Monday 14 June 2021

menari, mewaraskan diri

menari lagi dan lagi.. entah kenapa dengan menari jawa pikiran dan badan jadi rileks banget.. 

jika selama pandemi ini mendadak orang jadi pada hobi taneman, sepedaan atau dulu pernah booming banget marathon dll.. maka aku masih tetap setia dengan menari.

aku betul2 menari itu sejak 2007, artinya sudah 14 tahun, itu menari beneran ya yang jawa klasik gitu, bukan jaman TK dan esde nari2 hepi2. waktu itu di sektor 7 bintaro dibuka tempat menari jawa, ketemu guru yang cocok, ketemu teman2 yang cocok juga, dan sampai sekarang salah satu sahabat baikku itu mbak Anna, temanku menari sejak awal sampai dia pindah ikut suami ke jepang dan kita masih terus sahabatan. mungkin dalam hidupku mbak Anna inilah satu2nya sahabat sejatiku, dimana sekarang ini dia sedang dalam kondisi kurang sehat di jepang dan aku terus mendoakan semoga dia segera sembuh.. aamiin YRA

aku sempat vakum menari ketika tempat menari di bintaro pindah ke BSD. lalu lanjut ke kemang tapi sayangnya yang di kemang teman2nya mostly sosialita, tapi untungnya niatku yang cuma menari buat relaksasi jadi di luar itu gak aku pikirin. beberapa kali pentas juga. sekitar 5 tahun lalu aku vakum menari karena yang di kemang itu suasananya jadi gak enak, lalu aku dapet tempat menari gaya solo di cipete.

di cipete itu suasananya lebih enak, tempatnya juga. teman2nya lebih membumi ya walopun ada 1-2 yang ajaib, bossy maklum level boss gitulah. di sana sempat beberapa kali pentas juga di solo menari. kolaborasi juga dengan sanggar lain tapi ya gitulah kadang suka friksi antar pentolan2 senior, jadinya kita yang memang niat nari buat relaksasi jadi terganggu. untunglah yang bossy itu udah cabut karena merasa gak dihargai sama owner. lha gimana tuh, masa member berantem sama owner?

so far yang cipete itu aku belajar banyak karena gaya solo itu beda banget sama gaya jogja, trus tariannya juga jauh lebih banyak dari jogja. gurunya lebih keras karena memang pendidik, pesertanya lebih muda dan juga sudah biasa menari, sedangkan di kemang gurunya lebih ngemong karena muridnya ibu2 yang belum lama belajar menari, jadi yang penting di-maintain aja sama gurunya biar betah belajarnya gitu. 

sejak awal 2021 ini aku mulai aktif lagi yang di cipete. bahagia banget rasanya bisa menari lagi. entah kenapa setiap menari jawa rasanya ringan dan stress jadi hilang. lalu sejak bulan lalu juga mulai ikut lagi yang di kemang. terkesan maksa memang ikut di 2 tempat, tapi aku betul2 butuh relaksasi karena sedemikian tekanan kantor yang kurasakan sejak pandemi tahun lalu.

selain menari itu aku juga menikmati pertemuan dengan mbak2 baik di cipete maupun kemang. apalagi yang di cipete maupun kemang para trouble maker udah pada cabut karena merasa gak sefrekuensi. jadinya asyik banget dengan temen2 yang sekarang ini. ngobrol2 dengan mereka di sela2 latihan menari itu bisa melupakan sejenak urusan2 kantor.

aku memang cenderung membatasi kegiatan wkend dengan teman2 kantor karena sungguh melelahkan sehari2 kerja sama mereka, ehh wkend harus sama mereka lagi, males banget. dan hobi ini juga aman banget karena peserta cewe semua, jadi mr. hubby tentunya support. apalagi sama guru yang sejak 14 tahun lalu udah kenal, jadinya enak.

so..cari kegiatan yang bisa membantu untuk mewaraskan diri. apa aja sepanjang positif. menari jawa ini buatku bisa jadi healing, selain menulis dan membaca. semoga kita semua diberikan kewarasan lahir dan batin dalam menghadapi pandemi dan kehidupan..aamiin YRA






No comments:

Post a Comment