betawi.. pulang nari rasanya seneng n ceria :)

hobi nari ini yang kental banget ada di anakku selma. bedanya dia berbakat, sedangkan aku enggak hehe.. selma udah puluhan kali pentas tari tradisional, kebanyakan sih tari bali. dia ikut sanggar tari sejak kelas satu esde sampe sekarang kelas enampun masih menari. rencananya dia mau nari golek di pentas akhir tahun sekolah.

buatku menari itu menyenangkan buat olah tubuh dan perasaan, sekaligus melestarikan budaya negeri tercinta ini.. sama halnya dengan menulis, buatku menari ini healing banget.. :))


No comments:

Post a Comment